close

Bab 9 Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Abbasiyah

1. Mengenal Kekhalifahan Bani Abbasiyah

Daulah Abbasiyah didirikan oleh Abdullah Al-Saffah pada tahun132 H/ 750 M. Daulah Abbasiyah merupakan kelanjutan dari pemerintahanDaulah Umayyah yang telah hancur di Damaskus.Popularitas Daulah Abbasiyah mencapai puncaknya di zaman Khalifah Harunar-Rasyid dan puteranya Al-Ma’mun.

2. Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan

Pada masa Daulah Abbasiyah merupakan masa keemasan (The GoldenAge) bagi umat Islam.Pada masa itu Umat Islam telah mencapai puncak kejayaannya.Ilmu pengetahuan berkembang dengan sangat pesat.khususnya dalam bidang: 

– Filsafat

– Kedokteran

– Matematika

– Ilmu Falak

– Ilmu Astronomi

– Ilmu Tafsir

– Ilmu Hadits

– Fisika

– Tasawuf

– Ilmu Fiqih

– Ilmu Kalam

– Sosiologi

– Dan banyak bidang lainnya

3.Perkembangan Kebudayaan pada Masa Bani Abbasiyah

Kemajuan yang dicapai tidak hanya mencakup ilmu pengetahuan saja, tetapi juga  di semua aspek kehidupan, seperti administrasipemerintahan dengan biro-bironya, sistem organisasi militer, administrasiwilayah pemerintahan, pertanian, perdagangan, industri, Islamisasipemerintahan, arsitektur,perpustakaan dan toko buku, media tulis, seni rupa, seni musik, arsitek, dan berbagai kemajuan hebat lainnya.

Back to top button

Hemzz, kamu pakai adBlocker yaa 😥?

Dengan adanya iklan, kamu mendukung kami untuk terus mengembangkan situs ini menjadi lebih baik lagi. Silakan nonaktifkan... Makasih ya 😁✌🏼