Biaya KuliahInfo KampusPTN

Biaya Kuliah dan Hidup UNPAD 2020/2021

Haii Fellas Impiano!  Untuk kamu ni yang memiliki keinginan untuk masuk di UNPAD setelah SMA/SMK sederajat. Penting banget ni bagi kamu untuk mengetahui kondisi yang ada di Unpad, terutama mengenai biaya Kuliah Dan juga biaya hidup di Universitas Padjadjaran. Sehingga nantinya kamu dapat menganalis dalam memanajemen keuangan, saat sudah ada disana nanti dengan baik.

Dengan begitu kamu sudah dapat memperkirakan, berapa budget atau berapa banyak uang yang bakalan kamu butuhkan nantinya saat sudah ada disana nanti. Dan bagi kamu yang belum tahu, seberapa besar biaya kuliah yang dibutuhkan di UNPAD. Melalui artikel ini, kami dari tim kampus impian telah menyiapkannya khusus untuk kamu.

Sebagai Catatan:

Kampusimpian.com akan mengupdate banyak informasi biaya kuliah dan biaya hidup di UNPAD disini.

Untuk Biaya Kuliahnya nanti, kami akan sajikan datanya dalam bentuk tabel gambar. Namun kamu harus memperhatikan ada sebuah istilah yang mirip nantinya. Istilah tersebut adalah BKT (Biaya Kuliah Tunggal) dengan UKT (Uang Kuliah Tunggal). Dimana definisi dari keduanya itu sangat berbeda sekali.

Artikel Tentang Unpad:

Namun yang harus kamu fokuskan disini adalah UKT bukan BKT. Namun jika kamu masih bingung untuk kedua istilah tersebut, terlebih dahulu kita akan bahas satu persatu.

Apa itu BKT?

BKT merupakan singkatan dari Biaya Kuliah Tunggal adalah keseluruhan dari biaya operasional mahasiswa untuk setiap semester di setiap program studi di PTN nantinya.

Namun Biaya ini tidak sepenuhnya ditanggung oleh mahasiswa karena BKT sebenarnya adalah jumlah UKT dan BOPTN, dimana BOPTN adalah bantuan operasional untuk PTN dari pemerintah.

Jadi, nanti saat kamu sudah menjadi mahasiswa tidak perlu terlalu memikirkan tentang BKT, karena nantinya yang akan kamu bayarkan adalah UKT saja.

Apa itu UKT?

UKT adalah singkatan dari Uang Kuliah Tunggal merupakan biaya yang harus dibayarkan oleh mahasiswa per semesternya yang dikategorikan sesuai dengan tingkat kemampuan ekonomi orang tua.

Rumusnya seperti berikut UKT = BKT – BOPTN. Kalau kamu nanti kuliah di Unpad kamu harus tau, bahwa terapat 5 Golongan UKT dari setiap Prodi jurusan yang ada di Unpad. Dan biaya tiap golongan tersebut, berbeda-beda.

Biaya Kuliah Jenjang Diploma Unpad

Berikut ini daftar Biaya UKT untuk semua prodi yang ada di Universitas Padjadjaran:

Biaya kuliah Jenjang Diploma Unpad

Biaya Kuliah Jenjang Sarjana (S1) Unpad

Biaya Kuliah untuk Jenjang S1 Unpad

Silakan kamu cek dan lihat sendiri, dan bagaimana apakah kamu sudah mengetahui berapa biaya untuk jurusan yang bakal kamu pilih? Dengan begitu kamu sudah dapat menyiapkan biaya mulai sekarang.

Namun untuk kamu yang tergolong keluarga Prasejahtera juga jangan kwartir, karena di Unpad ini terdapat Program Bidikmisi juga. Dalam hal ini kamu dapat dibebaskan, dari Uang UKT tadi.

Setelah kita mengetahui soal biaya kuliah di Unpad, ada 1 hal lagi yang tidak boleh kamu lupakan yaitu biaya Hidup disana. Tadi kan kamu baru mengetahui biaya kuliahnya saja, biaya hiduppun perlu kamu perhitungkan dengan baik.

Biaya Hidup di UNPAD

Baik kali ini kami dari tim kampus, telah merangkum untuk kamu tentang biaya hidup saat kamu di Unpad nanti.

Biaya Tempat Tinggal (Kos)

Tempat tinggal menjadi kebutuhan pokok, saat kamu sudah disana nanti. Karena kamu kuliah di UNPAD tidak sebentar. Nah untuk biaya kost sendiri di Unpad sangat beragam, namun untuk biaya kost kamu perlu menyiapkan budget 500-700 ribu agar bisa mendapatkan fasilitas yang layak. Terutama untuk kamu anak rantauan, perlu memilih dengan bijak soal kost ini.

  • Biaya Kost paling murah itu sekitar 450 ribu dan fasilitas yang kamu dapatkan berupa kasur, alamari, meja dan biasanya kamar mandi luar
  • Biaya Kost Dengan Fasilitas AC itu sekitar 900 ribu

Biaya Makan

Selain tempat tinggal, ada kebutuhan pokok juga yang bakalan dibutuhin oleh banyak orang termasuk kamu. Kamu juga harus mempertimbangkan dengan baik biaya makan yang bakalan kamu gunakan nantinya. Untuk kamu yang ingin makan degan porsi 3 x sehar, harus menyisihkan uang sekitar 20 ribu atau sekitar 600 ribu/perbulannya. Dan sebenarnya porsi makanan yang ada di Unpad juga bisa terbilang banyak, dan kalau kamu mau makan 2 x sehari sebenarnya sudah cukup. Atau kalau mau hemat lagi, kamu bisa memasak sendiri biayanya sekitar 150-250 ribu biaya ini juga sudah termasuk untuk air minum (galon).

Biaya Transportasi

Biaya transportasi juga perlu kamu perhitungkan, bisa jadi kosan atau tempat tinggalmu cukup jauh. Kalau dirasa jalan kaki, tidak memungkinkan kamu dapat menggunakan beberapa transportasi yang ada disana. Biaya transportasi angkot yang kamu butuhkan jika kamu pelajar atau mahasiswa, adalah sekitar 3.500 atau bolak balik sekitar 7.000. Untuk biaya transportasi ini perbulan, yang harus kamu sisikan adalah sekitar 250-300 ribu.

Nah itulah gambaran biaya yang kamu butuhkan jikalau kamu kuliah di Unpad nanti, dan biaya yang diatas belum diakumulasikan dengan biaya kebutuhan kamu yang lain dan juga tugas-tugas dari kampus.

Back to top button
error: