BAB 6 Perubahan Benda

A. FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN BENDA

Apa yang menyebabkan terjadinya perubahan pada benda? Kayu menjadi lunak, besi menjadi rapuh, apel menjadi lunak dan lembek terjadi karena adanya proses penguraian pada bahan-bahan itu. Proses penguraian bahan atau benda antara lain dapat berupa pembusukan, pelapukan, dan perkaratan.

1. Pembusukan

Kompos merupakan pupuk alami yang dapat menggemburkan tanah dan menyuburkan tanaman. Kompos berasal dari tumbuhan. Daun-daun tumbuhan membusuk menjadi kompos. Pembusukan daun-daun tumbuhan itu disebabkan karena adanya makhluk hidup sangat kecil yang disebut bakteri.

Pembusukan pada proses pembentukan atau pembuatan kompos merupakan contoh pembusukanyang menguntungkan manusia. Pembusukan pada beberapa bahan dapat mengakibatkan kerugian.Misalnya pembusukan pada bahan makanan

2. Pelapukan

Benda yang terbuat dari bahan kayu awalnya dapat digunakan dengan baik. Makin lama benda itu tidak dapat digunakan lagi karena rusak. Salah satu penyebab kerusakan itu adalah pelapukan. Pelapukan mengakibatkan kayu yang semula kuat dan keras menjadi lunak dan mudah hancur.

 Menjaga agar benda dari bahan kayu tidak cepat lapuk antara lain dengan cara mengecat. Dengan cat itu membuat kayu tidak terkena air dan udara secara langsung. Kayu yang terkena air dan udara secara langsung lebih cepat mengalami pelapukan.

3. Perkaratan

Perkaratan terjadi pada benda logam, seperti besi, tembaga, dan kuningan. Akibat perkaratan, benda-benda logam yang semula kukuh dan kuat menjadi rapuh. Cara menjaga agar benda logam tidak cepat berkarat antara lain dengan cara mengecat.

B. KESESUAIAN SIFAT DAN KEGUNAAN BENDA

Beraneka ragam benda di sekitar kita. Benda-benda itu memiliki sifat yang berbeda-beda. Ada yang keras, lunak, lentur, dapat menghantarkan panas, tidak dapat menghantarkan panas, kedap air, dan ada pula yang tidak kedap air. Sifat-sifat benda itu dimanfaatkan untuk keperluan yang berbeda.

Lap meja dipilih bahan berupa kain karena kain mudah menyerap air. Ember dipilih bahan plastik karena plastik bersifat lentur dan ringan. Gelas dibuat dari bahan kaca karena selain kaca bersifat kedap air juga permukaan licin sehingga mudah dibersihkan.

GLOSARIUM

  • bahan organik : bahan yang berasal dari tumbuhan.
  • bakteri : makhluk hidup terkecil bersel satu, dapat berkembang biak
  • dengan kecepatan luar biasa dengan cara membelah diri.
  • kompos : pupuk alam yang terbuat dari dedaunan yang membusuk.
  • pelapukan : proses rusaknya suatu benda dari tumbuhan (binatang)
  • karena jamur, air, udara, atau jasad renik lain.
  • perkaratan : proses terjadinya oksidasi pada logam akibat zat asam
  • (oksigen)
  • suhu : ukuran kuantitatif terhadap panas dan dingin suatu benda.
Back to top button

Matikan Adblock Terlebih Dahulu!

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini..Sistem kami mendeteksi penggunaan aplikasi pemblokir iklan (Ad block), atau web browser yang memblokir iklan.

Refresh Page