PTNSBMPTNUSM

Inilah Perbedaan Antara Jalur SNMPTN, SBMPTN, dan USM

Hallo sahabat impiano, gimana udah nggak terasa udah diakhir-akhir sekolah ya. Nggak lama lagi lulus ni, namun kira-kira mau kemana nih? Jangan bilang belum punya tujuan ya, karena ini baru awal perjuangan kamu lo sahabat impiano.


Gini k, saya tu pengen banget kuliah di kampus impian. Namun masih bingung gimana cara masuk ke Perguruan Tinggi Negeri atau yang sering kita singkat dengan PTN. Dan memang ini juga pernah dialami banyak orang, apalagi jika sahabat impiano sendiri jarang update informasi seputar dunia kampus bakalan nggak tau soal dunia perkualiahan.


Nah untuk kamu ni, yang pengen masuk di PTN harus tau dulu jalur-jalur untuk masuk PTN itu. Karena masuk PTN, itu nggak semudah membalikan telapak tangan tapi mulai sekarang kamu harus berjuang dengan ekstra.
Secara umum untuk masuk PTN itu ada 3 Jalur, yang ini rata-rata diterapin diseluruh PTN di seluruh Indonesia. Jalur tersebut diantaranya ada SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan USM (Ujian Seleksi Mandiri).

Nah ke-3 jalur tersebut, mempunyai perbedaan lo ya. Oke kali kami bakalan jelasin 1 satu persatu, perbedaanya:

1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

SNMPTN ini adalah seleksi pertama untuk masuk PTN, dan ini diselenggarakan secara Nasional oleh Kemenristek Dikti. Pada jalur SNMPTN, ini kamu bisa masuk PTN tanpa tes sama sekali ni dan nggak ikut ujian sama sekali. Ada tapinya ni sahabat impiano, untuk ikut SNMPTN ini nggak sembarangan loh ya. Kamu juga harus ngelihat kondisi akademis kamu, apakah benar-benar memungkinkan atau nggak? Karena Seleksi untuk SNMPTN ini, didasarkan atas Nilai Raport, Prestasi Akademik dan Non Akademik, dan terakhir Indeks Sekolah.

Enaknya juga, jalur SNMPTN ini gratis tuh. Sehingga kamu nggak perlu ngeluarin biaya untuk daftar dan ikut SNMPTN . Dan kamu juga harus masuk kategori siswa-siswi yang unggul di sekolah dalam hal akademis, terutama memiliki Prestasi dan Nilai akademik yang terus naik dari semester 1-5.

Dengan ketentuan berdasarkan dari akreditasi sekolah sebagai berikut :

  • Akreditasi A, 75% terbaik di sekolahnya
  • Akrediatsi B, 50% terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi C, 20% terbaik di sekolahnya
  • Akreditas lainnya, 10% terbaik di sekolahnya

Dan meskipun kamu dalam kategori diatas, mengikuti jalur SNMPTN ini nggak sembarangan lo ya. Kamu juga harus punya strategi khusus, agar bisa lolos SNMPTN. Nah mengenai tips agar, memiliki peluang besar untuk lolos SNMPTN ini. Di kampusimpian.com, kamu bisa baca-baca artikel yang berisi tips-tips SNMPTN tu.

2. SBMPTN (Seleksi Nasional Masuk Peguruan Tinggi Negeri)


Nah yang kedua ini lanjutan dari SNMPTN ni, klo nggak berhasil di SNMPTN jangan kecewa masi ada yang namanya SBMPTN. SBMPTN juga merupakan program dari Kemenristek Dikti, untuk menyeksi siswa siswi yang hendak masuk PTN. Namun berbeda, dengan SNMPTN yang penilaiannya didasarkan atas Nilai Raport, dan Prestasi Akademis lainnya. Kalo di SBMPTN ini, sahabat impiano harus mengikuti Ujian dan mengerjakan soal-soal. Jadi Penilainnya itu didasarkan hasil ujian yang kamu lakukan tu.

Nah di SBMPTN ini, kamu harus benar-benar bisa baca yang namanya Passing Grade untuk nyesuain antara nilai hasil Ujian dengan jurusan yang kamu pilih di PTN tertentu. Dan ujiannya itu dulu pakai Kertas, kyak ujian Nasional gitu. Namun klo sekarang Ujiannya itu udah pakai Komputer atau disebut dengan UTBK. Dan untuk tesnya sendiri, kamu bisa milih PTN terdekat dengan wilayah kamu.

Nah mengenai Strategi, untuk dapat lolos SBMPTN ini bakalan dibahas khusus di Artikel seputar SBMPTN ya di kampusimpian.com

3. USM (Ujian Seleksi Mandiri)


Pada jalur ketiga ini hamper sama dengan jalur SBMPTN, bedanya adalah kalau di USM ini yang nyelenggarainnya itu adalah PTN terkait dan tidak dibawah naungan Kemenristek Dikti. Melainkan kebijakan dari masing-masing Universitas ni, dan jadwal pelaksanaan untuk USM masing-masing PTN itu bisa saja berbeda ni. Tapi ya itu tadi, untuk USM ini pendaftarannya tidak gratis ya biayanya disesuaikan kembali dengan PTN terkait.

Nah itulah mengenai perbedaan ke-3 jalur untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri.

One Comment

Back to top button
error: