BAB 10 Sistem Tata Surya

Sistem tata surya kita terdiri atas matahari, planetplanet,dan benda-benda langit lainnya. Planet-planetpenyusun tata surya kita adalah Merkurius, Venus, Bumi,Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Benda-benda langit lain penyusun tata surya antara lain satelit,meteoroid, komet, dan asteroid.

Gerakan berputarnya sebuah planet pada sumbunya disebut rotasi. Waktu yang diperlukan planet untuk menyelesaikan satu kali rotasi disebut kala rotasi. Sedangkan gerakan beredarnya sebuahplanet mengelilingi matahari dinamakan revolusi. Waktu yangdiperlukan planet untuk menyelesaikan sekali revolusi disebutkala revolusi. Kala revolusi bumi ditetapkan sebagai satuan yang dinamakan satu tahun.

 Telah disebutkan di atas bahwa planet-planetberedar mengelilingi matahari.Peredaran itu disebabkan adanya gaya gravitasi, di antara matahari dan kesembilan planet itu.

A. MATAHARI

Matahari merupakan bola gas bercahaya dengan suhu permukaan kira-kira 6.000° C. Cahaya itulah yang menyinariplanet. Jarak matahari dengan bumi kira-kira 150 juta km.Garis tengahnya mencapai 1.400.000 km, kira-kira 115 kali garis tengah bumi.

Matahari terbentuk dari awan gas dan debu yang besar.Awan tersebut mula-mula berputar membentuk bola besaryang banyak benjolan di tengahnya. Lama-kelamaan benjolanmenjadi kecil dan panas. Matahari terdiri atas 69,5% gas hidrogen dan 28% gas helium serta mengandung karbon, nitrogen, dan unsur-unsur lain.

 Atmosfer matahari terdiri atas dua lapisan. Lapisan pertama dinamakan kromosfer dan lapisan kedua disebut korona.Kromosfer menyelubungi fotosfer dengan tebalan kira-kira130.000 km. Kita dapat melihat kromosfer dan korona saat terjadi gerhana matahari sempurna. Kromosfer berwarna merah sedangkan korona berwarna keabu-abuan.

B. PLANET-PLANET

Planet ialah benda langit yang mengelilingi mataharimelalui lintasan tertentu. Planet tidak sama dengan bintang.Bintang dapat memancarkan cahaya sendiri sedangkanplanet tidak memiliki cahaya sendiri. Cahaya planet merupakan pantulan cahaya matahari.

 1. Merkurius

Planet merkurius merupakan planet terkecil dari seluruh anggota tata surya. Diameter merkurius sekitar 4.900 km. Merkurius merupakan planet yang terdekat dengan matahari. Jaraknya dari matahari kira-kira 58 juta km. Karena jaraknya yang sangat dekat dengan matahari. Merkurius sulit diamati dari bumi. Meskipun demikian, planet Merkurius pada waktu-waktu tertentu dapat diamati dengan mata telanjang. Misalnya ketika matahari menjelang terbit atau terbenam. Planet ini muncul di ufuk timur menjelang matahari terbit dan di ufuk barat menjelang matahari terbenam. Oleh karena itulah orang menamakan planet Merkurius sebagai bintang pagi atau bintang malam.

Karena tidak memiliki atmosfer serta letaknya sangat dekat dengan matahari, perbedaan suhu diplanet ini sangat besar. Siang hari suhunya mencapai 400° C dan pada malam hari suhunya turun mencapai–173° C. Kala revolusi Merkurius selama 88 hari, sedangkan kala rotasinya selama 58 hari 15 jam atau sekitar 59 hari. Planet Merkurius tidak memiliki satelit.

2. Venus

Planet Venus adalah planet yang paling dekatdengan bumi. Seperti Merkurius, planet Venus, kadangkadangtampak dari permukaan bumi. Bahkan tanpa menggunakan alat, kita dapat melihat planet ini.

