close

Kumpulan Materi dan Soal CPNS 2023

Kampusimpian.com – Hallo sahabat pejuang CPNS 2023. Apakah kamu lagi cari bahan belajar untuk persiapan CPNS 2023? Mimin bakalan banyak sharing Materi dan Soal Pembahasan CPNS gratis, di laman ini. Jadi pastikan kamu save, dan share juga ke temanmu yang membutuhkan ya. Di CPNS 2023 materi dan soal yang akan diujikan terdiri dari:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Dalam proses seleksi penerimaan CPNS, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) menjadi salah satu komponen penting dan wajib. Fokus dari TWK adalah mengukur sejauh mana pemahaman dan pengetahuan calon peserta CPNS terhadap empat pilar kebangsaan Indonesia.

Tes ini mencakup materi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, serta pengetahuan lain yang relevan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tes Pancasila dirancang untuk menguji pemahaman peserta tentang sejarah perumusan Pancasila sebagai ideologi dan implementasinya dalam kehidupan sehari-hari dan tatanan negara.

Tes UUD 1945 bertujuan untuk mengukur pengetahuan peserta tentang UUD 1945, baik sebelum maupun setelah mengalami amandemen. Sedangkan Tes NKRI bertujuan menguji pengetahuan peserta tentang sejarah NKRI, mulai dari masa penjajahan hingga isu-isu terkini.

Tes Bhinneka Tunggal Ika dirancang untuk mengukur pengetahuan peserta tentang keragaman budaya dan penerapan prinsip Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


2. Tes Intelegensi Umum (TIU)


Tes Intelegensi Umum (TIU) digunakan untuk mengukur kemampuan logika berhitung, penalaran, kemampuan verbal, dan kemampuan berpikir logis serta analitis secara bersamaan. Selain itu, tes ini juga dimaksudkan untuk memahami karakteristik individu calon peserta sebagai calon pegawai negeri.

TIU terdiri dari tiga bagian: TIU Verbal, TIU Numerik, dan TIU Penalaran. Tes TIU Verbal melibatkan tes sinonim, antonim, analogi verbal, pengelompokkan kata, dan pemahaman wacana untuk mengukur pemahaman bahasa peserta.

TIU Numerik meliputi tes aritmatika, seri angka, seri huruf, logika angka, dan tes angka dalam cerita. Sementara TIU Penalaran mencakup tes logika umum, analisa pernyataan, kesimpulan silogisme, pengelompokkan logika cerita, dan tes logika gambar, diagram, serta simbolisasi.


3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tujuan dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP) adalah untuk memahami karakteristik individu calon peserta, termasuk potensi, integritas, keterampilan dalam menyelesaikan masalah, dan aspek emosional. TKP melibatkan tes terkait karakteristik pribadi.

Komponen TKP meliputi: tes integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas, dan inovasi; tes orientasi pelayanan dan hubungan interpersonal; tes kemampuan beradaptasi dan pengendalian diri; tes kemampuan bekerja mandiri serta kolaborasi dalam kelompok; dan tes kemauan serta kemampuan belajar berkelanjutan dan mengoordinasi orang lain.

Pelaksanaan tes seleksi CPNS yang melibatkan sejumlah tes dengan cakupan materi yang luas menuntut persiapan yang matang dari calon peserta. Oleh karena itu, disarankan agar para calon peserta tes seleksi CPNS banyak membaca, memperdalam pemahaman tentang sejarah NKRI, dan melatih pengetahuan serta wawasan agar dapat menghadapi soal-soal dan jawaban dengan lebih baik dalam tes tersebut.


Download Materi CPNS 2023

Yang udah gak sabar lagi belajar materi CPNS 2023, bisa unduh soalnya melalui link dibawah ini ya. 100% Gratis buat sobat pejuang CPNS 2023!

NAMA FILEMATERI PDF
45 Butir Pengamalan Pancasila
Download PDF
CAT TWK CPNSDownload PDF
Materi CPNS TKDDownload PDF
Materi TWK CPNS Versi 1Download PDF
Materi TWK CPNS Versi 2Download PDF
Materi TWK CPNS Versi 3Download PDF
Materi TWK CPNS Versi 4Download PDF
Materi TWK CPNS Versi 5Download PDF
Materi TWK CPNS Versi 6Download PDF
Materi TWK CPNS Versi 7Download PDF
Materi TWK CPNS Versi 8Download PDF
Materi TWK CPNS Versi 9Download PDF
Psikotest 1Download PDF
Psikotest 2Download PDF
Rangkuman Tata Negara TKD CPNSDownload PDF
Sejarah TWK CPNSDownload PDF
Soal TWK CPNS dan Jawaban versi 1Download PDF
Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!