JurusanProspek Kerja

10 Prospek Kerja Lulusan Teknik Perminyakan Beserta Gajinya

Jurusan Teknik Perminyakan sangat dilirik karena para lulusannya memiliki peluang kerja yang menjanjikan, serta jurusan ini juga menawarkan gaji yang sangat tinggi loh. Mengingat Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki cadangan minyak terbesar di dunia maka bisa dipastikan kamu akan punya masa depan yang cerah. Maka tidak heran jika jurusan teknik perminyakan ini dijadikan sebagai sarana mencari jurusan di perguruan tinggi.

Teknik perminyakan adalah sebuah cabang ilmu yang berfokus dalam mempelajari pengelolaan sumber daya alam yaitu minyak dan gas bumi. Jurusan ini adalah suatu ilmu lanjutan dari Teknik Pertambangan dan geologi. Jurusan Teknik Perminyakan memberikan pelajaran dan pemahaman kepada mahasiswa mengenai pengelolaan jenis sumber daya alam mulai dari proses eksplorasi, eksploitasi serta analisa keekonomian dan regulasi melalui penerapan ilmu matematika, fisika, kimia dan geologi yang diterapkan dalam industri minyak dan gas bumi.

Sebenarnya teknik perminyakan sendiri mirip dengan teknik pertambangan. Hanya saja yang membedakannya teknik pertambangan mempelajari bagaimana menambang benda padat seperti logam, batubara atau bahan galian lainnya, sedangkan teknik perminyakan justru mempelajari bagaimana menambang fluida berbentuk cairan dan gas.

Berikut beberapa profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan jurusan teknik perminyakan.

1. Insinyur Pengeboran

Prospek kerja pertama yang bisa kamu pilih yaitu menjadi seorang insinyur pengeboran. Suatu operasi pengeboran dapat memakan biaya yang sangat tinggi. Oleh karena itu, penting untuk menentukan cara terbaik dan paling ekonomis. Insinyur bekerjasama dengan kontraktor pengeboran untuk mengkonfirmasi lokasi dan merancang prosedur yang paling efisien dan efektif untuk menyelesaikan tugas mereka.

Tentunya profesi ini akan menawarkan gaji yang sangat tinggi sekitar 4 juta rupiah hingga 9,1 juta per bulan pada awal pekerjaan.

2. Ahli Teknik Energi

Prospek kerja berikutnya kamu bisa menjadi ahli teknik energi. Profesi ini kamu akan merancang, mengembangkan, mengevaluasi proyek atau program yang berhubungan dengan energi untuk mengurangi biaya energi atau meningkatkan efisiensi energi selama perancangan, pembangunan, atau tahap renovasi konstruksi.

Gaji yang bisa kamu dapatkan sangat tinggi yaitu sekitar 4,1 juta rupiah hingga 7,5 juta rupiah per bulan.

3. Insinyur Fasilitas

Profesi berikutnya kamu bisa menjadi Insinyur fasilitas. Seorang insinyur fasilitas akan memisahkan, memproses serta mengangkut minyak dan gas alam setelah dibawa ke permukaan. Kamu juga akan merancang dan membangun jaringan pipa untuk memindahkan minyak dari letak bor sampai ke titik penjualan.

Gaji yang akan kamu dapatkan dengan profesi ini yaitu sekitar 3 juta rupiah hingga 7 juta rupiah per bulan.

4. Safety Engineer

Menjadi Safety Engineer kamu akan bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan orang-orang yang bekerja di sekitar pertambangan minyak dan gas. Mereka mempelajari peraturan keselamatan dan memastikan semua proses berjalan sesuai dengan peraturan yang ditetapkan dan didokumentasikan dengan baik.

Rata-rata gaji yang akan kamu terima dengan profesi menjadi safety engineer sekitar 3,5 juta rupiah hingga 7 juta rupiah per bulan. Jika sudah bekerja bertahun-tahun maka kamu bisa mendapatkan gaji belasan juta.

5. Insinyur Reservoir

Opsi peluang kerja berikutnya adalah menjadi seorang insinyur reservoir. Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari sumber minyak, perusahaan harus membawa minyak sebanyak mungkin ke permukaan. Reservoir engineer bekerjasama dengan insinyur produksi untuk meneliti distribusi cairan dan tekanan di lapangan guna mencapai hasil yang maksimal. Sebagai insinyur reservoir, kamu juga akan melakukan studi untuk menentukan rencana pengembangan reservoir gas dan minyak.

Gaji rata-rata yang ditawarkan profesi menjadi seorang insinyur reservoir sekitar 4 juta rupiah hingga 9 juta rupiah per bulan.

6. Insinyur Produksi Minyak

Prospek kerja selanjutnya yang tak kalah menarik adalah insinyur produksi minyak. Setelah sumur minyak telah dibor, insinyur produksi harus menentukan cara terbaik untuk membawa minyak ke permukaan. Sebagai seorang insinyur produksi, kamu akan mengevaluasi metode pengangkatan buatan dan mengembangkan sistem peralatan permukaan untuk memisahkan air, minyak, dan gas.

Gaji yang bisa kamu dapatkan dari profesi menajdi insinyur produksi minyak tentunya sangat besar yaitu bisa mencapai belasan juta.

7. Ahli Geologi

Kamu juga bisa menjadi ahli geologi tanpa harus masuk jurusan geologi. Dengan profesi ini kamu akan mencari minyak mentah dan gas alam dengan mempelajari formasi batuan dan potongan dari situs pengeboran. Kamu dapat menganalisis data dari survei geologi, peta lapangan, dan studi seismik untuk membantu mengidentifikasi sumber.

Gaji yang akan kamu dapatkan sebagai ahli geologi yaitu rata-rata sekitar 6 juta rupiah per bulan.

8. Ahli Geofisika

Tidak hanya ahli geologi, kamu juga bisa menjadi ahli geofisika. Kamu tentu sudah mempelajari komposisi eksternal dan internal bumi. Kamu juga akan meneliti tanah dan air di permukaan, atmosfer, serta medan magnet dan gravitasi. Sebab seorang ahli fisika akan mampu menggabungkan prinsip-prinsip matematika, fisika, dan kimia, kemudian dibantu oleh  komputer tiga dimensi untuk mencari cadangan minyak dan gas.

Gaji yang kamu peroleh dengan menekuni profesi ahli geofisika sekitar 4,3 juta hingga belasan juta per bulan.

9. Well log Analyst

Berprofesi sebagai well log analyst merupakan prospek kerja yang bisa kamu pilih setelah lulus nanti. Well-log analyst bertanggung jawab untuk mendapatkan sampel inti dan menganalisa potensi dari sampel tersebut. Analis harus menggunakan peralatan canggih, seperti elektronik, nuklir, dan alat-alat akustik. Kamu akan bertugas untuk menafsirkan data yang diperoleh menjadi rekomendasi yang bermakna.

Dengan profesi ini kamu akan dibayar dengan gaji sekitar 4 juta rupiah hingga 8 juta rupiah per bulan.

10. Energy Economist

Profesi ini menganalisa kondisi bisnis dan mengembangkan strategi keuangan yang sangat penting untuk keberhasilan suatu perusahaan. Untuk itulah, pemahaman tentang keuangan dan industri minyak bumi sangat penting.

Gaji yang akan kamu peroleh dengan profesi ini yaitu sekitar 4,3 juta rupiah hingga 6 juta rupiah per bulan.

Itulah beberapa prospek kerja lulusan teknik perminyakan yang bisa kamu pilih untuk menunjang hidup yang menjanjikan dimasa depan, didukung degan negara kita yang kaya akan sumber daya minyak bumi. Tak aneh jika kuliah jurusan perminyakan disebut juga jurusan yang sangat mahal.

Back to top button