JurusanProspek Kerja

10 Prospek Kerja Lulusan Teknik Lingkungan Beserta Gajinya

Kamu memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan? Kalau iya, kamu wajib masuk jurusan Teknik Lingkungan. Ya jurusan Teknik Lingkungan memang tidak sefamiliar jurusan teknik lainnya, namun bukan berarti jurusan ini tidak keren. Para lulusannya juga punya kesempatan memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

Teknik Lingkungan merupakan bidang keilmuan yang mempelajari apa saja tindakan yang dapat dilakukan untuk menyelamatkan lingkungan hidup yang terdiri dari air, tanah, udara, dan kesehatan lingkungan melalui pendekatan rekayasa teknik.

Di jurusan ini kamu akan mempelajari ilmu tentang rekayasa air minum, seperti sistem penyediaan air minum dan perencanaan bangunan pengolahan air minum. Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan ilmu tentang pengelolaan kesehatan lingkungan yang mempelajari epidemiologi, kesehatan dan keselamatan kerja.

Berikut sepuluh prospek kerja jurusan teknik lingkungan yang bisa kamu tekuni salah satunya sesuai passion kamu.

1. Environmental Manager

Menjadi manajer? Wah kedengarannya keren tuh. Ya prospek kerja yang pertama yaitu kamu bisa menjadi seorang manager lingkungan. Enviromental manager ini bertanggung jawab untuk mengawasi kinerja lingkungan dari perusahaan atau organisasi. Beberapa tugas dari profesi ini seperti mengembangkan dan menerapkan strategi lingkungan untuk memastikan pembangunan perusahaan ke depannya. Selain itu, posisi ini juga memimpin semua aspek yang berkaitan dengan lingkungan.

Gaji yang ditawarkan sudah pasti tidak sedikit, kamu akan dibayar mulai dari 5 juta rupiah hingga 7 juta rupiah per bulan.

2. Konsultan Lingkungan

Prospek kerja teknik lingkungan selanjutnya adalah menjadi konsultan lingkungan. Kamu dapat bekerja sebagai konsultan lingkungan untuk perusahaan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuka jasa konsultasi lingkungan sendiri loh. Kebanyakan pengguna jasa konsultan lingkungan adalah lembaga pemerintahan dan berbagai organisasi yang membutuhkan bantuan menyelesaikan isu lingkungan.

Tugas dari profesi ini adalah menentukan tingkat kontaminasi di lingkungan air, udara, dan juga tanah berbasis pada penelitian. Setelah itu, seorang konsultan lingkungan harus mengidentifikasi apakah sumber kontaminasi tersebut akan berbahaya bagi manusia dan lingkungan.

Gaji yang akan kamu peroleh dengan berprofesi menjadi konsultan lingkungan adalah 5 juta rupiah hingga 9 juta rupiah per bulan.

3. Water Project Manager

Kamu bisa berkarir sebagai water project manager, yang mana merupakan salah satu prospek kerja teknik lingkungan yang cukup menjanjikan loh. Bagaimana tidak, air merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang dalam kehidupan sehari-hari. Profesi ini akan bertugas untuk memastikan air bersih, tanpa tercemar apa pun, sebelum mengirimkannya ke suatu wilayah.

Gaji yang akan kamu dapatkan dengan profesi ini adalah mulai dari 5 juta rupiah per bulan dan akan terus bertambah sesuai pengalaman dan lama kamu bekerja.

4. Petugas Daur Ulang

Prospek kerja selanjutnya untuk jurusan teknik lingkungan adalah petugas daur ulang. Dengan menekuni pekerjaan ini sama saja kamu peduli terhadap lingkungan sekitar. Petugas daur ulang biasanya mengembangkan kebijakan pengurangan limbah dengan cara melakukan program daur ulang. Biasanya, posisi ini bekerja untuk pemerintah daerah seperti kecamatan hingga kabupaten.

Petugas daur ulang dinilai menjadi posisi yang sangat penting dalam beberapa tahun mendatang karena meningkatnya limbah dari industri ataupun rumah. Sebab itulah kamu akan di gaji mulai dari 4 juta rupiah dan akan terus meningkat.

5. Petugas Konservasi Lingkungan

Jika kamu ingin menjadi seorang pecinta lingkungan dan ingin mengajak banyak orang untuk mencintai dan melindungi lingkungan, cobalah tekuni profesi ini. Dengan berprofesi sebagai konservasi lingkungan kamu akan bertanggung jawab untuk melindungi dan mengelola suatu lingkungan. Selain itu, kamu juga membantu meningkatkan kesadaran dan pemahaman orang-orang tentang lingkungan alam. Sebagai seorang petugas konservasi alam, kamu mungkin akan dituntut untuk bekerja di lapangan, dan itu akan membutuhkan komunikasi yang baik serta kepercayaan diri yang tinggi.

Gaji yang akan kamu peroleh dari profesi ini yaitu sekitar 3 juta rupiah sampai 5 juta rupiah per bulan.

6. Senior Environmental Engineer

Profesi yang satu ini juga cocok ditekuni bagi kamu yang mencintai lingkungan. Salah satu fokus dari seorang senior environmental engineer adalah menerapkan perlindungan lingkungan dengan mengurangi polusi dan limbah. Dengan mengoptimalkan sumber daya alam yang tersedia, kamu akan terus merancang dan melakukan pembaruan teknologi untuk mengurangi polusi dan limbah agar lingkungan tetap sehat.

Gaji yang aditawarkan tentunya sangat besar yaitu sekitar 15 juta per bulan dan bahkan bisa mencapai puluhan juta per bulan.

7. Dosen

Lulusan teknik lingkungan juga bisa menjadi dosen, kamu tinggal lanjut ke jenjang pendidikan magister. Apalagi kamu mempunyai minat untuk berbagi ilmu pengetahuan, tidak ada salahnya untuk mencoba jadi dosen. Jurusan teknik lingkungan banyak diminati oleh calon mahasiswa, hampir semua universitas terkemuka di Indonesia menyediakan program studi teknik lingkungan.

Gaji yang ditawarkan jika menjadi dosen tentu terbilang besar, rata-rata gaji yang didapatkan dosen yaitu sekitar 5 juta rupiah per bulan.

8. Instansi Pemerintah

Prospek kerja berikutnya kamu bisa bekerja di instansi pemerintah. Nantinya kamu dapat bekerja sebagai tim ahli lingkungan hidup di departemen teknis maupun non teknis seperti PU serta bekerja di ESDM dan masih banyak lainnya.

Gaji yang akan kamu terima dengan bekerja di instansi pemerintah ini sangat beragam mulai dari 3 juta rupiah sampai belasan juta rupiah per bulan.

9. Industri

Kamu juga bisa memilih berkarir di industri loh. Hampir semua industri membutuhkan kompetensi lulusan teknik lingkungan, yaitu pada bagian Safety Health & Environment terutama sebagai manager, misalnya pada industri migas dan pertambangan, dan industri mak-min, serta  masih banyak industri lainnya.

Gaji yang akan kamu terima dengan bekerja di industri yaitu sekitar 5 juta rupiah hingga 7 juta rupiah per bulan.

10. Wiraswasta

Bukan tidak mungkin kamu juga bisa berprofesi menjadi wiraswasta. Kamu dapat memasuki sektor wiraswasta, seperti memulai usaha pemanfaatan sampah yang bernilai ekonomis, daur ulang limbah padat dan cair, atau menjual produk-produk hasil penelitian sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Gaji yang akan kamu peroleh dengan profesi ini sangat beragam sesuai dengan seberapa besar usaha yang kamu kembangkan.

Itulah sepuluh prospek kerja dari jurusan teknik lingkungan yang bisa kamu jadikan sebagai acuan ke depannya. Bagi kamu yang masih ragu masuk jurusan teknik lingkungan, semoga setelah membaca artikel ini kamu semakin yakin dan memantapkan pilihanmu.

Back to top button