Info Kampus
Trending

Rata Rata Nilai UTBK Untuk Lolos SBMPTN 2021/2022

Hay pejuang kampus, semangat donk yang sekarang masih berjuang untuk masuk kampus impian. Emang sekarang ini waktunya itu masih bikin deg-degan, terutama untuk kamu yang sekarang sedang mengikuti seleksi masuk PTN.

Kami yakin kamu yang sedang membaca artikel ini, juga sedang menyiapkan untuk persiapan menghadapi SBMPTN. SNMPTN bukan satu-satunya jalur untuk masuk Universitas Favorit. Kamu masih berkesempatan untuk masuk ke kampus impian kamu lewat jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi).

Apalagi jika kamu mengetahui kuota untuk SBMPTN ini benar-benar besar dibandingkan dengan jalur SNMPTN dan Mandiri. Jadi peluang kamu untuk lolos di SBMPTN ini, juga besar. Asalkan ya memang persiapan kamu udah benar-benar baik. Keberuntungan itu memang ada, namun keberuntungan itu akan lebih dekat dengan orang-orang yang memiliki usaha yang lebih untuk impiannya. Sekarang yang menjadi pertanyaannya, apakah kamu sudah menyiapkan semuanya dengan baik?

Sebagai motivasi kamu diawal, bayangin jika kamu masuk ke kampusimpian. Pasti yang pertama orang tuamu akan bangga banget, termasuk orang-orang disekitar kamu, dan juga diri kamu tentunya. Ingat ini baru awal perjalanan kamu loh, masih banyak banget yang harus kamu lakuin. Dan yang harus selalu kamu ingat, bahwa orang-orang diluar sana juga berusaha dengan keras juga untuk masuk PTN. Dan saingan kamu ngga cuman 1 atau 2 orang saja, namun saat kamu mau masuk di salah satu PTN itu saingan kamu bisa berpuluh ribu orang.

Baik kita lanjut, ke pertanyaan berapa sih k nilai UTBK yang aman untuk lolos SBMPTN tahun ini? Banyak banget yang bertanya soal ini, dan disini kami dari tim kampusimpian menjawab dari pertanyaan tersebut.

Ketahui dulu Daya Tampung SBMPTN 2020

Jadi di SBMPTN tahun ini itu nggak cuman bicara tetang, nilai UTBK yang tinggi. Namun yang nggak kalah penting adalah seberapa besar sih peluang kamu bisa lolos di program studi yang kamu ambil di PTN tersebut.

Namun sebelum itu disini kita akan ngelihat kembali data SBMPTN tahun 2019. Dimana daya tampung (kuota) SBMPTN tahun 2019, itu sebesar 161.618 kursi. Ini akumalasi keseluruhan semua kursi PTN di Idonesia. Dengan pembagian sebagai berikut:

Program StudiDaya Tampung (Kursi)
Saintek  81.362
Soshum 80.256

Sebelumnya untuk peminat SBMPTN tahun 2018 itu sebagai berikut:

Program Studi Jumlah Peminat (Peserta)
Saintek 444.754
Soshum 448.750

Akan tetapi setiap tahunnya, terjadi peningkatan jumlah peserta SBMPTN sebesar  8% – 10%. Maka diperkirakan tahun 2019 lalu, Peminat untuk SBMPTN ini meningkat menjadi:

Program Studi Jumlah Peminat (Peserta)
Saintek  493.629 
Soshum 493.625

Jadi hasil prediksi pada tahun 2019 lalu untuk peserta SBMPTN itu mencapai 900 ribu – 1 juta peserta.

Rekapitulasi Nilai UTBK

Tahun 2019 lalu hasil UTBK dikeluarkan pada 13 & 14 April 2019. Berikut ini hasil sebaran nilai dari peserta. Contoh yang diambil ini adalah rekapitulasi nilai untuk Soshum seperti berikut ini.

Rekapitulasi Nilai UTBK Soshum 2019

Dari data tabel diatas mari kita terfokus pada Q3. Pada tahun 2019 kemarin diprediksi peserta SBMPTN itu 900 ribu – 1 juta . Namun misalkan saja sampel yang kita ambil kali ini adalah 900 ribu dengan daya tampung 161.618 kursi. Untuk Q3, dari peserta 900 ribu yaitu ada 75% peserta di bawah Q3 dan 25% ada di atas Q3.

  • <Q3 = 75% * 900.000 =  675.000
  • >Q3 = 25% * 900.000 = 225.000

Jadi yang memiliki peluang besar untuk lolos di SBMPTN, adalah peserta yang memiliki nilai diatas Q3.

Mengetahui Nilai diatas Q3

Untuk mengetahui apakah nilai UTBK kamu berada pada Q3 atau tidak, bisa menggunakan perhitungan dengan mengakumulasikan rata-rata nilai TPS dan TPA.

Seperti dari data tabel Q3 diatas, maka dapat dihitung seperti ini.

(550 + 554 + 563 + 559 + 562 + 548 + 562 + 567 + 569 )/9 = 559,333 (dibulatkan menjadi 560).

Jika dari akumulasi tersebut nilai kamu berada diatas 560 maka kamu sudah berada di Q3.

Apakah jika saya memperoleh nilai dengan kategori Q3 bisa menjamin saya lolos di SBMPTN?

Jawabannya tentu tidak. Kenapa demikian? Coba kita perhatikan lagi.

  • Daya tampung SBMPTN 2019 = 161.618 kursi
  • Peminat yang ada dari Q3 ke atas adalah = 225.000 peserta

Artinya peserta yang berada di Q3 lebih banyak dibanding dengan daya tampung yang ada. Jadi hanya 71,8% dari Q3 yang berpeluang untuk masuk di SBMPTN 2019.

Nilai Aman SBMPTN 2021

Ininih yang paling penting banget, yang udah kamu tungguh pastinya yaitu mengenai nilai paling aman untuk SBMPTN tahun ini. Nilai aman untuk utbk yang harus kamu dapatkan adalah 655 ke atas, atau jika dibuat rentang maka nilai rata – rata yang perlu kamu dapatkan berada pada 650 – 700.

Namun untuk kamu yang nantinya mendapat nilai dari 560 – 650, juga masih berpeluang untuk lolos SBMPTN. Namun disini kamu harus pinter dalam memilih jurusan, jangan memilih jurusan terlalu favorit. Dan perhatikan juga daya tampung di jurusan yang kamu ambil, apakah memiliki daya tampung yang besar. Dan juga jika nilaimu tidak terlalu tinggi jangan, sembarangan memilih PTN.

Daftar Nilai UTBK PTN

Silakan pilih PTN Favorit Kamu yang ingin dilihat Nilai UTBKnya:

Sebagai catatan bahwa data nilai ini hanya hasil survei kepada peserta yang mengikuti UTBK SBMPTN tahun sebelumnya. Semoga pembahasan kali ini, cukup membantu kamu dalam mempersiapkan mengikuti SBMPTN di tahun 2020.

Silakan gunakan dengan baik informasi ini ya. Kami Yakin ko, kamu bisa masuk kampus impian.

Semangat wahai pejuang kampus!!!

Back to top button
error: