JurusanProspek Kerja

10 Prospek Kerja Lulusan Teknik Pertambangan Beserta Gajinya

Kamu tertarik masuk jurusan Teknik Pertambangan, tapi masih bingung mau jadi apa setelah lulus nanti? Tenang Jurusan Teknik Pertambangan di Indonesia merupakan industri yang sangat menjanjikan, didukung dengan Indonesia sebagai salah satu negara yang sangat kaya akan sumber daya alam. Lulusan Teknik Pertambangan akan memiliki peluang karir yang luas di industri pertambangan, apalagi gaji yang ditawarkan sangat menggiurkan yang membuat kamu nggak akan mikir dua kali untuk masuk jurusan Teknik Pertambangan ini. Bahkan, perusahaan dengan gaji tertinggi di Indonesia saat ini berasal dari industri pertambangan. Yakin deh masa depan kamu pasti akan terjamin.

Sebelum membahas prospek kerja apa yang bisa kamu tekuni setelah lulus, kita bahas sedikit apa sih jurusan Teknik Pertambangan itu? Teknik Pertambangan sendiri merupakan bidang ilmu yang mempelajari proses penambangan mineral dan batubara. Teknik pertambangan adalah disiplin teknik yang menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menghasilkan mineral dari bumi. Teknik pertambangan dikaitkan dengan banyak disiplin ilmu lainnya, seperti geologi, pengolahan mineral dan metalurgi, serta rekayasa geoteknik dan survei. Sebagai seorang insinyur pertambangan kamu dapat menjalankan setiap tahap operasi penambangan.

Berikut beberapa prospek kerja yang menjanjikan dengan gaji yang nggak main-main yang bisa kamu pilih untuk meniti karir setelah lulus.

1. Industri Minyak dan Gas Bumi

Prospek kerja yang pertama yaitu kamu bisa berkarir di industri minyak dan gas bumi. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak orang yang tertarik dengan jurusan ini karena faktor gaji yang sangat tinggi. Industri minyak dan gas bumi di Indonesia memang tidak dapat dipandang sebelah mata, beberapa perusahaan besar seperti PGN, British Petroleum, PT. Pertamina, Schlumberger, Chevron, dan lain-lain menjadi perusahaan dengan peminat yang besar. Teknik Pertambangan memiliki peran yang cukup penting dalam ranah industri migas yaitu eksplorasi.

Gaji yang akan kamu terima untuk pekerja Migas ini yang baru masuk rata-rata sekitar 7 juta rupiah per bulan. Nggak kebayang kalau kamu sudah bekerja bertahun-tahun kamu akan menerima gaji puluhan bahkan ratusan juta.

2. Teknisi Laboratorium

Prospek kerja selanjutnya kamu bisa menjadi seorang teknisi laboratorium. Berkarir sebagai teknisi laboratorium mempunyai tugas seperti menyediakan semua kebutuhan teknis yang dibutuhkan laboratorium untuk bekerja. Tidak hanya itu, teknisi laboratorium juga bertugas menerapkan prosedur keamanan dan juga kesehatan. Profesi ini memegang peranan penting dalam tahapan riset dan pengembangan.

Gaji yang akan kamu peroleh dengan profesi menjadi teknisi laboratorium yaitu sekitar 3 juta rupiah hingga 5 juta rupiah per bulan.

3. Instansi Pemerintahan

Lulusan jurusan teknik pertambangan ini juga dapat menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS, peluangnya sangat luas. Kamu bisa bekerja di instansi pemerintahan seperti Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan dan juga Perindustrian.

Gaji yang akan kamu dapatkan dengan berkarir di instansi pemerintah rata-rata mulai dari 2 juta rupiah hingga 6 juta rupiah per bulan, dan itu belum termasuk tunjangan.

4. Perusahaan Swasta

Opsi karir berikutnya kamu bisa bekerja di perusahaan swasta. Beberapa perusahaan swasta baik nasional maupun multinasional yang bergerak dalam bidang pertambangan di Indonesia diantaranya pada tambang batubara seperti PT Kaltim Prima Coal, PT Tambang Batubara Bukit Asam, PT Berau Coal, PT Adaro, dan lainnya. Sementara untuk tambang tembaga atau emas di antaranya adalah PT Rio Tinto Indonesia, PT Aneka Tambang, PT Freeport Indonesia, PT Newmont Minahasa, PT Newmont Nusa Tenggara, dan masih banyak lagi.

Gaji yang akan kamu peroleh dengan profesi ini rata-rata mulai dari 5 juta rupiah hingga 7 juta rupiah per bulan.

5. BUMN

Selain menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), bekerja sebagai pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga terbuka lulusan Teknik Pertambangan. Kalian dapat bekerja di Perusahaan Minyak Negara seperti Pertamina, PT ANTAM, PT INCO, Perusahan Listrik Negara (PLN), dan masih banyak lagi.

Gaji yang akan kamu dapatkan dengan berkarir di BUMN rata-rata sekitar 5 juta rupiah hingga 8 juta rupiah per bulan.

6. Konsultan Pertambangan

Profesi selanjutnya kamu bisa menjadi konsultan pertambangan. Sesuai dengan gajinya yang terbilang tinggi, bekerja di dalam bidang pertambangan juga memiliki tingkat kesulitan dan tantangan yang tinggi. Disinilah konsultan pertambangan akan dibutuhkan untuk membantu dalam mengetahui sifat mineral apa yang akan ditambang, apa kegunaannya, dan bagaimana mineral tersebut akan diolah dan dimanfaatkan oleh manusia nantinya. Prospek kerja teknik pertambangan yang satu ini penting, karena membantu perusahaan untuk tidak hanya menambang secara bebas begitu saja.

Gaji yang akan kamu terima dengan berprofesi menjadi konsultan pertambangan rata-rata 5 juta rupiah per bulan.

7. Ahli Tambang dan Geologi

Setelah lulus kamu tidak hanya bisa menjadi ahli tambang tapi juga ahli geologi, karena ilmu geologi juga kamu pelajari di perkuliahan. Prospek kerja teknik pertambangan yang satu ini bertanggung jawab dalam melakukan survei lapisan permukaan bumi. Hal itu dilakukan untuk mecari tahu apakah tempat itu layak untuk menjadi situs pertambangan. Pekerjaan ini juga bertugas dalam mendukung proses pertambangan yang ramah lingkungan. Biasanya ahli tambang dan geologi ini memiliki sertifikasi Competent Person Indonesia (CPI).

Gaji yang akan kamu dapatkan dengan profesi ini yaitu rata-rata 8 juta rupiah per bulan.

8. Ahli Pengeboran Bumi

Seperti yang sudah kamu ketahui sebelumnya, jurusan teknik pertambangan mempelajari matematika dan mekanisme alat. Oleh sebab itu, ahli pengeboran bumi bisa juga menjadi prospek kerja teknik pertambangan. Pekerjaan ini menuntut kamu untuk tahu bagaimana cara pengoperasian pengeboran yang lebih ekonomis.

Gaji yang biasanya kamu dapatkan dari pekerjaan ini pun cukup fantastis yaitu mulai 4,3 juta rupiah sampai 7,7 juta rupiah per bulan.

9. Peneliti

Menjadi peneliti di bidang tambang adalah salah satu pilihan karir yang bisa kamu tekuni. Untuk menjadi peneliti, biasanya lulusan teknik pertambangan harus mengambil studi lanjut di program pascasarjana. Prospek kerja yang satu ini tentunya sangat menjanjikan, mengingat saat ini perguruan tinggi yang membuka jurusan Teknik Pertambangan masih relatif sedikit. Sehingga peluang kamu untuk menjadi peneliti masih terbuka lebar. Lulusan teknik pertambangan dapat bekerja sebagai peneliti di lembaga penelitian seperti LIP dan BPPT.

Gaji yang akan kamu dapatkan dengan profesi ini yaitu rata-rata 5 juta rupiah sampai 6 juta rupiah per bulan.

10. Wiraswasta

Emang bisa lulusan teknik pertambangan menjadi wiraswasta? Tentu bisa. Bukan hanya sarjana bisnis dan ekonomi yang dapat berkarir sebagai wiraswasta. Kamu yang lulusan teknik pertambangan juga bisa melakukannya. Kamu bisa membuka usaha di bidang pertambangan seperti pasir, batuan, dan emas.  Apabila kamu tekuni profesi ini dengan baik, bukan tidak mungkin kamu membuka perusahaan yang skalanya jauh lebih besar. Kamu bisa menjadi pengusaha tambang yang sukses.

Gaji yang akan kamu dapatkan dengan berkarir menjadi pengusaha bisa mencapai puluhan juta rupiah per bulan tergantung dari besar nya skala bisnis kamu.

Nah itulah beberapa prospek kerja yang cocok buat kamu anak Teknik Pertambangan dan bisa dipilih untuk pekerjaan masa depanmu. Tapi apapun pekerjaan yang kamu pilih nanti semoga itu yang terbaik buat kamu ya.

Back to top button