MahasiswaTips

Mahasiswa? Sudah Mampukah Survive di Dunia Perantauan? Berikut Tipsnya!

Hai temans Impiano! :) Perlu kalian ketahui, hidup didunia rantauan memang tidak semudah di FTV yang sering kita tonton sehari – hari. Tinggal di tempat yang jauh dari rumah membuat kita jauh dari orang tua dan dipisahkan oleh laut, dipulau yang berbeda, budaya yang tak seiras, tradisi yang tak serumpun, serta orang-orang baru yang kita temui. Hal tersebut menimbulkan tanya kecil dihati “bisa gak sih aku bertahan? Bakal homesick banget gak ya?”. Well,  Hidup di dunia rantau perlu sebuah struggle yang maksimal dan keberanian yang optimal agar bisa melewati kerasnya hidup di dunia orang. Fase hidup dalam perantauan sangat menuntut kita untuk membuang jauh gaya hidup yang “manja”, terutama saat terjun dalam kehidupan kampus kita sangat dipaksa untuk hidup bersosial dengan orang-orang dan lingkungan sekitar.

Temans Impiano, jangan takut menjadi anak rantau. Secara alamiahnya menjadi anak rantau adalah sosok yang akan dipandang berkepribadian yang mandiri dan kuat. Modal utama kita sebagai anak rantau adalah mampu berproses meskipun kita tahu bahwa berproses tidak mudah seperti menumpahkan segelas air.

“Hidup mempunyai siklus, dan proses adalah bagian dari siklus. Dalam Filosofi hidup, berproseslah dalam hidup karena disaat itulah kamu akan belajar apa itu arti kehidupan.”

So far Temans Impiano, berikut tips buat kalian agar lebih memperhatikan posisi kalian saat menjadi mahasiswa yang merantau, let’s see that !

Manage Your Money as Well

Temans Impiano, tips terbaik dari yang terbaik adalah kurangi pengeluaran uangmu untuk hal yang sia-sia dan tidak penting. Hindarilah sikap hedonis untuk kalian sebagai anak rantau karena seperti yang kita ketahui sendiri banyak sekali kebutuhan bagi seorang mahasiswa terhitung dari UKT, uang kost an, uang makan, uang listrik dan lain-lainnya. Kasihan orang tua kita jika kita menggunakan uang yang mereka beri hanya untuk hal yang sia-sia dan memuaskan keinginan kita semata saja, lebih baik impianos sekalian save money buat hal yang berguna di waktu kedepannya. Hemat pangkal kaya bukan wkwkwk:).

Atur Pola Makanmu

Lazimnya kita semua tahu bahwa kesehatan adalah yang terpenting bagi kita semua, mau kemana saja dan mau melakukan apa saja kita perlu kondisi tubuh yang selalu dalam keadaan fit. Solusi bagi Impianos semua yaitu mengatur pola makan dengan baik serta makanlah dengan teratur. Disaat akan pergi ke kampus biasakan sarapan pagi meskipun dengan satu buah roti atau sedikit nasi, karena sarapan pun menjadi salah satu indikator kita bisa fokus menangkap pelajaran. Kemudian biasakan membawa bekal itung-itung menghemat pengeluaran juga kan eheheheh. Lalu kurangilah kebiasaan mengkonsumsi mie instan ya, karena sangat tidak baik jika seorang anak kostan mengatasi kelaparan dengan makan mie instan, atau menjadikan makan mie instan sebagai solusi agar tidak cepat menghabiskan uang dan bisa survive untuk beberapa waktu kedepan. Padahal tindakan tersebut adalah salah, banyak pihak kesehatan membuktikan bahwa keseringan mengkonsumsi mie dapat memicu banyak penyakit yang bersarang dalam tubuh kita.

Out of Comfort Zone

Well, temans Impiano. Mendengar kata “comfort zone” pastinya kita semua tahu bahwa zona nyaman adalah posisi dimana diri kita yang nyaman pada zonanya kita. Tetapi, kita sebagai mahasiswa rantau perlu mencoba hal-hal baru yang mungkin tidak kita rasakan sebelumnya, dan memang sudah seharusnya kita menciptakan sosok yang berkeingintahuan lebih. Maka, ikutilah organisasi atau komunitas yang positif dan sesuai dengan passionmu. Dari berorganisasi atau berkomunitas seperti demikian akan membuat jati diri kalian lebih terbuka dan mengenal dunia sosial, mempunyai banyak relasi dari berbagai fakultas atau kampus. Hal ini membuat kalian bisa mengenal banyak karakter orang dari berbagai suku, ras, dan daerah. Positifnya, lebih membawa pribadi kalian menjadi dewasa serta tidak menyia-nyiakan kekosongan waktu, sehingga disaat kalian sedang dalam kesusahan, sakit, keuangan menipis, atau butuh sesuatu disaat yang mendesak dan tentunya teman-teman kita inilah yang bisa membantu.

Temukan Roommate yang Sejiwa

Trik yang cemerlang bagi kalian sebagai mahasiswa rantauan adalah menemukan teman satu kamar yang pas dan bisa diandalkan agar lebih meringankan beban kalian untuk membayar uang kostan yang lumayan mahal. Selebihnya teman kamar kalian juga bisa menjadi salah satu tempat kalian mengadu atau berbagi jika kalian sedang bersedih atau banyak keluh kesah mengenai tugas kuliah yang tak kunjung berkesudahan, serta bisa menjadi orang pertama yang bisa diandalkan untuk  membantu kalian jika sedang sakit, dan menghibur kalian sedang pada titik jenuh kuliah. Percayalah Impianos semua, indahnya memiliki seorang sahabat hiyaaa:D.

“Sist, gua heran dah, napa yak dosen kaga bosen ngasih tugas:(“

“Ya begitulah dosen, dia mah bebas”

Up to Date Kegiatan di Kota Tempat Kalian Merantau

Tentunya kita menjadi mahasiswa sudah pasti mempunyai banyak relasi dengan akun official seputar informasi, event, beasiswa dan semacamnya. Maka, jangan sampai kalian melewatkan hal-hal yang mungkin bisa kalian ikuti misalnya lomba, event volunteer, beasiswa  dan masih banyak lagi. Jangan sampai kalian terlewatkan hal ini Impianos! Jika kalian ikut lomba dan memenangannya, maka kalian akan dapat hadiah dapat berupa uang pembinaan, sertifikat yang mana dapat menambah list prestasi dan uang kalian heheh:D. lumayan kan kalo jadi event hunter:).

Teruslah berproses menjadi sosok pribadi yang baik meskipun di perantauan, biarkanlah raga yang merantau membina diri menjadi bintang di tempat orang, lalu jiwa akan melambungkan sosok yang terpandang dimata orang. Percayalah Support System dari orang tua selalu membayangi setiap langkah kita, berada di tempat orang menimba ilmu tentunya untuk masa depan kelak.

Semoga informasi diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi kalian serta membantu kalian untuk survive di dunia perantauan. Semangat berproses temans Impiano!:).

27 Comments

  1. Rantau bukan cuman untuk menjadi pribadi yg kuat yaa tapi rantau juga bisa menjadi tempat kita untuk menemukan jati diri kita yang sebenarnya

  2. Btw saya mau kasih bulan bintang 5, eh ke klik bintang 1. Mohon maaf atas keteledoran saya mba. Soalnya saran dari mba sangat cukup bermanfaat bagi anak rantauan. Terimakasih atas ilmunya mba

  3. Merantau itu sebenarnya nggak sulit kalo di bekali dengan ilmu yang benar. Salah satunya info yang mba berikan. Thank for the knowledge

  4. cara buat yakinin orang tua kita itu butuh 2 hal dek. pertama, kamu bilang bahwa kamu ingin membentuk pribadi mandiri yang bisa membaur dengan orang-orang dari berbagai daerah, ras, suku dan adat, serta menemukan sosok diri kamu yang sebenarnya itu apa dan siapa?. Kedua, kamu yakinkan pada orangtuamu bahwasannya menuntut ilmu itu tak apa sejauh mungkin, dan tidak ada batasan anak cewek itu mau menempuh kuliah sejauh mana, semakin jauh kamu berkelana maka semakin banyak pula ilmu yang didapat. Banyak contoh dari pemudi Indonesia yang kuliahnya hingga jauh ke benua sebrang. seperti pepatahnya “tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina”. semoga bermanfaat dek. :)

Back to top button