MahasiswaTips

7 Hal yang Harus dilakukan Saat Menjadi Mahasiswa Baru

Apakah Anda sekarang telah menjadi Mahasiswa Baru? Atau baru mau menjadi seorang Mahasiswa? Apapun itu artinya Anda sudah memasuki dunia baru, dari masa Anda sebelumnya. Anda akan merasakan atmosfer yang berbeda, dari status Anda yang sekarang yaitu menjadi Mahasiswa Baru. Anda harus dapat merubah diri Anda, menjadi lebih dewasa dari sebelumnya.

Menjadi Mahasiswa baru di sebuah perguruan tinggi, memang terdengar menggembirakan. Apalagi jika Anda lolos di Perguruan Tinggi yang Anda impikan. Namun saat Anda memasuki dunia perkuliahan, artinya Anda akan belajar lagi. Belajar di kampus berbeda dengan cara Anda belajar di sekolah. Anda juga harus mulai mandiri, dan Anda juga akan melihat kebebasan yang lebih dari masa-masa Anda sebelumnya.

Agar Anda cepat berapdatasi dengan baik dengan kampus, Andapun harus mulai melakukan beberapa hal baru ini:

1. Mencari Teman Sebanyak Mungkin

Sebagai orang baru di lingkungan kampus, Anda membutuhkan sebuah sapaan atau perbicangan kecil dengan orang lain. Agar Anda tidak merasa sendiri diawal, mulailah untuk menjalin komunikasi ke setiap orang. Karena biasanya diawal, seseorang akan merespon Anda dengan sangat baik.

2. Mencatat Jadwal Kuliah dengan Baik

Sebagai Mahasiswa baru, Anda juga harus benar-benar mempersiapkan semuanya dengan sangat baik. Misalkan saja mengenai Jadwal kuliah, yang sudah harus Anda susun dengan baik. Jangan sampai sebagai mahasiswa baru, Anda sudah menanamkan kedisiplinan yang buruk.

3. Kenali Lingkungan Kampus

Dilingkungan kampus Anda akan melihat banyak gedung, gedung tersebut bisa berupa Fakultas, Rektorat, Perpustakaan, Asrama Mahasiswa, Apartemen, dan masih banyak lagi. Anda juga harus mengetahui dimana fakultas Anda, dan mulai mencari ruangan mana saja Anda pakai untuk belajar nanti. Terkadang sebagai Mahasiswa Anda mengalami sebuah masalah, maka dari itu Anda juga harus mengetahui bagian administrasi di kampus.

Baca Juga  Bingung Jadi Aktivis Kampus yang Akademis? Mari Check It Out Rahasianya!

4. Menjalin Interaksi dengan Senior

Anda baru saja memulai kehidupan kampus. Namun istilah manis dan pahitnya kampus belum Anda rasakan. Dikampus ada orang yang sudah pernah merasakan di posisi Anda, yaitu kk tingkat Anda (Senior). Mereka sudah terbiasa dengan kehidupan di kampus. Mereka sudah tau banyak bagaimana proses belajar yang terjadi di kampus tersebut, menghadap ke bagian Administrasi, berkomunikasi ke dosen, dan hal lainnya. Maka dari itu Anda, harus mulai menjalin komunikasi dengan senior Anda. Anda tidak perlu takut bertanya ke senior Anda, mereka malah senang bertemu Anda.

5. Rajin Menyapa

Anda harus menjalin hubungan baik dengan semua orang yang ada di lingkungan kampus. Baik itu kepada senior Anda, pegawai, ataupun dosen Anda nantinya. Jangan menjadi Mahasiswa tertutup, karena Anda di kampus itu adalah untuk mengembangkan diri Anda menjadi lebih baik. Mulailah untuk menyapa orang lain, karena jika Anda tidak melakukan ha tersebut. Anda akan dicap sebagai maba sombong, dan itu merugikan diri Anda nantinya. Jika Anda tidak pernah berubah, Andapun akan dijauhi banyak orang. Bahkan tak ada yang peduli dengan kamu nantinya.

6. Mengetahui Tata Tertib Kampus

Anda juga harus tahu peraturan apa saja yang diberlakukan di kampus Anda. Terutama peraturan yang ada di Fakultas Anda nantinya. Peraturan tersebut dapat berupa peraturan tertulis, maupun tidak tertulis. Terdapat banyak aturan yamg harus Anda patuhi misalkan saja peraturan berpakain, dikelas, dengan dosen, dan masih banyak lagi. Karena jika Anda melakukan pelanggaran dikampus. Anda akan ditindak, bahkan akan dikeluarkan dari kampus jika pelanggaran tersebut berat.

7. Semangat untuk kuliah

Ingat tujuan Anda diawal adalah kuliah. Jangan sampai Anda melupakan tujuan awal Anda. Diawal ini Anda harus benar-benar semangat dalam banyak hal terutama belajar. Karena diawal ini adalah cara mudah untuk Anda untuk meraih nilai (IPK) tinggi. Karena jika tidak, Anda akan mengalami kesulitan untuk masalah nilai di semester berikutnya. Dan itu bisa saja menghambat perkuliahan Anda kedepannya.

Baca Juga  Mengenal Beasiswa Pertamina Sobat Bumi S1/D3 2020 dan Pendaftarannya

Catatan sedikit untuk Anda mahasiswa baru:

Jangan bermalas-malasan, dalam perjalanan Anda. Karena nasib Anda juga ditentukan dengan usaha yang Anda lakukan.

Back to top button

Matikan Adblock Terlebih Dahulu!

Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini..Sistem kami mendeteksi penggunaan aplikasi pemblokir iklan (Ad block), atau web browser yang memblokir iklan.

Refresh Page