Gaya HidupTips

Cara Biar Kamu Tidak Cuek Lagi

Apakah kamu termasuk orang yang bersikap cuek? Bersikap cuek artinya kamu tidak tergerak untuk ambil bagian dalam hal apapun yang melibatkan diri sendiri dan orang banyak. kamu lebih suka mengurusi diri sendiri. Namun kamu tentu tidak ingin dikucilkan oleh lingkungan bukan, dan ingin menemukan cara agar disukai banyak orang?

Pada umumnya orang yang bersifat cuek sering kali mengabaikan keadaan sekitarnya, entah itu ada orang yang sedang kesusahan atau ada orang yang sedang membutuhkan pertolongan. Bahkan orang cuek cenderung bersifat egois yang mementingkan diri sendiri dari pada orang lain.

Kamu bisa mengatasi sikap cuek dengan beberapa cara menghilangkan sifat cuek berikut:

1. Belajar menjadi orang yang perhatian

Orang yang cuek memang biasanya tidak memiliki empati atau rasa kepedulian terhadap orang lain, sehingga dia tidak mempertimbangkan setiap tindakannya. Kamu dapat melakukan cara merubah kepribadian agar menjadi lebih peduli kepada orang lain dengan cara menempatkan diri di posisi orang lain. Dengan begitu kamu akan tahu cara menghargai orang lain dan dapat menghilangkan sifat cuek tersebut sedikit demi sedikit.

Kamu bisa memulainya dengan terlibat dalam lingkungan sekitar. Mulailah bergabung dalam kegiatan di lingkungan kamu, misalnya bergabung dalam keluarga dan komunitas di tempat tinggal kamu. Hal ini akan menjadi cara untuk mulai menumbuhkan rasa peduli pada diri kamu.

2. Coba lebih peka dengan keadaan sekitar

Salah satu cara menghilangkan sifat cuek dalam diri dengan melihat dan mendengar apa yang sedang terjadi di lingkungan sekitar, hal itu akan membuat mata dan hati kamu lebih terbuka serta bisa menyadarkan diri kamu dari sifat yang tidak pernah peduli dengan apapun di sekitar kamu.

Mulailah ajarkan diri kamu untuk mau lebih bisa merasakan apa yang sedang terjadi di hadapan kamu. Jika ada orang yang sedang kesusahan doronglah diri kamu untuk mengulurkan tangan dan membantunya. Dengan membiasakan diri untuk mau membantu orang lain akan membuat kamu bisa menghilangkan sifat cuek itu.

3. Berusaha memikirkan orang lain

Jika biasanya kamu hanya tahu cara memikirkan diri sendiri, kamu harus mencoba untuk mulai memikirkan orang lain dan dampak dari setiap perbuatan kamu kepada orang tersebut. Ciri-ciri teman yang baik dan tulus dapat kamu miliki jika berusaha memikirkan perasaan dan kondisi orang lain, dan juga merupakan cara agar teman menyukai kita.

Baca Juga: 5 Tips Mengontrol Emosi dan Sifat Sensitif

Orang yang cuek akan terbiasa tidak bisa mengungkapkan perasaannya dengan gamblang. Kamu bisa belajar mengungkapkan perasaan dan menjalin komunikasi dengan orang lain agar sifat cuek tersebut perlahan mencair dan kamu dapat menjadi orang yang lebih luwes dalam pergaulan. Jika dulu kamu tidak terbiasa mengapresiasi keberhasilan orang lain karena terlalu cuek, kamu bisa memulainya sekarang. Mulailah dari hal yang kecil dulu, misalnya memuji teman karena mendapatkan nilai bagus, atau karena mereka berprestasi dalam suatu hal.

Untuk menghilangkan sifat cuek dalam diri sendiri memang harus dimulai dari diri kamu sendiri. Orang lain bisa menolong akan tetapi jika kamu tidak mempunyai kemauan yang kuat maka akan sulit untuk menghilangkan kebiasaan cuek kepada orang lain. Miliki tekad yang kuat untuk menjadi sosok yang lebih terbuka dan perhatian, maka kamu akan berhasil.

Back to top button
error: