Tips

Masih Labil Mau Jurusan Apa? Inilah Tips Sesuai dengan Passionmu

Hello fellas Impiano, yang bentar lagi akan bertamorfosa jadi mahasiswa. Pasti lagi sibuk-sibuknya mempersiapkan diri demi masuk kampus impian. Di fase ini memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, apalagi memilih jurusan bisa galau nih. Apa ya jurusan yang tepat buat gw? Terus gimana masa depan gw nantinya?

Hal wajar jika  pertanyaan-pertanyaan seperti itu muncul karena memilih jurusan tidak bisa disepelekan begitu saja ya fellas Impiano justru kamu harus memikirkan dengan matang dan memilih jurusan yang tepat dengan passionmu seperti memilih pasangan hidup wkwwk.

Jangan khawatir dan jangan galau fellas Impiano disini kami akan memberikan tips untuk kamu yang lagi di ujung kebimbangan memilih jurusan kuliah.

1.Kenali dulu Siapa Diri Kamu

Know your self, kalimat ini adalah jawaban bagi kamu yang masih bertanya tanya jurusan yang cocok untukmu. Karena yang mengerti tentang kamu adalah dirimu sendiri, jadi cobalah merenung dan pahami siapakah kamu sesungguhnya. Kamu bisa memulai dengan memikirkan kembali apa yang kamu suka, apa kelebihanmu, keahlian yang kamu miliki, dan karir seperti apa yang ingin kamu tekuni di masa depan.

2. Sesuaikan dengan Minat dan Bakat

Pilihlah jurusan yang benar-benar kamu inginkan dan sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki, karena bakat akan membentuk minat seseorang sehingga dapat mengetahui kemampuan seseorang. Di terima di jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat akan membuat kamu merasa nyaman untuk berkuliah, dan dari nyaman inilah kamu akan terbiasa bahkan akan berprestasi secara akademik dan non akademik. Tidak menutup kemungkinan selama kuliah kamu menjadi aktivis kampus yang akademis.

3. Jangan Ikut-ikutan Orang Lain

Untuk masalah memilih jurusan kuliah jangan pernah mengikuti orang lain. Kebanyakan calon mahasiswa memilih jurusan kuliah hanya karena temannya banyak mengambil jurusan itu, lalu kamu juga memilih jurusan itu dikampus yang sama berharap ada temen untuk tukar-menukar tugas. Mindset seperti inilah yang harus diluruskan dan diubah ya fellas Impiano, kalau gini terus kapan kamu berkembang dan mandiri. So keluarlah dari zona nyaman kamu. Banyak mahasiswa yang berprestasi tapi gagal menyelesaikan studinya. Hal ini disebabkan dari awal mereka hanya menuruti  keinginan orang tua atau temen. Sikap yang ikut-ikutan ini tidak akan bertahan lama.

4. Pilih Jurusan yang Dibutuhkan atau Bisa Masuk Banyak Bidang

Selain mencari jurusan yang peluang kerjanya banyak, kamu juga perlu mencari jurusan yang fleksibel untuk kerja di bidang apa saja. Misalnya jurusan Sistem Informasi setelah lulus nanti, kamu suka dunia coding kamu bisa jadi seorang programmer, atau kamu tidak terlalu ahli dalam bahasa pemrograman kamu bisa menjadi system analyst, jika kamu tidak suka keduanya kamu juga bisa terjun di dunia bisnis karena jurusan ini juga belajar tentang manajemen bisnis.

5. Cobalah Minta Pendapat Orang Terdekat

Kalau memang benar-benar nggak tahu mau jadi apa dan mau ambil jurusan apa, solusinya konsultasilah dengan orang terdekatmu. Mungkin saja kamu tidak bisa melihat passion dan bakatmu tapi mungkin orang lain bisa melihat itu dari dirimu. Berkonsultasi lah dengan orang tua karena biasanya pilihan orang tua adalah yang terbaik untuk anaknya, dan tidak ada salahnya minta pendapat dengan orang yang lebih mengerti.

Nah itulah sedikit tips yang bisa fellas Impiano coba untuk memilah jurusan yang cocok dengan kepribadian kamu.

Orang sukses adalah orang yang tahu impiannya dan juga tahu bagaimana cara mewujudkannya. Begitu juga dengan siswa yang akan memilih jurusan di perguruan tinggi harus mengerti apa yang menjadi keinginannya di masa depan.

Ingat yang terpenting adalah kenali dirimu sendiri. Jangan sampai nanti sudah diterima kuliah kamu malah menyesal dan merasa salah jurusan. Semoga informasi ini bisa membantu. Keep spirit pejuang PTN.

13 Comments

  1. Recommend dr kk ya kalo emg suka banget matematika, adek bisa coba cari tahu seputar jurusan matematika, teknik informatika, dan jurusan teknik lainnya dek. Semoga bermanfaat.

Back to top button