Info KampusJurusanProspek Kerja

15 Prospek Kerja Jurusan Kuliah Sistem Informasi

Tertarik untuk belajar tentang IT dan bisnis? Kalian dapat mempelajari keduanya bersamaan pada Jurusan Sistem Informasi. Saat ini teknologi informasi mendominasi kebutuhan manusia, orang yang handal di bidang ini sudah pasti dibutuhkan. Jurusan Sistem Informasi adalah gabungan dari Ilmu Komputer, Ekonomi Manajemen dan Bisnis. Fokusnya tetap dibidang software yaitu merancang, membuat dan mengoperasikan perangkat lunak tertentu untuk berinteraksi dengan data tapi lebih ke arah penerapan ke bisnis perusahaan. Oleh sebab itu tak heran banyak mata kuliah berbau ekonomi manajemen di jurusan ini.

Baca: 5 Jurusan Populer yang Memiliki Prospek Menjanjikan

Dengan latarbelakang ilmu yang dipelajari, maka apa saja prospek kerja seorang Sarjana Sistem Informasi? Let’s find out!

1.  Application Developer

Perkembangan smartphone begitu pesat, termasuk juga di Indonesia. Dengan adanya smartphone maka hadirlah aplikasi-aplikasi yang kini bisa memudahkan kehidupan masyarakat. Contohnya saja Gojek, Shopee, Tokopedia, Ruangguru di bidang pendidikan dan startup lainnya yang bisa sukses besar seperti sekarang. Oleh karena itu, mulai muncul peluang kerja baru yaitu Application Developer untuk perangkat berbasis Android ataupun iOS.

Baca: Mengenal Jurusan Ilmu Ekonomi dan Prospek Kerja nya

2. Database Administrator

Database Administrator adalah profesi yang tugas utamanya yaitu merancang, mengimplementasikan, memaintenance, dan melakukan perbaikan pada database atau basis data. Database Administrator juga biasanya melakukan pengembangan, desain, pemantauan, dan peningkatan kinerja dari kapasitas database untuk kebutuhan di masa mendatang. Untuk menjadi Database Administrator, kamu harus memenuhi syarat berikut:

  • Menguasai teknologi database relasional seperti Oracle, DB2, Ms. Access, Sybase, MySQL dan lainnya.
  • Kemampuan troubleshooting yang baik untuk menentukan kesalahan operasi database.
  • Mampu memahami data dan penggunaannya.
  • Manajemen proses yang baik untuk memecahkan masalah sangat dibutuhkan.
  • Mampu berpikir kritis.
  • Bisa menggunakan logika dan alasan untuk memecahkan masalah.

Baca: Mengenal Jurusan Bisnis dan Prospek Kerja nya

Nah, untuk rentang gaji seorang Database Administrator adalah Rp 3.855.000 untuk posisi staf, dan Rp 6.650.000 untuk posisi manager.

3. UI/ UX Developer

User Interface (UI) Developer merupakan pekerjaan yang sangat mirip dengan Web Designer. Perbedaannya, jika web designer hanya mendesain web saja, sedangkan UI Developer harus bisa mendesain tampilan aplikasi baik untuk desktop, web, ataupun mobile.

Sedangkan User Experience (UX) adalah profesi yang bertanggung jawab terhadap pengalaman pengguna pada saat mengakses suatu sistem baik aplikasi web, desktop, ataupun mobile. Mereka akan sangat memperhatikan hal sedetail mungkin terhadap layout sebuah aplikasi dan juga sistem kerja suatu aplikasi.

d

Rentang gaji yang diperoleh seorang UI/ UX Developer adalah Rp 6.500.000 untuk tingkat staf, dan Rp 11.650.000 untuk tingkat manager.

4. Enterprise Resource Planning (ERP)

ERP adalah software yang bisa memenuhi kebutuhan sebuah perusahaan untuk mengintegrasikan semua aktifitasnya, baik itu proses bisnis ataupun organisasi. Harapannya, perusahaan bisa mendapatkan kemudahan dalam proses bisnis dan organisasi yang baik. Therefore, tak jarang suatu perusahaan berani mengeluarkan dana yang cukup besar untuk mengaplikasikan ERP ini, termasuk juga untuk orang-orang yang berprofesi dalam mengelola aplikasi ini. Hal tersebut bisa dilihat dari rentang gaji yang diperoleh, yaitu Rp 6.750.000 untuk posisi staf, dan Rp 11.900.000 untuk posisi manager.

5. Game Developer

Kebanyakan orang Indonesia lebih banyak menghabiskan waktu untuk berinternet, salah satunya untuk bermain game mulai dari anak kecil sampai dewasa. Itu artinya game merupakan salah satu industri yang menjanjikan.

Dari potensi tersebut, peluang kerja Game Developer cukup besar. Tugas utamanya adalah mengembangkan sebuah game, mulai dari mendesain dan merancang alur game. Rentang gaji seorang Game Developer juga lumayan, mulai dari Rp 3.900.000 untuk posisi staf, hingga Rp 6.950.000 untuk posisi manager.

6. Software Engineer

Software Engineer sering juga disebut Rekayasa Perangkat Lunak. Biasanya pekerjaan utama software engineer yaitu :

  • Mengembangkan software
  • Maintenance software
  • Manajemen organisasi
  • Menjaga kualitas software

Jika kamu ingin menjadi software engineer, kamu harus mempelajari algoritma dan flowchart, serta dasar-dasar pemrograman dengan menggunakan bahasa pemrograman yang bisa kamu pilih. Rentang gaji yang diterima seorang Software Engineer yaitu Rp 4.125.000 untuk posisi staf, dan Rp 7.110.000 untuk posisi manager.

7. IT Planner

Tugas utama dari profesi ini yaitu merencakan kebutuhan teknologi informasi yang akan digunakan pada sebuah perusahaan. Oleh karena itu, seorang IT Planner harus selalu membuka pengetahuannya terhadap perkembangan teknologi informasi terbaru. Karena teknologi yang diimplementasikan saat ini akan berbeda fungsi dan keunggulannya beberapa tahun kemudian. Rentang gaji seorang IT Planner mulai dari Rp. 4.350.000 untuk posisi staf, sampai Rp 9.055.000 untuk posisi manager.

8. Network Security

Network Security menjadi salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan saat ini melihat banyaknya implementasi teknologi komputer dan jaringan pada sebuah perusahaan untuk menunjang proses bisnisnya, mulai dari skala kecil hingga skala besar. Apalagi, jaringan komputer akan selalu membutuhkan pengaturan baik dari segi hardware ataupun software. Jika kamu berminat menjadi network security, kamu harus menguasai teori dan praktek tentang teknik komputer, fungsi berbagai macam perangkat jaringan dan cara-cara konfigurasinya, fungsi routing dan cara penggunaannya, serta yang terpenting adalah keamanan jaringan komputer. Untuk rentang gaji seorang Network Security sendiri adalah Rp 4.200.000 untuk staf dan Rp 8.250.000 untuk manager.

9. Web Developer

Tugas utama dari seorang Web Developer adalah mengembangkan / merancang website. Web developer sendiri terbagi menjadi 3 bagian, yaitu :

  • Front End Developer: profesi ini hanya bertugas merancang antarmuka atau tampilan sebuah website. Tampilan sidebar, header, menu navigasi, dan footer adalah hasil dari pekerjaan front end.
  • Back End Developer : profesi ini bertugas memberikan aksi untuk melakukan sesuatu dari sebuah web. Contohnya seperti mengisi formulir dan menekan tombol kirim pada website.
  • Fullstack Developer : profesi ini memiliki kemampuan front end dan juga back end. Bisa dibilang, profesi ini bersifat serba bisa.

Untuk rentang gaji seorang Web Developer adalah Rp. 4.657.000 untuk posisi staf, dan Rp 7.850.000 untuk posisi manager.

10. Project Management

Ketika akan membuat sebuah software pada sebuah perusahaan, biasanya selalu berkaitan dengan tim yang akan mengerjakannya, jadwal pengerjaan, pembiayaan, sampai laporan dari semua pembuatan, rilis, dan maintenance.

Jika sebuah perusahaan tidak mengaplikasikan manajemen proyek, maka setiap proyek yang dikerjakan tidak bisa selesai dengan baik. Oleh karena itu, sebuah perusahaan biasanya merekrut seorang yang ahli di bidang Project Management, khususnya di bidang IT. Rentang gaji yang diperoleh seorang Project Management adalah Rp 6.700.000 untuk posisi staf dan Rp 11.550.000 untuk posisi manager.

11. Freelancer

Kamu ingin bebas bekerja dimana saja tanpa harus dikekang oleh aturan perusahaan? Ingin jadi bos tanpa diperintah? Kamu bisa memilih menjadi seorang freelancer. Keuntungannya, kamu bisa menentukan tempat kamu ingin bekerja yang menurut kamu nyaman, sampai kapan ingin bekerja dan istirahat kapan pun kamu mau sebab kamu yang mengendalikan semuanya. Tapi tentu saja, setiap pekerjaan pasti memiliki resikonya masing-masing. Dengan menjadi freelancer, kamu belum tentu akan terbebas dari pusing akan pekerjaan. Kamu juga beresiko mendapat penghasilan yang kecil jika sedang tidak mendapat proyek.

Untuk memulai profesi sebagai freelancer, kamu bisa memanfaatkan beberapa situs untuk kerja freelancer, seperti Sribulancer.com, freelancer.co.id, Sribu.com, Project.co.id, dan Upwork.com.

12. Membangun Startup

Startup yang berkaitan dengan teknologi kini sudah mulai merajalela di Indonesia. Apalagi pemerintahan sekarang sedang gencar-gencarnya mencanangkan “Gerakan 1000 Startup” di tahun 2020. Startup sendiri adalah perusahaan rintisan berbasis digital. Rata-rata pendiri startup bahkan sudah menjadi perusahaan yang mendunia. Beberapa orang IT yang sukses membangun perusahaan di bidang IT adalah Bill Gates (Microsoft), Mark Zuckerburg (Facebook), dan Andrew Darwis (Kaskus). Di Indonesia ada juga seperti Nadiem Makarim (Gojek), Belva Devara dan Iman Usman (Ruangguru).

13. Pengajar IT

Lulusan jurusan Sistem Informasi juga dapat menjadi seorang pengajar IT, seperti dosen atau guru. Hal tersebut karena kebutuhan IT yang sangat diperlukan oleh masyarakat di masa yang akan datang. Oleh karena itu, masyarakat perlu dibekali wawasan tentang dunia teknologi agar mereka merasakan manfaat mempelajari ilmu komputer. Bagi kamu yang tidak terlalu suka berlama-lama duduk di depan komputer, kamu bisa mencoba profesi yang satu ini.

14. System Analyst

Dari namanya saja, sudah bisa ditebak bahwa profesi ini akan sangat berkaitan dengan sistem informasi. Yup, System Analyst adalah profesi yang memiliki tanggung jawab atas perencanaan, koordinasi, dan analisa keputusan sistem perangkat lunak yang akan dibangun. Tugas utama profesi ini adalah menganalisa sistem yang akan dibuat. Selain itu, seorang analis sistem setidaknya memiliki keahlian analisis, managerial, interpersonal, dan teknis. Seorang System Analyst harus mempunyai slogan “Berpikirlah secara Teknis”.

15. Programmer

Seorang lulusan sistem informasi memiliki bekal pengetahuan dibidang IT mengenai dunia programming. Memang kebanyakan programmer kuliah pada jurusan Teknik Informatika tapi bukan bararti lulusan Sistem Informasi tidak bisa menjadi seorang programmer. Seorang programmer bisa mendapat gaji Rp 5 juta rupiah untuk pemula.

Back to top button
error: