Daftar Passing Grade PTN

Pernahkah Kamu mendengar istilah Passing Grade sebuah PTN? Saat Kamu ingin mengikuti seleksi masuk PTN, bahasan terkait passing grade ini menjadi hal yang menarik. Saat Kamu membuka laman ini mungkin Kamu juga menjadi salah satu orang yang sangat penasaran terkait dengan Passing Grade ini.

1. Pengertian Passing Grade

Terkait dengan Passing Grade, sebenarnya tidak ada PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang mempublikasikan terkait dengan nilai passing grade itu. Namun sebenarnya apa sih passing grade itu? Passing Grade adalah batas nilai minimal (terkecil) yang harus Kamu dipenuhi ketika Kamu memilih suatu program studi di kampus tertentu.

Tentunya setiap Kampus memiliki Passing Grade yang berbeda, banyak sekali yang mempengaruhi dari Passing Grade itu sendiri. Nilai tersebut bisa juga dipengaruhi dari Jumlah peminat dan daya tampung PTN.

2. Mitos Terkait Passing Grade

Banyak sekali mitos yang bertebaran di para pelajar yang akan mengikuti seleksi masuk PTN. Inilah beberapa Mitos yang sering terdengar saat orang banyak membicarakan terkait dengan passing grade.

1.1 Passing Grade Menjadi Penentu Utama Kelolosan

Passing Grade tidak bisa Kamu jadikan tolak ukur sebagai penentu kelolosan utama dari seleksi SNMPTN ataupun SBMPTN. Ada banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi kelolosan Kamu di SNMPTN misalnya Indeks Sekolah, Nilai Raport, Rekam Jejak Alumni. Sedangkan kelolosan di SBMPTN juga berbeda di SNMPTN, hal ini lebih dipengaruhi dari Nilai UTBK yang Kamu peroleh. Kamu harus punya strategi khusus dalam mengikut 2 jalur tersebut Kamu bisa membaca 4 Strategi Memilih Prodi dan Kampus Agar Lolos SNMPTN dan Cara Merasionalisasi Pilihan Jurusan di SBMPTN.

1.2 Passing Grade Dikeluarkan secara Resmi oleh PTN

Nah tadi diawal sudah dijelaskan, bahwa PTN tidak pernah sama sekali mempublikasikan Passing Grade. Jadi Kamu harus tau hal ini ya. Jadi data atau informasi yang Kamu lihat itu bukanlah data resmi melainkan prediksi saja. Meski demikian, prediksi tersebut biasanya tidak terlalu jauh dari persentase sebenarnya.

1.3 Jurusan dengan Passing Grade Rendah Jelek

Passing Grade tidak menentukan, sama sekali kualitas dari sebuah Program studi yang Kamu pilih. Untuk melihat jurusan itu baik atau tidak, Kamu dapat melihat dari sisi Akreditasinya. Kamu bisa mengecek di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Atau Kamu bisa juga melihat rangkuman Akreditasi jurusan PTN di Kampus Impian yang juga sudah dirangkum dari BAN-PT.

1.4 Mudah Masuk di Jurusan Passing Grade Rendah

Ini juga salah banget ya. Meskipun jurusan tersebut memiliki passing grade rendah, tapi masuk dijurusan itu tidak mudah ya. Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa, passing grade hanya sebuah prediksi saja. Masuk atau tidaknya kamu di jurusan tersebut juga bergantung dari daya tampung dan jumlah pendaftar di program studi yang kamu pilih.

1.5 Rasio Passing Grade PTN

Berikut ini daftar Rasio Passing Grade PTN berdasarkan daya tampung & peminat diseluruh PTN:

3.Kesimpulan

Passing Grade merupakan batas nilai terkecil yang dapat Kamu gunakan untuk memilih program studi. Passing Grade yang kamu temukan di Pencarian internet, bukanlah nilai resmi dari PTN yang bersangkutan melainkan sebuah prediksi saja. Namun meskipun hanya prediksi, biasanya tidak terlalu jauh dari persentase/nilai yang sebenarnya jadi ini bisa jadi bahan pertimbangan Kamu juga nantinya. Rasio passing grade ini hanya digunakan untuk melihat keketatan dari jurusan yang dipilih di program studi yang dipilih di PTN yang besangkutan.

Back to top button
error: