BAB 7 Gaya dan Gerak Benda

A. PENGARUH GAYA TERHADAP BENDA

Gergaji bergerak maju dan mundur akibat didorong dan ditarik oleh tukang. Dorongan dan tarikan yang dilakukan oleh tukang kayu merupakan gaya. Gaya tidak dapat dilihat namun pengaruhnya dapat dirasakan. Apabila kita melihat gerakan mendorong, menarik, dan mengangkat benda, kita merasa ada sejumlah gaya yang diperlukan gerakan tersebut. Gaya menyebabkan benda bergerak, berhenti bergerak, berubah arah, dan berubah bentuk.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak kejadian yang menerangkan bahwa gaya dapat menyebabkan benda bergerak, misalnya peristiwa membuka dan menutup pintu. Pintu bergerak membuka dan menutup karena terkena gaya yang berupa dorongan dan tarikan.

B. PENGUKURAN GAYA

Sekarang ada cara pengukuran gaya yang mudah yaitu dengan menggunakan alat pengukur gaya. Alat pengukur gaya itu disebut dinamometer. Satuan untuk gaya adalah kilogram force (kgf). Selain itu gaya juga dapat dinyatakan dengan satuan newton atau dyne. Hubungan antara ketiga satuan tersebut adalah 1 kgf = 9,8 newton. Sedangkan 1 newton = 105 dyne.

GLOSARIUM

  • dinamometer : alat pengukur besarnya gaya.
  • gaya : kekuatan (kesanggupan) untuk berbuat. Gaya juga
  • diartikan sebagai tarikan dan dorongan.
  • kilogram force : satuan untuk gaya, sering disingkat kgf; satuan yang lain
  • newton (N) atau dyne.
Back to top button

Matikan Adblock Terlebih Dahulu!

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini..Sistem kami mendeteksi penggunaan aplikasi pemblokir iklan (Ad block), atau web browser yang memblokir iklan.

Refresh Page