Keadaan udara planet Venus sangat panas. Pada siang hari suhu permukaan mencapai 500° C. Panastersebut ditahan awan tebal sehingga menghangatkan planet pada malam hari. Atmosfer Venus sangat sedikitmengandung oksigen tetapi lebih banyak mengandungkarbon dioksida. Hampir seluruh Venus kering, uap air hanya terdapat dalam jumlah yang sangat kecil. Diameter Venus kira-kira 12.100 km, sedangkan jarak dari matahari sekitar 108,2 juta km. Kala revolusiVenus selama 224,7 hari atau dibulatkan 225 hari.Sedangkan kala rotasinya selama 249 hari. Venus tidak mempunyai satelit.

3. Bumi

Bumi merupakan planet terbesar kelima di antara delapan planet dalam tata surya kita. Diameter bumimencapai 12.756 km. Jarak Bumi dari matahari sekitar 150 juta km. Jarak tersebut dikenal dengan satu SatuanAstronomi (SA). Bumi merupakan satu-satunya planetyang memungkinkan adanya kehidupan.Bumi diselimuti atmosfer yang mengandung banyak oksigen (20%). Di planet Bumi tersedia cukup air dan suhu permukaan 22° C. Hal inilah yang menyebabkanplanet Bumi dapat dihuni makhluk hidup.

4. Mars

Planet Mars disebut juga planet merah karenapermukaannya diliputi oleh debu-debu berwarna merahsehingga bila dilihat dari permukaan bumi tampak merah. Planet ini dapat diamati langsung dari bumi tanpamenggunakan teropong.Planet Mars berukuran sedikit lebih besar daripadaplanet Merkurius. Garis tengah planet ini sekitar 6.800 km. Dan jaraknya dari matahari kira-kira 249,1 juta km.Suhu di permukaan Mars sangat dingin. Suhu tertinggipermukaannya berkisar 50° C–60° C. Sedangkan suhu terendahnya mencapai –100° C. Hal ini yangmenyebabkan di Mars tidak terdapat kehidupan. Kala revolusi Mars selama 687 hari, sedangkan kala rotasinyaselama kira-kira 24,6 jam.

5. Yupiter

Yupiter merupakan planet terbesar dalam tata surya kita. Diameternya mencapai 143.000 km. JarakYupiter dari matahari kira-kira 778 juta km (5,2 SA). Planet Yupiter tersusun atas 90% hidrogen dan10% helium. Oleh karena itu, Yupiter juga disebut planet gas. Planet ini tidak memiliki permukaan yang berupabenda padat.

6. Saturnus

Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelahYupiter. Diameter Saturnus kira-kira 120.000 km.Sedangkan jarak antara Saturnus dengan matahari kirakira 1.429 juta km (9,5 SA).Saturnus merupakan planet gas. Sebagian besardari bagian planet ini berupa hidrogen (90%) dan sisanyaberupa helium (10%).

7. Uranus

Uranus sangat jauh dari matahari, sehingga planet ini sangat dingin. Suhu permukaan Uranus tidak pernahlebih dari –180°C. Garis tengah Uranus kira-kira 51.118 km.Bila dilihat dengan teleskop, Uranus kelihatan seperti cakram yang berwarna hijau laut. Seperti halnyaplanet Saturnus, planet ini juga dilingkari oleh cincincincin.

8. Neptunus

Neptunus memiliki bentuk dan ukuran mirip dengan Uranus. Oleh karena itu, antara Neptunus dan Uranusdikenal sebagai planet kembar. Garis tengah Neptunussekitar 48.500 km.Jaraknya dari matahari sekitar 4.504 juta km (30SA). Neptunus diselubungi atmosfer yang mengandungbanyak gas metana dan amonia. Permukaan planet initampak biru, hal ini dikarenakan adanya penyerapan sinar merah dari matahari oleh gas metana. Suhu maksimumpermukaan Neptunus sekitar –190°C.

C. BENDA-BENDA LANGIT LAINNYA

Dalam susunan tata surya kita, selain planet-planet, ada benda-benda langit lainnya, yaitu asteroid, komet, meteoroid,dan satelit.

1. Asteroid

 Antara planet Mars dan Yupiter terdapat benda-bendalangit kecil menyerupai planet yang bergerak mengelilingi matahari. Benda-benda itudisebut asteroid. Asteroid juga dikenal dengan nama planetoid atau planet minor. Asteroid terbesar adalah Ceres, yang diameternya mencapai 750 km. Kala revolusi asteroid-asteroid berkisar dari empat sampai enam tahun.

Sampai saat ini telah dikenal sekitar 5.500 buah asteroid. Asteroid yang cukup terkenal antara lain Ceres,Pallas, Juno, Vesta, Trojan, dan Chiron. Asteroid tidakmempunyai angkasa.

2. Komet

 Komet merupakan benda langit yang juga mengedari matahari.Komet terdiri atas butiran-butiran es dan batuan yang membentuk bola besar.

3. Meteoroid

Berjuta-juta meteoroid memasuki atmosfer bumi, dalam setiapharinya. Namun hanya sedikityang sampai ke permukaan bumi. Hal ini dikarenakansebagian besar terbakar habis di atmosfer. Meteoroidyang sampai ke permukaan bumi disebut meteorit.

Kawah yang terjadi akibat jatuhnya meteorit disebut kawah meteor. Contoh kawahmeteor terdapat di Arizona, Amerika Serikat. Kedalaman kawah ini mencapai 200 meter. Dan diameternya mencapai1.200 meter.

4. Satelit

Satelit adalah benda langit pengiring planet. Satelit berputar mengelilingi planet dalam lintasan tertentu.Lintasan satelit berbentuk lonjong. Satelit ada dua macam, yaitu satelit alam dan satelit buatan. Satelit alam adalah satelit yang secara alami sudah ada mengiringi planet.

 Satelit buatan adalah satelit yang dibuat manusia. Satelit buatan diluncurkan dengan roket atau pesawatulangalik. Satelit buatan diluncurkan untuk berbagai keperluan, misalnya untuk penyelidikan ilmiah, mencatatdan mengirim informasi tentang keadaan cuaca, alat penghubung siaran radio dan televisi, mencari sumber mineral, dan dapat juga digunakan dalam bidangpelayaran, penerbangan, dan pembuatan peta. Indonesiamemiliki satelit buatan yaitu “Palapa”. Palapa digunakansebagai satelit komunikasi.

GLOSARIUM

  • bintang : benda langit yang memancarkan cahaya, panas, dan
  • gelombang elektromagnetik.
  • fotosfer : permukaan matahari yang suhunya diperkirakan ± 6.000 °C.
  • gaya gravitasi : gaya tarik-menarik antara dua buah benda yang bermassa
  • m1 dan m2.
  • kala revolusi : waktu yang dibutuhkan planet untuk menyelesaikan satu
  • kali revolusi.
  • kala rotasi : waktu yang dibutuhkan planet untuk menyelesaikan satu
  • kali rotasi.
  • korona : bagian matahari yang terluar, yang dapat dilihat ketika
  • gerhana matahari.
  • kromosfer : sering juga disebut bola warna, adalah bagian dalam
  • matahari yang suhunya ± 5.000 °C
  • orbit : garis edar (lintasan) planet mengelilingi matahari.
  • revolusi : gerakan beredarnya planet mengelilingi matahari.
  • rotasi : gerakan berputarnya planet pada sumbunya.
  • satelit : benda langit pengiring planet.
  • tata surya : susunan yang terdiri atas matahari dan benda-benda langit
  • yang bergerak mengelilingi matahari.
Back to top button

Matikan Adblock Terlebih Dahulu!

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini..Sistem kami mendeteksi penggunaan aplikasi pemblokir iklan (Ad block), atau web browser yang memblokir iklan.

Refresh Page