MahasiswaTips

9 Cara Menjadi Mahasiswa yang Produktif di Kampus

Seorang mahasiswa harus dapat memanfaatkan waktunya dengan sangat baik, agar nantinya mendapat bekal yang cukup untuk dapat beradapatasi dengan baik di lingkungan masyarakat. Menjadi mahasiswa yang benar-benar ideal, memang tidak mudah. Kamu pun harus benar-benar, bisa menatah kehidupan kamu dengan baik.

Banyak mahasiswa yang tidak dapat berkembang dengan baik saat dikampus, bukannnya mendapatkan banyak hal baru yang dapat dikembangkan. Namun yang banyak terjadi saat ini adalah terjadinya sebuah kemunduran, dan malah sibuk dengan kegiatan-kegiatan yang tidak memiliki manfaat untuk dirinya kedepan.

Sebenarnya apasih Mahasiswa Produktif itu? Mahasiswa Produktif adalah mahasiswa yang dapat memanejen waktunya dengan baik, untuk melakukan hal-hal yang menghasilkan manfaat besar. Baik manfaat yang dihasilkan itu untuk dirinya sendiri atau juga bisa untuk orang lain.

Baca Juga: MAHASISWA? SUDAH MAMPUKAH SURVIVE DI DUNIA PERANTAUAN? BERIKUT TIPSNYA!

Mahasiswa Produktif dengan Mahasiswa sibuk merupakan 2 hal yang berbeda. Mahasiswa Produktif melakukan hal-hal yang kira-kira memberikan dampak yang positif bagi dirinya, sehingga banyak melakukan pertimbangan untuk melakukan sesuatu. Sedangkan mahasiswa sibuk adalah mahasiswa yang melakukan banyak kegiatan, namun dari banyak kegiatan yang dilakukan belum tentu menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Baca Juga: MASIH LABIL MAU JURUSAN APA? INILAH TIPS SESUAI DENGAN PASSIONMU

Nah kira-kira kamu seorang mahasiswa produktif atau yang satunya yaitu mahasiswa sibuk? Untuk dapat menjadi seorang mahasiswa yang produktif, mulai dari sekarang kamu harus melakukan budaya mahasiswa yang produktif. Terus apa saja hal-hal yang harus dilakukan, agar dapat menjadi mahasiswa produktif. Berikut ulasannya:

1. Membiasakan Hidup Sehat

Mulai sekarang lakukan hidup yang sehat, karena kondisi fisik tidak sehat akan berpengaruh juga kepada kondisi mental diri. Jika kodisi mental saja sudah tidak membaik, maka segala aktifitas dilakukan tidak dengan baik juga nantinya. Maka dari itu lakukan aktivitas hidup sehat, mulai dengan membiasakan diri untuk berolahraga rutin tiap minggu, dan mengkonsumsi makan-makanan yang sehat.

2. Temukan Passion Kamu

Mahasiswa produktif itu adalah mahasiswa yang dapat memilah hal-hal mana yang benar-benar bisa dilakukan dengan baik dan mana yang tidak. Lakukan sesuatu yang benar-benar, bisa membuatmu merasa senang dan kamu mendapatkan sesuatu yang bermanfaat darinya. Lakukan apa yang menjadi hobi favorit kamu, misalkan menulis itu termasuk aktivitas yang produktif.

3. Hindari Semua Gangguan

Untuk menjadi mahasiswa produktif, kamu juga harus dapat fokus dengan baik terhadap apa yang sedang dikerjakan ni sahabat kampus impiano. Karena klo kamu fokus, apa yang dikerjakan bakalan mendapatkan hasil yang lebih ni. Dan jangan diartikan bahwa kamu harus menyendiri ni, tapi disini lebih mencari suasana yang lebih kondusif ya.

4. Cukupkan Waktu untuk Istirahat

Memasakan diri secara terus-menerus tidak baik ni sahabat kampus impiano, sobat juga butuh istirahat untuk memulihkan energi kembali. Mungkin sahabat impiano pengen memaksimalkan apa yang sedang dikerjakan, dengan menambah waktu lebih yang terkadang sampai melupakan waktu istirahat. Namun itu tidak baik loh, yang ada hasilnya bukannya membaik. Jadi untuk sahabat impiano, mulai sekarang perbaiki waktu istirahatnya ya.

5. Perbanyak Membaca

Membaca adalah satu budaya wajib sahabat impiano, yang hendak menjadi mahaiswa produktif ni. Karena dengan banyak membaca, sahabat kampus impiano bisa menjadi lebih bijak dalam memandang sesuatu di dalam sebuah permasalahan. Pecaya atau nggak, buktikan sendiri ni sahabat kampus impiano. Dengan banyak membaca, berarti juga mengupradge kemampuan diri dari sahabat impiano sendiri.

Dengan banyak membaca pengetahuan bakalan meningkat, untuk hal-hal menulis atau memperesentasikan sesuatu akan lebih lancar ni.

6. Hindari Meremehkan Diri Sendiri

Nah salah satu hal yang nggak boleh dilakukan oleh sahabat impiano, adalah meremehkan diri sendiri. Karena masing-masing dari diri kita itu punya cara sendiri, untuk menjadi seorang yang ideal. Termasuk dalam hal ini sahabat impiano sendiri, berhentilah membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Menjadi diri sendiri itu lebih baik, meniru gaya orang lain tidak akan membuat sahabat impiano menjadi seperti mereka. So jadi enjoy aja, dan percaya aja sama diri sendiri.

To prinsipnya, orang lain bisa kenapa kita juga nggak bisa. Kita juga diciptakan dengan keadaaan yang sama, mungkin cara kita aja ni kurang tepat sahabat impiano.

7. Jalin Komunikasi

Udah mahasiswa kan? Iya donk k, tapi gimana dengan lingkungannya dipedulikan nggak nih? Atau malah hanya sibuk, dengan kegiatan kuliah aja ni? Jangan jadi mahasiswa yang pasif dan juga tertutup ya sahabat impiano, karena itu bener-bener nggak ngasih manfaat sekali untuk sahabat impiano.

Melakukan komunikasi dengan orang lain, nggak sama sekali ngurangi identitas sahabat impiano sebagai mahasiswa ni. Malah dengan banyak ngelakuin komunikasi dan interkasi dengan lingkungan sekitar, akan membuat soft skill dari sahabat impiano meningkat tu. Dan yang jelas, sahabat impiano akan disenangi banyak orang nantinya.

8. Fokus di Satu Pekerjaan

Manusia itu bukan komputer nih, jadi banyak keterbatasan. Memfokuskan hal-hal satu persatu itu menjadi lebih baik nih sahabat impiano. Memang sih ada juga tipe orang yang bisa ngerjain, satu hal secara bersamaan. Tapi kira-kira sahabat impiano, termasuk nggak ni? Jika nggak, maka lakukan secara perlahan saja ni agar hasilnya lebih baik. Tapi dibarengi dengan keseriusan ya.

9. Buat Deadline

Mahasiswa produktif itu memang waktunya termanajemen dengan baik ni sahabat impiano. Nah coba tanya pada diri sahabat impiano sendiri, udah manfaatin waktu dengan baik belum ni? Atau malah masih berantakan, dan jadwal masih gado-gado nggak jelas? Nah mulai sekarang, perbaiki itu semua ni kalo mau berkembang menjadi lebih baik. Salah satu penyebab kenapa sahabat impiano waktunya masih berantakan, karena masih kurangnya planing dan perencanaan yang baik tiap harinya. Jadi mulai sekarang, catat semua kegiatan yang hendak sahabat impiano lakukan.

Dengan begitu, sahabat impiano nggak bakalan bingung mana dulu yang harus dikerjakan. Nah itulah salah satu cara menjadi mahasiswa yang produktif di kampus ni, yang bisa sahabat impaino coba.

4 Comments

Back to top button