PTNSNMPTNTips

8 Tips Agar Kamu Lulus dan Berhasil di SNMPTN 2020

Hayo siapa yang mau masuk PTN ni? Udah pada punya strategi yang baik belum, agar berhasil masuk PTN melalui jalur SNMPTN? Atau masih bingung ni, harus ngapain aja di SNMPTN 2020 kali ini. Terutama dalam milih ini dia Tips Memilih jurusan Sesuai dengan Passionmu. Karena percuma kalo kamu udah punya peluang untuk mengikuti jalur SNMPTN ini, tapi kamu sendiri tidak dapat memaksimalkannya dengan baik. Sehingga peluang untuk lolos SNMPTN menjadi kecil.

Sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang Jalur-jalur untuk masuk PTN ini, salah satunya yaitu SNMPTN. Kamu bisa baca kembali, tentang Perbedaan Jalur Masuk PTN antara SNMPTN, SBMPTN , dan USM.

Jika kamu masih bingung, strategi seperti apa yang harus digunakan untuk masuk PTN tahun ini. Karena Strategi yang kamu gunakan, juga menentukan seberapa besar peluang kamu untuk lolos di Universitas Impian. Terdapat 8 Tips yang dapat kamu gunakan untuk memaksimalkan potensi untuk lulus SNMPTN 2020.


Berikut ini Tips Lolos SNMPTN 2020:

  1. MEMILIH JURUSAN
    Tips yang pertama dalam hal memilih jurusan. Kamu harus menyesuaikan latar belakang jurusan kamu semasa SMA dengan Jurusan yang akan kamu ambil saat SNMPTN. Dengan kata lain, hindari yang namanya lintas Jurusan. Misalkan saja Anak IPS mengambil Ranah-ranah jurusan IPA atau sebaliknya, ini salah satu penyebab besar kegagalan lolos SNMPTN. Meskipun ada yang lintas jurusan lolos itupun hanya beberapa persen saja dan sangat kecil sekali angkanya.
  2. PASSING GRADE JURUSAN
    Tips yang kedua ini sering tidak diperhatikan dengan baik oleh banyak siswa. Dimana banyak yang terlalu memaksakan diri untuk mengambil Jurusan-jurusan Favorit di PTN, sedangkan jurusan tersebut memiliki Passing Grade yang tinggi. Tidak masalah sih kamu milih jurusan Favorit di kampus tersebut, namun yang menjadi pertanyaannya adalah apakah Nilai kamu memenuhi Kriteria? Dan Apakah kamu juga memiliki Prestasi yang cukup? Jika iya Maka lanjutkan, untuk memilih jurusan tersebut, dan jika tidak maka turunkan target jurusan kamu.
  3. NILAI RAPORT
    Nilai raport memang memiliki peran yang cukup besar dalam SNMPTN ini, namun bagi kamu yang merasa memiliki nilai Raport selalu tinggi dan juara terus bukan berarti memiliki peluang besar yang besar untuk lolos SNMPTN. Hal tersebut jangan menjadikanmu menjadi sombong dalam memilih sebuah jurusan dan sehingga mengambil jurusan tanpa pertimbangan lagi. Ini juga yang sering membuat banyak siswa, yang gagal masuk PTN di jalur SNMPTN ini.
  4. FAKTOR ALUMNI
    Hal yang keempat ini, harus kamu perhatikan dengan baik. Coba kamu perhatikan dengan baik kk mu yang sebelumnya lolos SNMPTN. Kira-kira persebaran mereka lolos SNMPTN itu banyak PTN dimana? Kesalahan fatal yang sering terjadi pada Siswa yang memilih PTN adalah sembarangan dan tidak melihat Persebaran Alumni mereka di PTN tersebut. Jadi pilihlah PTN yang terdapat banyak Alumni dari sekolah kamu yang lolos disana.
  5. FAKTOR SEKOLAH
    Faktor sekolah ini juga memiliki pengaruh yang besar terhadap peluang besar untuk lolos di SNMPTN ini. Dalam hal ini dipangaruhi oleh Indeks dan Akreditasi sebuah sekolah, yang pernah kami bahas sebelumnya di Artikel Perbedaan Jalur Masuk PTN. Dan tinggal disini kamu, untuk memaksimalkan Potensi 1-4 diatas.
  6. MENGURUTKAN JURUSAN SAAT PENDAFTARAN SNMPTN
    Gimana sih dalam megurutkan jurusan yang kita pilih di SNMPTN? Mengurutkan jurusan yang kamu pilih saat di SNMPTN ini sangat penting. Disini juga banyak kesalahan, yang sering terjadi oleh siswa dalam memilih jurusan. Nah tips dalam mengurutkan sebuah jurusan itu lihat Jurusan apa yang menjadi Favorit kamu? Dan letakan jurusan yang terbilang memiliki pasing grade cukup tinggi di paling atas, dan yang terendah di paling bawah. Jangan terbalik ya.
  7. PRESTASI NON AKADEMIK
    Sebelum kamu mengikuti SNMPTN ini, ada baiknya kamu mengumpulkan prestasi non Akademik yang bisa menujang kamu untuk lolos SNMPTN ini. Kamu bisa mengikuti kompetisi-kompetisi atau lomba-lomba tingkat Kabupaten, Provinsi atau Nasional untuk mendapatkan Sertifikat penunjang kelolosan SNMPTN. Karena Prestasi Non Akademik, memiliki pengaruh yan besar juga terhadap kelolosan kamu di SNMPTN. Kombinasi dengan Nilai Akademik yang baik + Memiliki Prestasi Non Akademik akan membuat kamu memiliki peluang yang sangat besar untuk lolos SNMPTN.
  8. BER DO’A
    Terakhir, dari semua tips diatas adalah berdoa dan memohon yang terbaik kepada Allah swt. Karena semua itu juga, tidak lepas dari ridho Allah swt. Dan jika kamu sudah berusaha dengan sangat maksimal, langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah bertawakal.

Dan semoga kamu lolos SNMPTN tahun ini ya. Semangat Mengikuti SNMPTN 2020, dan yakinlah bahwa diri kamu bisa masuk kampus Impian di tahun ini. Dan selalu ambil hikmah positif, apapun hasilnya nanti.

3 Comments

  1. Ping-balik: 13 Tips Agar Kamu Lolos SBMPTN 2020/2021 | | Kampus Impian
Back to top button
error: