BeasiswaMahasiswaPTNSBMPTNSNMPTNTips

Apa itu Bidikmisi? Dan Cara Mendaftarnya di Tahun 2020

Hallo adik-adik sahabat kampus impian, setelah ini mau lanjut kuliah dimana nih? Mungkin dari adik-adik ingin kuliah, namun masih terbatas soal pendanaan. Buat adik-adik yang ingin kuliah, namun orang tua tidak mampu mendanai jangan berputus asa. Semua ada solusinya, namun memang adik-adik harus memperjuangkan itu semua. Mulai sekarang adik-adik jangan bermalas-malasan apalagi , jika orang tua bisa dikatakan dari ekonomi pra sejahtera adik-adik harus memiliki tekad yang lebih dari teman-teman adik-adik yang lain.

Sebenarnya Pemerintahan, sangat mendukung penuh tehadap dunia Pendidikan di Indonesia. Pemerintah sudah bekerja sangat keras, untuk bisa mendukung generasi penerus bangsa. Dan banyak sekali program-program dari pemerintah, yang mendukung program untuk melanjutkan ke dunia perkuliahan. Salah satu program yang sangat membantu masyarakat, pada masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah adalah Bidikmisi.

Tahukah adik-adik apa itu Bidikmisi? Jika adik-adik belum mengetahui apa itu bidikmisi, maka disini akan dijelaskan dengan sedetail mungkin mengenai Bidikmisi. Diharapkan dengan membaca artikel ini, adik-adik dapat mengetahui dengan baik apa itu Bidikmisi.

Pengertian Bidikmisi

Bidikmisi adalah salah satu bentuk Beasiswa berupa bantuan biaya pendidikan kepada siswa-siswi yang bakalan menjadi calon Mahasiswa disebuah kampus. Bidikmisi ini hanya berlaku kepada adik-adik yang memiliki latar belakang ekonomi pra sejahtera, namun memiliki potensi Akademik yang baik.

Untuk mendapatkan biaya pendidikan dari Bidikmisi itu tidak terlalu sulit, dan juga tidak begitu mudah. Namun disini Pemerintah benar-benar, berusaha menyeleksi dengan sebaik mungkin apakah adik-adik pantas untuk menerima biaya pendidikan ini.

Hal yang harus adik-adik garis bawahi adalah Bidikmisi tidak diberikan, kepada calon Mahasiswa yang cuman pra sejahtera. Namun disini ada sebuah potensi yang diunggulkan, dari calon Mahasiswa tersebut yaitu tentu kriterianya adalah memiliki keunggulan yang baik dibidang Akademik selama disekolah.

Tujuan dibentuknya Program Bidikmisi

Bukan tanpa alasan pemerintah memberikan program bidikmisi ini, akan tetapi ada sebuah tujuan yang hendak diraih oleh pemerintah. Berikut ini beberapa tujuan dibentuknya, program Bidikmisi:

  1. Memberikan semangat untuk kita semua, untuk tetap optimis dan yakin bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika kita ingin berusaha.
  2. Memberikan kesempatan pada semua lapisan masyarakat dalam hal ini memiliki keadaan ekonomi menengah kebawah, untuk dapat merasakan pendidikan di perguruan tinggi.
  3. Untuk memeberikan dukungan kepada mahasiswa, untuk dapat lolos tepat waktu.
  4. Diharapkan setelah menerima bantuan dana bidikmisi ini, generasi muda ini dapat menjadi Agen Of Change (Agen Perubahan) untuk negerinya sendiri menjadi lebih baik.
  5. Memberikan kesempatan untuk beprestasi lebih dan menggapai apa yang menjadi mimpi kedepannya.

Apa Saja Manfaat yang didapatkan Oleh Penerima Bidikmisi

Bidikmisi ini salah satu program yang sangat membantu sekali, untuk calon Mahasiswa. Saat adik-adik menjadi seorang Mahasiswa, dengan status Penerima Bidikmisi maka adik-adik akan mendapatkan beberapa manfaat besar:

  • Biaya Pendidikan di bebaskan, Jadi adik-adik tidak perlu membayar biaya persemester. Dan ini sangat meringankan beban orang tua kita.
  • Mendapat Uang Saku secara gratis. adik-adik juga bakalan mendapatkan uang saku secara gratis, dan atm khusus untuk ini. Pencairan uang Bidikmisi ini beberapa kampus berbeda-beda, ada yang diberikan secara perbulan sekitar Rp 700.000,- per bulan dan ada juga yang baru diberikan persemester.

Tingkatan Pendidikan Bidikmisi diberikan Kepada

  1. Program D I diberikan maksimal 2 semester
  2. Program D II diberikan maksimal 4 semester
  3. Program D III diberikan maksimal 6 semester
  4. Program SI / DIV diberikan maksimal 8 semester

Untuk Jenis Program Profesi:

  • Dokter maksimal 4 semester
  • Dokter Gigi maksimal 4 semester
  • Dokter Hewan maksimal 4 semester
  • Ners maksimal 2 semester
  • Apoteker maksimal 2 semester

Apa Saja Persyaratan Bidikmisi tahun 2020

Silakan disimak dengan baik-baik ya adik-adik, mengenai persyaratan ini. Persyaratan untuk Bidikmisi tahun 2020 tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu tahun 2019:

  • Pendaftar Merupakan Siswa SMA/SMK/MA/Sederajat tahun 2020 dan Maksimal tahun 2019
  • Memiliki Potensi Akademik yang baik saat disekolah, dalam hal ini masuk 10 besar terbaik di sekolahnya
  • Disarankan memiliki Kartu KIP (Kartu Indonesia Pintar) jika tidak ada juga tidak apa-apa, namun ini disarankan.
  • Dan memang sudah dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi
  • Kondisi ekonomi memang Prasejahtera, dan penghasilan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali senilai maksimal Rp 4.000.000, atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,
  • Terdaftar pada sistem Bidikmisi dengan memasukan  NPSN dan NISN yang valid.

*Terkait jika terjadi Perubahan Peryaratan Bidikmisi di tahun 2020, akan di Informasikan lebih lanjut di Kampusimpian.com

Cara Mendaftar Bidikmisi Tahun 2020

Untuk adik-adik pendaftar Beasiswa Bidikmisi jalur SNMPTN dan SBMPTN dapat dilakukan disitus resmi LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) yaitu di https://ltmpt.ac.id.

*Sebagai Catatan Bidikmisi ini Terintegrasi dengan Jalur SNMPTN dan juga pada SBMPTN.

Silakan Baca terlebih dahulu tentang JALUR SNMPTN, SBMPTN agar dapat memahaminya dengan baik.

Sedangkan bagi adik-adik pendaftar Beasiswa Bidikmisi jalur PMDK-PN, UMPN dan Seleksi Mandiri dapat mendaftar secara online melalui situs resmi di Bidikmisi yaitu di https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id

*Sebagai catatan juga, bahwa proses pendaftaran ini dilakukan oleh pihak sekolah. Terkadang melibatkan siswa di sekolah tersebut, untuk membantu memasukan data Bidikmisi siswa-siswa yang mengikuti jalur ini.

TAHAPAN PENDAFTARAN BIDIKMISI 2020:

  1. Bagi siswa:
    a. Penerima KIP: Bagi adik-adik yang memiliki kartu KIP dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri pada website LTMPT atau Bidikmisi. Untuk pendaftar Bidikmisi jalur PMDK-PN, UMPN dan Seleksi Mandiri dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri pada website Bidikmisi sampai mendapatkan KAP dan PIN.
    b. Jika tidak memiliki KIP: Silakan mendaftar ke sekolah untuk direkomendasikan.
  2. Bagi sekolah:
    a. Untuk yang Sudah memiliki Kode Akses Sekolah: langsung merekomendasikan masing-masing siswa melalui website Bidikmisi menggunakan kombinasi NPSN dan NISN.
    b. Jika Belum memiliki Kode Akses Sekolah: mendaftarkan diri sebagai institusi pemberi rekomendasi ke website Bidikmisi dengan melampirkan scan Lampiran 1 bagian persetujuan dan tanda tangan. Ditjen Belmawa Kemenristekdikti memverifikasi pendaftaran sekolah dan mengeluarkan Kode Akses Sekolah (1×24 jam pada hari dan jam kerja).
  3. Pihak sekolah memberikan nomer pendaftaran dan kode akses kepada siswa yang sudah direkomendasikan.
  4. Siswa mendaftar melalui website Bidikmisi dan menyelesaikan semua tahapan dalam sistem pendaftaran.
  5. Bagi pelamar Bidikmisi jalur PMDK-PN, UMPN dan Seleksi Mandiri, KAP dan PIN yang didapat dari sistem Bidikmisi (yang telah dilakukan pada poin nomer 4) digunakan dalam pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi.
  6. Bagi calon mahasiswa penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, akan dilakukan verifikasi lebih lanjut dan penetapan kelayakan mahasiswa penerima Bidikmisi oleh perguruan tinggi dengan mempertimbangkan dokumen pendukung.

JADWAL PENDAFTARAN BIDIKMISI TAHUN

Untuk Jadwal saat ini belum tersedia, dan akan diperbaharui menunggu data dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan
Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi .

Informasi Seputar Pendaftaran Bidikmisi Tahun 2020 ini, akan di Infokan lebih lanjut nanti di Kampusimpian.com

One Comment

Back to top button
error: