Rata Rata Nilai Lolos SNMPTN

Rata Rata Nilai Raport Untuk Lolos SNMPTN 2022/2023

Diposting pada

Rata Rata Nilai Raport | Nilai Minimal Raport Lolos PTN | Nilai Ideal Raport Masuk Kampus | Cara Menghitung Nilai Raport

Berapa sih nilai raport paling aman untuk dapat diterima di ptn tahun ini? Kamu yang sedang membaca artikel ini, kita yakin sedang berjuang untuk bisa diterima di Kampus Impian. Beruntung banget kamu yang sedang membaca ini, karena ini akan sangat bermanfaat banget untuk kamu yang ingin memiliki peluang besar untuk lolos di snmptn.

Baca Juga: Rata Rata Nilai UTBK Untuk Lolos SBMPTN

Sebelum melangkah lebih jauh, kita ingin ingetin kalian untuk tidak terlalu bangga dengan nilai raport tinggi yang kalian miliki. Kenapa demikian? Karena di di jalur s ini nilai snmptn aport bukan menjadi satu-satunya yang menjadi indikator penilaian snmptn. Namun ada beberapa hal lain yang juga berpengaruh besar terhadap kelolosan kamu, untuk itu kamu wajib mengetahuinya.

Kriteria Penilaian SNMPTN Terbaru

Ayo kita lihat beberapa indikator yang memiliki pengaruh besar dalam kelulusan snmptn. Kita merangkum 3 indikator penting, yang memiliki peranan sangat besar untuk lulus di ptn (perguruan tinggi negeri) yang kamu tuju. Ini dia tiga faktor utama yang menjadi penilaian di snmptn tahun ini:

NoIndikator PenilaianKeterangan
1Nilai RaportRata-rata nilai, konsistensi nilai
2Prestasi LainInternasional, Nasional, Provinsi,
Kabupaten/Kota, atau tidak ada.
3Track Record AlumniPersebaran Alumni di PTN
indikator penilaian snmptn

Rata-Rata Nilai Raport Diterima SNMPTN

Dari hasil survei yang dilakukan, diperolehlah sebuah Nilai keseluruhan Mata Pelajaran siswa (Interval Nilai) dan Banyak siswa yang memperoleh nilai tersebut (Frekuensi siswa). Berikut ini kita sajikan dalam bentuk tabel:

interval nilai dan frekuensi nila raport snmptn

Berdasarkan data tersebut, maka banyak siswa yang lolos di snmptn adalah dominasi siswa yang memiliki nilai semester 1 dengan interval 80-85 dan semester 5 dengan interval 85-90. Kemudian dari data tabel diatas, dicari nilai rata-rata keseluruhan atau mean nya.

Rata-rata Nilai

Dari tabel diatas, diperolehlah grafik berikut ini.

Grafik dari rata-rata nilai

Dari data siswa diatas yang banyak lolos di snmptn, ialah siswa yang memiliki nilai rata-rata meningkat tiap semesternya mulai dari semester 1,2,3,4 hingga 5. Berikut ini hasil survei mengenai kosisten atau tidaknya nilai yang diperoleh.

Konsistensi Nilai Raport

Berikut ini hasil survei mengenai kosistensi nilai dari siswa yang lolos di snmptn

PresentaseKeterangan
72 %Nilai yang Konsisten Naik, namun ada
1 atau 2 yang tetap atau turun
12 % Nilai banyak naik turun lebih dari 3 poin
9 % Nilai Semua Mapel Selalu konsisten naik
7% Nilai Cenderung tetap itu-itu saja

Peranan Prestasi

Prestasi juga memiliki peran penting, dalam mempengaruhi lolos di SNMPTN. Namun hasil survei yang dilakukan angka, siswa yang lolos tanpa mencatumkan piagam prestasi lebih besar dibanding yang mencatumkan prestasi.

PresentaseKeterangan
60%Tidak Menyatumkan Piagam Prestasi
40%Menyatumkan Piagam Prestasi

Kenapa demikian? Karena Nilaimu sebenarnya sudah cukup bagi PTN untuk menentukan kamu lolos atau tidak di SNMPTN, terutama yang sekolahnya memiliki Track Record bagus. Namun bagi kamu yang berasal dari sekolah yang track recordnya, sedang atau biasa. Prestasi tetap memiliki peranan penting, karena dari sana dapat dinilai meskipun kamu dari sekolah yang biasa-biasa saja namun kamu memiliki prestasi yang tidak kalah saing.

Hal ini juga bisa meningkatkan Reputasi, dan track record dari sekolahmu. Semakin tinggi nilai sertifikat yang kamu lampirkan, maka semakin tinggi juga nilai plus yang kamu dapatkan. Sebenarnya prestasi disini bertujuan untuk menunjukan nilai beda antara kamu, dengan siswa lain yang juga mengikuti SNMPTN. Namun tetap berjuang, dan selalu semangat.

Cara Menghitung Nilai Raport

Bagaimana langkah-langkah menghitung nilai raport yang kamu miliki? Caranya sangat mudah sekali. Kamu cukup menjumlahkan seluruh nilai raport kamu dari tiap semester / dengan semester 5. Contohnya seperti ini:

Kamu memiliki nilai raport: 90+93+94+93+91= 461/5= 92,2 maka dari perhitungan tersebut kamu mendapatkan bahwa nilai rata-rata raport kamu adalah 92,2.

Mata Pelajaran yang Dinilai di SNMPTN

Penyeleksian nilai raport ini dimulai dari semester 1 hingga semester 5, dengan mata pelajaran yang akan dinilai diantarnya:

  1. Jurusan IPA: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Kimia, dan Biologi
  2. Jurusan IPS: Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.

Daftar Nilai Raport PTN di Indonesia

Disini kita juga akan memberikan data nilai raport untuk setiap ptn. Kamu juga dapat memilih ptn mana yang ingin kamu lihat nilai raportnya. Nilai raport ini adalah hasil dari survei + gabungan dengan hasil perhitungan matematis.

Nilai Raport Kampus Pilihan 1

Nilai Raport Kampus Pilihan 2

Nilai Raport Kampus Pilihan 3

Nilai Raport Kampus Pilihan 4

Sebenarnya masih banyak lagi nilai raport kampus ptn yang dapat kamu cek. Untuk lebih lengkapnya kamu dapat melihat Kumpulan Nilai Raport PTN.

Kesimpulan

Jadi nilai raport yang ideal untuk lolos di snmptn tahun ini adalah nilai raport yang selalu meningkat tiap tahunnya, dengan rata minimal:

  • Semester 1= 82,2 atau lebih
  • Semester 2= 83,31 atau lebih
  • Semester 3= 84,81 atau lebih
  • Semester 4= 85,96 atau lebih
  • Semester 5= 87,47 atau lebih

Dengan catatan kamu harus menelusuri indeks sekolah + track record alumni kamu di kampus yang kamu tuju. Agar dapat memaksimalkan peluang untuk lolos di snmptn.

3 komentar

  1. Semoga yang akan melanjutkan kuliah akan dimudahkan oleh ALLAH sesuai Universitas yang di niati Aamiin….

Komentar ditutup.