BAB 2 Perkembangbiakan Makhluk Hidup

lah satu ciri khas makhluk hidup adalah tumbuh dan berkembang biak. Tujuan makhluk hidup berkembangbiak adalah untuk menghasilkan keturunan, sehingga dapatmempertahankan kelestariannya.

Cara perkembangbiakan makhluk hidup berbedabeda. Tumbuhan memiliki berbagai cara perkembangbiakan,antara lain dengan biji, tunas, akar tinggal, geragih, dan lainlain.Cara hewan berkembang biak juga berbeda-beda. Adahewan yang bertelur, melahirkan, dan bertelur-melahirkan.

 A. PERUBAHAN PADA TUBUH MANUSIA

Semua makhluk hidup akan mengalami perubahansepanjang hidupnya. Perubahan tersebut terjadi secaraperlahan-lahan dan bertahap. Pada usia tertentu terjadiperubahan khas. Itulah sebabnya kita dapat memperkirakanusia seseorang berdasarkan perubahan pada tubuhnya.Seseorang yang telah mencapai usia dewasa juga memilikiciri tubuh yang khas.

Pada pertumbuhan manusia untuk mencapai dewasaditandai terjadinya perubahan khas pada tubuhnya. Misalnya,pada perempuan payudaranya mulai membesar dan mulaimenstruasi. Sedangkan pada laki-laki, mulai tumbuh kumis dan jenggot serta bahu dan dadanya melebar. Pada umumnyapubertas atau masa memasuki usia dewasa bagi laki-lakidan perempuan tidak sama. Biasanya pubertas padaremaja putri kira-kira umur 10 sampai 12 tahun. Sedangkanmasa pubertas pada laki-laki kira-kira umur 12 sampai 14tahun. Pada usia itu selain terjadi perubahan khas pada tubuhjuga mengalami pertumbuhan tinggi dan berat badan dengancepat. Perubahan tersebut terjadi karena organ reproduksipada perempuan maupun laki-laki sudah mulai terbentuksecara baik.

B. PERKEMBANGBIAKAN PADA MANUSIA

Perkembangbiakan pada manusia diawali terjadinyaperistiwa pembuahan (fertilisasi) sel telur oleh sperma. Seltelur yang telah dibuahi sperma disebut zigot. Zigot tumbuhdan berkembang di dalam rahim (uterus) menjadi embrio.Embrio terus tumbuh dan berkembang menjadijanin

 C. PERKEMBANGBIAKAN HEWAN

Hewan berkembang biak dengan berbagaicara. Hewan dapat berkembang biak dengan membelah diri,bertunas, fragmentasi, bertelur, bertelur-melahirkan, danmelahirkan.

1. Membelah diri

Hewan-hewan yang berkembang biak denganmembelah diri pada umumnya merupakan hewan berselsatu. Hewan bersel satu sangat kecil (mikroskopis),sehingga hanya dapat dilihat dengan menggunakan alatpembesar, misalnya mikroskop. Hewan yang berkembangbiak dengan cara membelah diri, misalnya Amoeba.

2. Tunas

Hewan yang berkembang biak dengan tunas,contohnya Hydra. Tunas terbentuk dari bagian tubuhHydra dewasa. Tunas mengalami pertumbuhan danakhirnya melepaskan diri sebagai individu baru.

3. Fragmentasi

 Hewan yang berkembang biak dengan carafragmentasi, misalnya cacing (cacing pita dan cacingplanaria). Fragmentasi adalah cara perkembangbiakanpada hewan, dimana individu baru terbentuk daripatahan atau potongan tubuh induknya.

4. Bertelur

Hewan yang berkembang biaksecara seksual setelah dewasa memiliki sel kelamin.Ada dua macam sel kelamin, yaitu sel kelamin jantan(sperma) dan sel kelamin betina (sel telur). Hewanhewanyang bertelur memiliki sel telur. Sel telur dapatberkembang menjadi individu baru jika dibuahi oleh benihhewan jantan (sperma). Telur yang tidak dibuahi tidakdapat menetas. Sel telur yang sudah dibuahi disebutzigote.

Semua jenis hewan segolongan unggasberkembang biak dengan bertelur.Telurnya dibuahi di dalam induknya danmenetas di luar.

Ikan dan katak jugabertelur. Hanya telurnya dibuahi di luarinduknya, dan menetas di luar tubuhinduknya. 

Hewan yang berkembangbiak dengan bertelur disebut hewanovipar.

Berbeda dari serangga, metamorfosis pada kataktidak diikuti denganpergantian kulit. Telurkatak hanya mempunyaisedikit cadanganmakanan.

Hewan serangga, misalnya kupu-kupu juga mengalamimetamorfosis. Perubahan bentuk tubuh ulat menjadi kepompongyang kemudian menjadi serangga dewasamengalami metamorfosis sempurna.

 Hal ini jugadialami, kumbang, lebah, nyamuk, dan lalat. Ada pulametamorfosis tidak sempurna, contohnya pada belalang,jangkrik, kutu kepala, dan lipas.

5. Melahirkan

Mamalia atau hewan menyusui tidak bertelur,melainkan melahirkan. Hewan yang berkembang biakdengan melahirkan disebut hewan vivipar.

Contoh mamalia adalah: gajah, kuda, ikan paus, kucing,dan kelinci.

6. Bertelur-melahirkan

Ada beberapa hewan yang bertelur,namun setelah sel telurnya dibuahi,telur-telurnya disimpan dalam tubuhinduknya hingga menjelang lahir ataumenetas. Setelah cukup umur telur-telurtersebut dikeluarkan dari tubuh induknya.

 Hewan yang berkembang biak denganbertelur-melahirkan, contohnya ular, kadal, dan buaya.Hewan-hewan ini disebut ovovivipar.

D. PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN

Perkembangbiakan tumbuhan dapat dilakukan dengandua cara yaitu perkembangbiakan secara tidak kawin(vegetatif) dan perkembangbiakan secara kawin (generatif).

1. Perkembangbiakan secara tak kawin (vegetatif)

Perkembangbiakan secara vegetatif dapat terjadi secara alami dan buatan.

Perkembangbiakan secara vegetatif alami:

a. Membelah diri

Tumbuhan yang berkembang biak dengan membelahdiri, yakni tumbuhan tersusun atas satu sel. Contohnya ganggang hijau bersel satu dan chlamydomonas.

 b. Spora

Tumbuhan yang berkembang biak dengan spora, yaitu jamur.

 c. Tunas

Tumbuhan tertentu dapat berkembang biak dengan tunas. Tunas tersebut tumbuh di pangkal batang. Selain pisang, tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas antara lain

tumbuhan sukun, cemara, bambu, nanas, dan palem.

 d. Umbi

Umbi adalah bagian tumbuhan yang menggembungdan tertanam di dalam tanah. Ada tiga macam umbi, yaitu umbi akar, umbi batang,dan umbi lapis.

 e. Geragih

Geragih adalah bagian batang yang menjalar di atas tanah kemudian pada ruas-ruasnya tumbuh akar tunas baru. Tumbuhan yang berkembang biak dengan geragih, misalnya arbei dan pegagan.

f. Akar Tinggal

Akar tinggal (rhizoma) adalah bagian batang yang tumbuh di dalam tanah. Selain kunyit dan lengkuas, tumbuhan yang berkembang biak dengan akar tinggal, antara lain rumput, jahe,temulawak, dan kencur.

Perkembangbiakan secara vegetatif buatan:

a. Mencangkok

Mencangkok dapat dilakukan pada tumbuhan mangga, jambu, jeruk, melinjo, dan lain-lainnya.

 b. Setek

Pengembangbiakan dengan setek dilakukan dengan cara menanam potongan bagian suatu tumbuhan.Bagian tumbuhan yang dipotong dan ditanam biasanya berupa batang, daun, atau pucuktumbuhan. Setek batang dapat dilakukan pada tanaman tebu dan ketela pohon. Setek daun dapatdilakukan pada tanaman Begonia dan lidah mertua. Setek pucuk tumbuhan dapat dilakukan padatanaman teh.

 c. Merunduk

Tumbuhan yang biasa dikembangbiakan dengan cara merunduk adalah yang mempunyai batang menjulur dan berbuku-buku.Tanaman yang dapat dikembangbiakan dengan cara merunduk, misalnya: apel, alamanda, dan selada air.

 d. Menempel (Okulasi)

Okulasi merupakan pembiakan buatan dengan cara menempelkan bagian tanaman induk padatanaman induk lain.Okulasi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menyambung batang dan menempel kulit batang pada batang lain.

Tanaman yang dapat disambung,misalnya ketela pohon, kopi, dan durian.Menempel kulit batang pada batang lain, misalnya pada ubi kayu, rambutan, dan mangga

2. Perkembangbiakan secara kawin (generatif)

Perkembangbiakan secara kawin yaitu perkembangbiakan dengan menggunakan sel kelamin atau yangterjadi melalui proses penyerbukan dan pembuahan.

Proses menempelnyaserbuk sari di kepala putik dapat terjadi dengan perantara angin, air, hewan, atau manusia.

Pada tanaman tertentu, misalnya vanili dan salak penyerbukannya dilakukan dengan bantuan manusia.Hal ini disebabkan karena letak putik dan benang sarinyatidak memungkinan terjadinya penyerbukan secaraalami.

 E. BERBAGAI CARA MEMPERBANYAK TUMBUHAN

Memperbanyak tanaman dapat dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dengan mencangkok dan setek.

GLOSARIUM

  • benang sari : alat kelamin jantan pada bunga.
  • fragmentasi : cara perkembangbiakan pada hewan (cacing), dimana
  • individu terbentuk dari patahan atau potongan tubuh
  • induknya.
  • generatif : perkembangbiakan pada tumbuhan dengan cara kawin.
  • metamorfosis : perubahan bentuk tubuh pada hewan melalui tahapantahapan
  • tertentu.
  • mikroskop : alat untuk melihat hewan/benda kecil yang tidak terlihat
  • oleh mata.
  • ovipar : hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur.
  • ovovivipar : hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur–
  • melahirkan.
  • ovum : sel kelamin betina.
  • pembuahan : bertemunya sel kelamin jantan dan sel kelamin betina.
  • pertumbuhan : perubahan pada makhluk hidup dari kecil menjadi besar,
  • dari ringan menjadi berat, dari pendek menjadi tinggi.
  • pubertas : masa memasuki usia dewasa.
  • putik : alat kelamin betina pada bunga.
  • sperma : sel kelamin jantan.
  • vegetatif : perkembangbiakan pada tumbuhan dengan cara tak kawin.
  • vivipar : hewan yang berkembangbiak dengan cara melahirkan.
  • zigot : sel telur yang sudah dibuahi.
Back to top button

Matikan Adblock Terlebih Dahulu!

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini..Sistem kami mendeteksi penggunaan aplikasi pemblokir iklan (Ad block), atau web browser yang memblokir iklan.

Refresh Page