BAB 11 Rotasi dan Revolusi Bumi

Bumi melakukan dua gerakan sekaligus, yaitu rotasi dan revolusi. Rotasi adalah gerakan bumiberputar pada porosnya. Sedangkan revolusi adalah gerakan bumi mengelilingi matahari.

A. ROTASI BUMI

Sekali berotasi, Bumi memerlukan waktu sekitar 24 jam (sehari). Arah rotasi bumi berlawanan dengan arah perputaran jarum jam.Perputaran bumi pada porosnya (rotasi) menyebabkanterjadinya peristiwa pergantian waktu siang dan malam

1. Terjadinya siang dan malam

Siang dan malam terjadi secara bergantian.Pada setiap waktu hanya separo permukaan bumi yang mendapat sinar matahari.

2. Matahari terlihat terbit di timur dan tenggelam di barat

Dalam kenyataan sehari-hari, kita tidak merasakan bumi berputar pada sumbunya. Yang kita ketahui adalahmatahari terbit di sebelah timur dan tenggelam di sebelah barat. Gerakan matahari yang demikian disebut geraksemu harian matahari.

3. Terjadi perbedaan pembagian waktu

Sekali bumi berotasi memerlukan waktu 24 jam.Dalam satu kali rotasi semua tempat di permukaan bumitelah mengalami perputaran 360° bujur. Seperti kita ketahui bahwabumidibagi menjadi 360° bujur, yang dinyatakan dengan garis bujur. Dengan demikian dapat kita hitung bahwa setiap derajat bujur bumi ditempuh dalam waktu (24 × 60 menit) : 360 = 4 menit. Ini berartibahwa perbedaan waktu dua tempatdi bumi yang perbedaannya satuderajat adalah 4 menit. Sehingga biladua tempat di bumi ini perbedaan bujurnya 15°, maka pada dua tempat itu terjadi selisihwaktu 15 × 4 menit = 60 menit.

B. REVOLUSI BUMI

Selain berputar pada porosnya, bumi beredar mengelilingi matahari. Peredaran bumi mengelilingi matahari disebutrevolusi. Satu kali bumi berevolusi membutuhkan waktu 365 ¼hari. Pengaruh rotasi dan revolusi bumi inidigunakan sebagai dasar dalam pembuatan kalender ataupenanggalan. Penanggalan yang dibuat berdasarkan kala rotasi dan revolusi bumi disebut kalender Masehi ataukalender Syamsiah.

Jumlah hari dalam satu tahun hanya 365 hari, sedangkan revolusi bumi adalah 365 ¼ hari. Supaya menjadi genap, setiap empat tahun sekalijumlah hari pada bulan Februari ditambah 1 hari sehinggamenjadi 29 hari. Sehingga umur dalam tahun tersebut 366hari. Tahun yang terdiri 366 hari disebut tahun kabisat. Tahun kabisat terjadi setiap empat tahun sekali. Kaisar Romawiyang bernama Yullius Caesar menetapkan tahun kabisatadalah tahun yang habis dibagi empat, misalnya 1988, 1992, 2000, dan seterusnya.

Ketika matahari berada di sebelah utara khatulistiwa,belahan bumi utara mendapat sinar matahari lebih banyakdaripada bumi selatan. Akibatnya belahan bumi utara mengalamimusim panas dan belahan bumi selatan mengalami musim dingin. Demikian pula sebaliknya.Pada bagian bumi yang jauh dari khatulistiwa mempunyai empat musim dalam setahun. Empat musim itu adalahpanas, gugur, dingin, dan semi. Sedangkan waktu berlangsungnyaempat musim tersebut adalah seperti tabel berikut.

 C. BULAN BEREVOLUSI TERHADAP BUMI

Bulan merupakan satelit bumi, Seperti halnya bumi, bulan juga berotasi dan berevolusi. Bulan berputar mengelilingibumi atau revolusi memerlukan waktu 29 ½ hari. Rotasibulan lamanya juga 29 ½ hari. Akibat rotasi bulan dan kalarevolusinya sama, maka permukaan bulan yang menghadap ke bumi selalu sama.

Selain penanggalan Masehi atau Syamsiyah, ada pula 00penanggalan Komariyah atau penanggalan bulan. Penanggalan bulan disebut juga penanggalan (kalender) Hijriah. Penanggalan Komariyah perhitungannya didasarkan pada kala revolusi bulan.

Pada saat bumi telah mengelilingi matahari satu kali,bulan telah mengelilingi bumi 12 kali. Lamanya bulan mengelilingibumi satu kali adalah 29,5 hari. Sehingga berdasarkan perhitungan kala revolusi bulan lamanya sama dengan 12 ×29,5 hari. Sehingga berdasarkan perhitungan revolusi bulan,maka satu kali bumi berevolusi lamanya sama dengan 12 × 29,5 hari = 354 hari. Dengan kata lain satu tahun Komariyahsama dengan 354 hari.

D. GERHANA BULAN DAN GERHANA MATAHARI

1. Gerhana Bulan

Pernahkan kamu melihat gerhana bulan? Kapankahgerhana bulan itu terjadi? Dan bilamana terjadi gerhanabulan? Gerhana bulan hanya terjadi pada waktu malam hari ketika bulan purnama. Gerhana bulan terjadiapabila bulan berada dalam daerah bayang-bayang bumi. Peristiwa ini terjadi ketika kedudukan bumi berada pada satu garis lurus dengan matahari dan bulan. Padaperistiwa ini bumi terletak di antara matahari dan bulan.

Karena matahari lebih besar, maka terjadi duamacam bayangan bumi, yaitu bayangan inti (umbra) danbayangan kabur (penumbra).

 2. Gerhana Matahari

Gerhana matahari terjadi pada siang hari. Gerhana matahari terjadi karena sinar matahari terhalang olehbulan sehingga beberapa saat sinar matahari tertutup dan tidak tampak dari bumi. Hal ini terjadi karena bulanberada pada satu garis lurus di antara matahari danbumi.

GLOSARIUM

  • ekliptika : garis edar (lintasan) planet mengelilingi matahari.
  • gerhana : matahari (bulan) gelap sebagian (seluruhnya) dilihat
  • dari bumi.
  • kalender Komariyah : perhitungan kalender berdasarkan peredaran bulan
  • mengelilingi bumi.
  • kalender Syamsiah : sering juga disebut kalender Masehi, adalah
  • perhitungan kalender berdasarkan peredaran bumi
  • mengelilingi mata-hari.
  • penumbra : bayangan kabur.
  • revolusi bumi : bumi berputar mengelilingi matahari.
  • rotasi bumi : bumi berputar pada porosnya.
  • umbra : bayangan inti.
Back to top button

Matikan Adblock Terlebih Dahulu!

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini..Sistem kami mendeteksi penggunaan aplikasi pemblokir iklan (Ad block), atau web browser yang memblokir iklan.

Refresh Page