BAB 9 Membuat Karya (Model) Penerapan Energi Listrik

A. MERANCANG DAN MEMBUAT SIRENE

1. Gagasan 

Sirene merupakan peralatan listrik yang dapat menimbulkansuara khas dan memberikan kesan tersendiri bagi orang yang mendengarkannya. Pada umumnya raungan suara sirene mengingatkan kita pada suatu keadaan darurat dan memerlukan perhatian khusus. Sirene dapat digunakan sebagai peringatan dan tanda bahaya, misalnya peringatan adanya bahaya banjir, kebakaran, dan keadaan darurat lainnya. Sirene sangat diperlukan bagi seseorang ketika menghadapi keadaan darurat. Oleh karena itu dipandang perlu bagi setiap orang memiliki pengetahuan tentang cara merancang dan membuat sirene.

 B. MERANCANG DAN MEMBUAT BEL LISTRIK

1. Gagasan

Bel listrik dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Di rumah, bel listrik dapat membantu tamu yang datang. Tamu tidak perlu memanggil-manggil dengan suara keras untuk memberitahukan kehadirannya, tetapi cukup menekan tombol listrik. Pemilik rumah segeramengetahuinya.

 C. MERANCANG DAN MEMBUAT ALARM PENANDA BANJIR

1. Gagasan

Pada musim penghujan, di beberapa daerah sering terjadi banjir. Bahaya banjir biasanya terjadi secara mendadak atau tiba-tiba setelah terjadi hujan deras dalam waktu yang lama. Untuk menghindarkan kerugian yang lebih besar akibat bahaya atau bencana banjir dapat diatasi dengan pemasangan alarm penanda banjir. Dalam alarm penanda banjir dapat diketahui terlebih dahulu akan datangnya banjir, sehingga dapat dilakukan usaha-usaha penyelamatan.

Back to top button

Matikan Adblock Terlebih Dahulu!

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini..Sistem kami mendeteksi penggunaan aplikasi pemblokir iklan (Ad block), atau web browser yang memblokir iklan.

Refresh Page