close

Rangkuman Biologi Kelas 10 Bab 8 Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah Rangkuman Materi Biologi Kelas 10 tentang Pemanasan Global dan Perubahan Iklim. Kami banyak membagikan rangkuman materi mata pelajaran dari kelas 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10 11, dan 12. Kami juga akan terus memperbaharui ringkasan untuk Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Silakan lihat Rangkuman Materi Biologi Kelas 10 Lengkap, untuk melihat semua materi yang telah kami rangkum.

Bab 8 Pemanasan Global dan Perubahan Iklim 

Dapatkan update rangkuman materi sekolah gratis dari Kampusimpian.com. Dengan bergabung di Grup Telegram “Rangkuman Materi Sekolah”, caranya klik link https://t.me/rangkumandansoal

Pemanasan Global adalah peningkatan suhu permukaan bumi dalam jangka panjang, yang telah diamati sejak periode pra-industri (1850-1900). Peningkatan suhu ini disebabkan oleh aktivitas manusia, terutama pembakaran bahan bakar fosil yang meningkatkan emisi gas rumah kaca (GRK). Emisi GRK menjebak panas matahari di atmosfer bumi. Sejak periode pra-industri, suhu rata-rata bumi telah naik lebih dari 1 derajat Celsius. Aktivitas manusia sejak tahun 1950-an telah mengakibatkan peningkatan suhu dengan kecepatan yang belum pernah terjadi dalam ribuan tahun.

Perubahan Iklim, di sisi lain, adalah perubahan jangka panjang dalam pola fenomena alam, termasuk iklim lokal, regional, dan global. Aktivitas manusia yang berlebihan juga berkontribusi terhadap perubahan iklim, terutama melalui emisi GRK akibat pembakaran bahan bakar fosil. Perubahan iklim mempengaruhi fenomena alam lain seperti El Nino, La Nina, dan variasi siklus alam lainnya. Hal ini juga mengakibatkan mencairnya es di kutub, kenaikan permukaan laut, dan perubahan cuaca ekstrem seperti angin topan, gelombang panas, kebakaran hutan, kekeringan, banjir, dan curah hujan yang meningkat dalam frekuensi dan intensitas.

Dampak Pemanasan Global

  1. Kebakaran Hutan: Kenaikan suhu udara dapat memicu kebakaran hutan, merusak ekosistem dan mencemari udara, air, dan tanah.
  2. Pencairan Es di Kutub: Peningkatan suhu udara dan air laut mengakibatkan lelehan es di kutub, menyebabkan kenaikan volume air laut.
  3. Wabah Penyakit: Suhu yang lebih tinggi melemahkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko penyakit menyebar dengan cepat.
  4. Kabut Asap: Pemanasan global bisa menyebabkan kekeringan dan kebakaran hutan, menghasilkan kabut asap yang berdampak pada kesehatan manusia.
  5. Krisis Air Bersih: Peningkatan suhu mengakibatkan penguapan air bawah tanah dan kontaminasi, menyebabkan krisis air bersih.
  6. Kenaikan Permukaan Air Laut: Pencairan es di kutub menyebabkan naiknya permukaan air laut, mengancam wilayah pesisir dengan risiko banjir.
  7. Peningkatan Suhu Air Laut: Pemanasan global memengaruhi suhu air laut, mengganggu ekosistem laut dan spesies yang hidup di dalamnya.
  8. Kerusakan Terumbu Karang: Pemanasan global merusak terumbu karang karena perubahan suhu dan tingkat keasaman air laut.

Penyebab Pemanasan Global

  1. Penebangan Hutan: Penebangan hutan untuk pertanian, peternakan, perumahan, dan industri mengurangi kemampuan hutan menyerap karbon.
  2. Emisi Kendaraan Bermotor: Emisi gas dari kendaraan bermotor, terutama transportasi umum, menyumbang besar terhadap pemanasan global.
  3. Limbah Industri dan Rumah Tangga: Limbah industri dan rumah tangga termasuk sumber signifikan emisi gas rumah kaca.
  4. Pemanasan dari Industri: Proses industri menghasilkan emisi yang berkontribusi pada pemanasan global.

Upaya Mengatasi Pemanasan Global

  1. Transportasi Berkelanjutan: Menggunakan transportasi umum dan sepeda, serta mengurangi penggunaan kendaraan pribadi.
  2. Minimalkan Penggunaan CFC: Hindari penggunaan peralatan yang mengandung senyawa CFC.
  3. Hemat Energi: Matikan perangkat elektronik yang tidak digunakan dan gunakan perangkat hemat energi.
  4. Kurangi Penggunaan Kertas dan Tissue: Kurangi penggunaan kertas dan tissue untuk mengurangi tekanan pada hutan.
  5. Reuse, Recycle: Gunakan kembali barang, daur ulang sampah, dan gunakan produk ramah lingkungan.
  6. Pola Makan Vegetarian: Menjadi vegetarian atau mengurangi konsumsi daging dan produk susu.
  7. Menanam Pohon (Reboisasi): Menanam pohon untuk menyerap karbon di udara dan mencegah banjir.
  8. Kampanye Lingkungan: Edukasi dan kampanye tentang perubahan iklim dan pelestarian alam.

Aksi Bersama: Dengan melibatkan diri dan mengadopsi tindakan-tindakan kecil ini, setiap individu dapat turut berkontribusi dalam mengatasi pemanasan global dan melindungi lingkungan bumi.

Download PDF

Rangkuman Biologi Kelas 10 Bab 8 Pemanasan Global dan Perubahan Iklim.pdf
Kampusimpian.com File Size 217 KB
Jika tidak terdownload otomatis silahkan klik Download Ulang. Dan jika link rusak silahkan lapor melalui halaman Contact Us.

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!