close

10 Prospek Kerja Lulusan Teknik Telekomunikasi Beserta Gajinya

Sesuai namanya, jurusan Teknik Telekomunikasi adalah jurusan yang berfokus ke ilmu telekomunikasi. Jurusan teknik telekomunikasi akan mempelajari semua aspek tentang bagaimana kita berkomunikasi dalam jarak jauh, mulai dari sinyal, transmisi data, jaringan komputer, radio, teknologi radar, serta semua teori dibalik itu.

Teknik telekomunikasi memang masih jarang ada di Indonesia. Sebagian besar merupakan bagian dari prodi teknik elektro, karena pada awalnya jurusan teknik telekomunikasi merupakan salah satu cabang dari teknik elektro, yakni bidang arus lemah. Karena perkembangan teknologi telekomunikasi yang sedemikian pesat, ilmu yang dipelajari juga semakin banyak dan menjadi jurusan tersendiri.

Nah, lantas bagaimana sih peluang atau prospek kerja jurusan teknik telekomunikasi dan gajinya? Apakah menjanjikan dalam dunia karir?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas mengenai prospek kerja teknik telekomunikasi lengkap dengan gajinya.

1. Perusahaan Asing Bidang Telekomunikasi

Perospek kerja pertama bagi kamu lulusan Teknik Komunikasi yaitu kamu bisa bekerja di perusahaan asing bidang telekomunikasi, seperti SIEMENS, NOKIA, HUA-WEI, dan lain-lain yang merupakan prospek kerja utama seorang fresh graduate dari lulusan teknik telekomunikasi di tingkat internasional.

Jika kamu memilih profesi ini, perusahaan akan membayar kamu dengan gaji rata-rata 6 juta rupiah hingga 9 juta rupiah per bulan.

2. Perusahaan Telekomunikasi

Prospek kerja kedua bagi seorang fresh graduate dari lulusan Teknik Telekomunikasi adalah perusahaan telekomunikasi. Di Indonesia sangat dibutuhkan untuk penyediaan jaringan telekomunikasi mengingat jumlah penduduk berkisar antara 261 juta orang dan merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia.

Tempat kerja paling ideal untuk lulusan teknik telekomunikasi tentu di perusahaan telekomunikasi seperti Telkom, Indosat, XL, Tri dan Smartfren. Semua perusahaan ini adalah provider jaringan telekomunikasi mobile.

Gaji rata-rata yang akan kamu terima berkisar mulai dari 3 juta rupiah hingga 6,3 juta rupiah per bulan.

3. Perusahaan Penyedia Jaringan Internet

Saat ini teknologi internet sangat dibutuhkan untuk pertukaran data dan informasi. Perusahaan penyedia jaringan internet sangat membutuhkan fasilitas jaringan internet yang berkualitas dan memadai. Sehingga membutuhkan sarjana Teknik Telekomunikasi agar dapat merancang dan merawat fasilitas jaringan internet. Saat ini banyak Perusahaan jaringan internet atau ISP seperti Biznet, Lintasarta, Firstmedia, dll.

Gaji rata-rata yang bisa kamu dapatkan dengan bekerja di perusahaan penyedia jaringan internet ialah 7 juta rupiah hingga mencapai 8 juta rupiah per bulan.

4. Badan Pemerintah

Besarnya beban kerja pemerintah sehingga membutuhkan pelayanan yang cepat dan efisien. Saat ini bentuk pelayanan pemerintah banyak dilakukan melalui web dan media sosial. Besarnya traffic pelayanan membutuhkan jaringan telekomunikasi yang memadai agar memudahkan segala macam bentuk pelayanan.

Dari profesi ini, kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari 5 juta rupiah per bulan.

5. Industri Perbankan dan Keuangan

Industri perbankan dan keuangan sangat membutuhkan jaringan telekomunikasi untuk memudahkan transaksi keuangan, seperti transaksi keuangan pada Automated Teller Machine (ATM), sms banking, dan transfer dana.

Dari profesi ini, kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari 3,5 juta rupiah hingga 7,5 juta rupiah per bulan.

6. Industri Minyak dan Pertambangan

Industri minyak dan pertambangan biasanya berada pada remote area atau daerah terpencil. Dibutuhkan media komunikasi yang memadai agar para pekerja dan mesin dapat saling berkomunikasi sehingga pekerjaan berjalan optimal dan aman.

Dari profesi ini, kamu bisa mendapatkan gaji rata-rata mulai dari 7 juta rupiah per bulan.

7. Industri Penerbangan dan Pesawat Terbang

Pesawat terbang pasti membutuhkan media komunikasi agar pesawat tidak saling bertabrakan dan berjalan optimal. Selain itu media komunikasi juga membantu para awak pesawat menetukan lokasi ketika mengalami kecelakan.

Dari profesi ini, kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari 5 juta rupiah per bulan.

8. Angkatan Bersenjata dan Maritim

Para angkatan bersenjata biasanya ditempatkan di daerah terpencil dan di laut lepas. Agar dapat menentukan lokasi pasukan maupun berita di lokasi peperangan secara akurat, media komunikasi yang handal dan canggih sangat diperlukan.

Dari profesi ini, kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari 2,5 juta rupiah hingga 4,5 juta rupiah per bulan.

9. Industri Penyiaran

Penyiaran saat ini membutuhkan media komunikasi seperti TV, radio, komputer, dan perangkat mobile dalam menjalankan bisnisnya. TV, radio, komputer, dan perangkat mobile merupakan perangkat telekomunikasi yang sangat membutuhkan sarjana Teknik Telekomunikasi agar kualitas penyiaran baik dan memadai agar pelanggan tidak dirugikan.

Dari profesi ini, kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari 3,5 juta rupiah hingga 5 juta rupiah per bulan.

10. Industri Tenaga Listrik

Listrik saat ini merupakan energi yang sangat dibutuhkan masyarakat maupun industri untuk keperluan sehari-hari atau operasi. Pembangkit listrik saat ini membutuhkan perawatan khusus agar dapat beroperasi optimal. Perawatan yang efisien agar pembangkit beroperasi optimal membutuhkan media komunikasi dan jaringan yang memadai.

Dari profesi ini, kamu bisa mendapatkan gaji mulai dari 5 juta rupiah hingga 7 juta rupiah per bulan.

Itulah tadi pembahasan mengenai beberapa peluang atau prospek kerja Teknik Telekomunikasi. Pada dasarnya, pekerjaan-pekerjaan tersebut sangat memungkinkan untuk kamu memiliki masa depan yang cemerlang. Jadi tak perlu ragu lagi dalam memutuskan pilihan program studi ini.

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!