BeasiswaInfo Kampus

Mengenal Beasiswa PPA 2020: Persyaratan dan Cara Mendaftarnya

Siapa sih yang ngga mau dapat uang jajan pas kuliah? Kamu pastinya mau donk ya, apalagi uang tersebut juga lumayan besar. Selain bisa menghemat uang saku, dan uang dari orang tua bisa kamu manfaatkan untuk hal lain. Tapi kamu sudah cari info belum soal beasiswa ini? Beasiswa ini dikenal dengan sebutan PPA. Biar makin jelas mengenai beasiswa ini, yuk simak dengan baik infonya.

Pengertian Beasiswa PPA

PPA sendiri kepanjangan dari Peningkatan Prestasi Akademik. Beasiswa PPA ini merupakan sebuah beasiswa yang diberikan kepada Mahasiswa strata D3, D4, atau S1 yang memiliki Prestasi Akademik yang baik. Beasiswa PPA ini juga salah satu beasiswa yang populer dikampus, dan pendaftarnyapun tidak sedikit. Beasiswa ini tidak hanya terdapat di PTN saja, namun juga tersedia di PTS.

Kuota untuk beasiswa PPA ini juga besar, jadi kesempatan kamu untuk memperolehnya juga besar.

Kelebihan Beasiswa PPA

Beasiswa PPA ini akan diberikan mulai dari awal Januari- Desember. Dana yang dicairkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi , kepada penerima beasiswa PPA itu minimalnya sekitar 300.000/bulan.

Ketentuan Calon Penerima PPA

Ada beberapa ketentuan yang harus kamu ketahui, sebelum mengikuti beasiswa PPA ini:

  1. Calon penerima Beasiswa PPA, merupakan mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang juga mengelolah program beasiswa ini.
  2. Calon penerima Beasiswa PPA wajib terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti)
  3. Calon penerima Beasiswa PPA adalah mahasiswa aktif dalam jenjang pendidikan Sarjana atau Diploma

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa PPA

Jika kamu sudah memenuhi ketentuan diatas, kamu juga harus mengetahui beberapa persyaratan yang harus kamu siapkan sebelum mendaftar beasiswa PPA.

Persyaratan Umum Beasiswa PPA

Persyaratan umum untuk para calon pendaftar Beasiswa PPA:

  1. Merupakan Mahasiswa Aktif strata tingkat S1, D4 minimal sudah menempuh semester 2 dan maksimal pada semester 8.
  2. Sedangkan untuk Mahasiswa D3, minimal sudah menempuh semester 2 dan maksimal semster 4.

Mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan pendaftaran Beasiswa PPA di atas selanjutnya mengajukan permohonan tertulis kepada rektor, direktur, atau ketua pimpinan perguruan tinggi terkait untuk mendapatkan bantuan dengan melampirkan berkas-berkas berikut.

  1. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau dokumen lain yang sejenis sebagai bukti mahasiswa aktif
  2. Fotokopi rekening listrik bulan terakhir atau bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) orang tua atau wali
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  4. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain di lingkungan Kemendiknas yang diketahui oleh Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan
  5. Surat Rekomendasi dari pimpinan fakultas atau jurusan

Persyaratan Khusus Beasiswa PPA

Selain persyaratan umum, kamupun harus melampirkan beberapa persyaratan khusus:

  1. Menyiapkan fotokopi transkrip nilai, dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) minimal 3,00.
  2. Menyiapkan Surat keterangan penghasilan orang tua atau wali yang disahkan oleh pihak yang berwenang (untuk pegawai negeri atau swasta disahkan oleh bagian keuangan sedangkan untuk yang bukan pegawai negeri atau swasta disahkan oleh lurah atau kepala desa setempat)

Cara Pengajuan Beasiswa PPA

Mekanisme untuk jadwal dan cara pendaftaran Beasiswa PPA di setiap Perguruan Tinggi bisa berbeda-beda. Maka dari itu silakan kamu menghubungi fakultas dan bertanya terkait pelaksanaan beasiswa PPA di kampusmu. Sedangkan untuk kuota Beasiswa PPA untuk sebuah Perguruan Tinggi ditentukan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi.

Penetapan Calon Penerima Beasiswa PPA

Jika disebuah Perguruan Tinggi pendaftaranya melebihi kuota yang telah ditentukan oleh Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi. Maka pihak perguruan tinggi akan menyeleksi dan memprioritaskan pada mahasiswa berikut ini:

  1. Mahasiswa yang memiliki IPK paling tinggi
  2. Mahasiswa dengan SKS paling banyak dalam satu angkatan
  3. Mahasiswa yang memiliki prestasi ekstrakurikuler seperti penalaran, minat, atau bakat di tingkat nasional atau internasional
  4. Mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi

Demikianlah Informasi mengenai beasiswa PPA yang bisa kamu ikuti, lumayan loh dapat uang saku gratis.

Tags

Amelia Putri

Mahasiswa Manajemen UNPAD | Penulis Cerpen | Pada akhirnya menulis untuk menolong jiwa penulisnya sendiri dan menemukan apa yang terpendam dalam dirinya, sesuatu yang pernah ada namun telah menghilang karena waktu atau sesuatu yang telah lama ada namun tidak pernah dibangunkan.
Back to top button
Close