close

Kenalan sama Jurusan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan

Kalian tau ga kalo di Indonesia ini ada satu jurusan yang mempelajari tentang ekonomi, tapi juga belajar tentang lingkungan? kalo belum, Yuk kita kenalan sama jurusan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan

Apa Itu Jurusan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan

Jurusan ESL adalah ilmu ekonomi yang mempelajari cara manusia memanfaatkan sumber daya alam dan lingkungan dengan bijaksana. Di jurusan ini, kamu akan belajar bagaimana mengelola sumber daya alam seperti air, tanah, hutan, dan juga bagaimana mengatasi permasalahan lingkungan, seperti polusi dan perubahan iklim. Jadi, para calon ahli ESL berperan penting dalam mencari solusi untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan manusia dan pelestarian alam. Dan faktanya jurusan ini hanya ada 1 di Indonesia, yaitu di Institut Pertanian Bogor.

Apa Tujuan Belajar Mata Kuliah Ekonomi Sumber Daya Alam?

Mata kuliah ekonomi sumber daya alam bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang cara mengelola sumber daya alam dengan bijaksana dan berkelanjutan. Kamu akan belajar tentang ekonomi, keberlanjutan, konservasi, serta dampak kegiatan manusia terhadap lingkungan. Tujuan utamanya adalah menciptakan kesadaran tentang pentingnya melindungi alam dan bagaimana pemanfaatan sumber daya alam yang berkelanjutan dapat meningkatkan kualitas hidup kita dan generasi mendatang.

Mata Kuliah jurusan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan

Mata kuliah dalam jurusan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL) mencakup berbagai topik yang relevan dengan hubungan antara ekonomi dan lingkungan. Berikut adalah beberapa mata kuliah yang dipelajari di jurusan ESL:

  1. Ekonomi Sumber Daya Alam: Mata kuliah ini membahas tentang teori ekonomi dalam penggunaan sumber daya alam secara berkelanjutan. Kamu akan mempelajari tentang manajemen sumber daya alam, analisis biaya dan manfaat, serta konsep-konsep ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam.
  2. Kebijakan Lingkungan dan Keberlanjutan: Mata kuliah ini membahas tentang kebijakan pemerintah dan peran lembaga dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Kamu akan memahami peran kebijakan dalam mendorong praktik yang ramah lingkungan dan mendukung pembangunan yang berkelanjutan.
  3. Analisis Lingkungan: Mata kuliah ini fokus pada analisis data dan metode statistik yang digunakan dalam konteks lingkungan. Kamu akan mempelajari bagaimana melakukan analisis terhadap masalah lingkungan, seperti perubahan iklim, pencemaran, dan penggunaan energi.
  4. Ekonomi Hijau: Mata kuliah ini membahas tentang ekonomi hijau atau green economy, yang berfokus pada pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Kamu akan memahami bagaimana integrasi antara ekonomi dan lingkungan dapat menciptakan manfaat jangka panjang bagi masyarakat.
  5. Manajemen Lingkungan: Mata kuliah ini membahas tentang manajemen lingkungan di berbagai sektor, termasuk bisnis dan industri. Kamu akan mempelajari cara perusahaan mengimplementasikan praktik yang ramah lingkungan dan menciptakan strategi bisnis yang berkelanjutan.
  6. Pengelolaan Sumber Daya Alam: Mata kuliah ini membahas tentang pengelolaan sumber daya alam, seperti hutan, air, dan energi. Kamu akan memahami tantangan dalam pengelolaan sumber daya alam dan bagaimana mencapai keseimbangan antara penggunaan manusia dan pelestarian lingkungan.
  7. Etika Lingkungan: Mata kuliah ini membahas tentang isu-isu etika yang terkait dengan lingkungan dan pemanfaatan sumber daya alam. Kamu akan mempertimbangkan implikasi etika dalam kebijakan lingkungan dan praktik bisnis.
  8. Ekonomi Lingkungan Global: Mata kuliah ini membahas tentang isu-isu lingkungan dalam skala global, termasuk perubahan iklim dan kerjasama internasional untuk mengatasi masalah lingkungan.

Peluang Kerja untuk Lulusan Ekonomi Sumbedaya dan Lingkungan

Setelah lulus dari jurusan ESL, kamu akan memiliki banyak peluang kerja menarik. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Konsultan Lingkungan: Bekerja dengan perusahaan atau pemerintah untuk memberikan saran tentang praktik berkelanjutan dan ramah lingkungan.
  2. Manajer Sumber Daya Alam: Bertanggung jawab untuk mengelola penggunaan sumber daya alam secara efisien dan bertanggung jawab.
  3. Peneliti Lingkungan: Meneliti dan mengidentifikasi solusi untuk mengatasi masalah lingkungan, seperti polusi atau pemanasan global.
  4. Pengawas Kepatuhan Lingkungan: Memastikan perusahaan atau pabrik mematuhi peraturan dan hukum lingkungan yang berlaku.

Jurusan Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan dan Ekonomi Pembangunan menawarkan beragam peluang karir yang menarik dan relevan untuk masa depan. Jika kamu tertarik pada isu-isu lingkungan dan keberlanjutan, atau berkeinginan untuk menciptakan perubahan sosial melalui bidang ekonomi, maka jurusan-jurusan ini cocok untukmu.

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!