Info KampusMahasiswaPTNPTS

5 Perbandingan Kuliah di Universitas Negeri dengan Swasta

K saya tu pengen banget kuliah, tapi sering bingung tu antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan Perguruan Tinggi Negeri Swasta (PTS). Memangnya beda banget ya k, antara PTN dengan PTS? Sebenarnya nggak juga sih, antara kampus negeri dan swasta semuanya punya kelebihan dan kekurannya masing-masing.

Banyak banget tuh k yang bilang bahwa Negeri lebih bagus dari swasta? Jangan salah lho ya, banyak juga tuh kampus swasta yang nggak kalah bagusnya dengan negeri. Tapi ya gitulah di masyarakat saat kamu masuk negeri dibilang wow banget, dan pas masuk di swasta sering banget diremehin. Persepsi seperti ini harus dihilangkan tuh, jangan sampai kamu berpikir seperti itu juga ya.

Dan disini saya coba jelaskan perbedaan keduanya lah ya secara umum, biar kamu bisa menilai sendiri antara PTN dan PTS. Universitas Negeri dikelolah oleh Pemerintah, sedangkan Universitas swasta itu dikelolah oleh perorangan atau organisasi.

Pada umunya perbedaan keduanya itu terlihat banget di beberapa hal berikut ini:

1. Fasilitas Kampus

Pertama kita bakalan lihat dulu disisi fasilitasnya. Kampus negeri memang bisa terbilang lengkap lah untuk fasilitas ini terutama dibangunannya. Fasilitas umum biasanya lebih banyak juga sih seperti WIFI, Musholla, Perpustaakaan, Komputer, dan beberapa fasilitas lainnya. Nggak cuman itu lahan untuk kampus negeri lebih luas.

Sedangkan kalau kampus swasta kamu bakalan banyak ngeliat bangunan baru.  Fasilitas juga bisa terbilang lengkap sama halnya dengan negeri. Cuman di lahannya aja, nggak seluas negeri.

2. Dosen Pengajar

Kalau dari sisi dosen negeri lebih banyak, dan rata-rata dosen yang ada disana benar-benar fokus dengan profesinya sebagai dosen. Jarang banget yang memiliki usaha lain, karena memang rata-rata dosennya udah PNS. Sedangkan kalau dosen di swasta ada juga yang ngejalanin profesi lain selain dosen, artinya dia tu punya usaha diluar. Bisa dibilang pengalaman antara dosen di negeri dan swasta cukup berbeda cara pengajarannya.

3. Mahasiswa di Kampus

Suasana Mahasiswa di kampus negeri dengan swasta juga bisa terbilang berbeda. Di Negeri pada umumnya, berisi mahasiswa berprestasi karena memang sebelumnya ikut seleksi masuk PTN itu nggak mudah. Rata-rata mahasiswa yang masuk di Negeri adalah siswa yang dulu sekolahnya masuk kategori juara kelas dan masuk dalam 10 top besar disekolahnya. Dan juga kegiatan mahasiswa nya lebih banyak di negeri, terutama soal Organisasi kampus.

Sedangkan kalau diswasta itu mahasiswanya bisa terbilang campuran lah ya. Banyak juga ko mahasiswa yang berprestasi dan yang dulunya pinter disekolah masuk di swasta. Karena untuk sisi persaingannya sendiri, kampus swasta lebih enaklah dibanding negeri. Namun kegiatan semacam organisasi mahasiswa, nggak sebanyak negeri.

4. Materi Perkuliahan

Di negeri kamu harus benar-benar belajar ekstra, terutama soal nilai. Karena mata kuliah yang dijarkan benar berstandard tinggi. Aturan perkuliahannya juga terbilang ketat. Kamu juga bakalan disibukan dengan yang namanya tugas.

Sedangkan kalo diswasta, untuk mendapatkan nilai lebih enak. Materi kuliahnya sedikit lebih rendah dengan negeri, jadi akan lebih enak aja dipelajari. Dan juga untuk lulus di kampus swasta lebih enak, karena syaratnya nggak terlalu tinggi dibanding negeri.

5. Soal Biaya Kuliah

Untuk biaya kampus negeri lebih murah lah, jika dibandingkan swasta. Nggak cuman biaya murah aja sih, di negeri untuk beasiswa lebih banyak. Itu juga sih yang menjadi factor, banyak orangtua pengen ngeliat anaknya masuk negeri.

Sedangkan untuk swasta biaya kuliahnya bisa terbilang lebih mahal dibanding dengan negeri. Ini disebabkan karena biaya tersebut, digunakan untuk membayar gaji dosen dan karyawan lainnya dan itu hal yang wajar.Di negeri kan dosennya rata-rata PNS, dan wajar aja sih. Namun untuk beasiswa lebih sedikit dibadning dengan negeri.

Nah seperti itulah kira-kira perbedaan antara keduanya. Tapi ya memang untuk diawal prioritas kamu adalah negeri terlebih dahulu. Kalau memang nggak memungkinkan, swasta juga oke tu. Soalnya banyak juga tuh kampus swasta yang kualitas atau mutu pendidikannya sama seperti di Negeri.

#Semangat

Back to top button
error: