Jurusan

Mengenal Jurusan Ilmu Keperawatan dan Prospeknya

Ilmu keperawatan adalah salah satu jurusan yang ada pada bidang kesehatan. Ilmu keperawatan di beberapa Perguruan Tinggi, dikelompokan pada Fakultas Kedokteran. Jurusan ini juga dapat menjadi pilihan bagi mereka yang sangat suka dengan dunia kesehatan. Dan kali ini juga kita akan membahas lebih dekat tentang jurusan yang satu ini.

Tahukah kamu apa itu Perawat? Perawat adalah profesi yang difokuskan pada perawatan individu, keluarga, dan masyarakat sehingga mereka dapat mencapai, mempertahankan, atau memulihkan kesehatan yang optimal dan kualitas hidup dari lahir sampai mati.

Pendidikan

Sekarang kita lanjut, mengenai pendidikan perawat yang ada di Indonesia. Umumnya Pendidikan Keperawatan itu dibagi menjadi 4 kelompok besar:

  1. Pendidikan vokasi, ditempuh dalam waktu 3 tahun untuk diploma 3 dengan gelar ‘Ahli Madaya Keperawatan (Amd.Kep) dan diploma 4 tahun untuk vokasi khusus dengan gelar Sarjana Sians Terapan (S.ST)
  2. Pendidikan profesional, ditempuh dalam waktu 4 tahun untuk program Sarjana Keperawatan (S.Kep) dan tambahan 1 tahun untuk pendidikan profesi Ners (Ns)
  3. Pendidikan Master dan Spesialis, yakni Master Keperawatan (M.Kep) dan terdapat pesialis keperawatan anak, keperawatan jiwa, keperawatan maternitas, keperawatan medikal bedah
  4. Pendidikan doktoral, ditempuh untuk melakukan riset tentang keperawatan

Untuk kamu yang ingin masuk jurusan perawat di perguruan tinggi, kamu juga harus tau bahwa ada yang namanya Pendidikan Vokasi dan Pendidikan Profesional. Keduanya berbeda lo ya!

  1. Kalau Pendidikan Vokasi itu lebih cenderung ke praktika (praktek langsung)
  2. Sedangkan Pendidikan Profesi kita diajarkan secara menyeluruh baik teori maupun praktek.

Dan tempat keduanya juga berbeda lo, Kalau pendidikan vokasi biasanya ditempuh di Politeknik Kesehatan atau Akademi (Diploma 3 atau Diploma 4). Sedangkan Pendidikan Sarjana atau Profesi biasanya ditempuh di Universitas, Institut atau Sekolah Tinggi.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi Dan Politeknik

Materi yang di Pelajari

Pada jurusan Ilmu Keperawatan kita akan banyak belajar mengenai pemenuhan kebutuhan dasar manusia, termasuk bio psiko sosio spiritual dan kultural. Selain ilmu Sains nya, disini kamu juga dilatih bagaimana agar dapat berkomunikasi yang baik dan efektif, serta memberikan pelayanan kesehatan yang optimal. Beberapa materi kuliah Ilmu Keperawatan dan Pendidikan Doktor juga ada yang sama.

Berikut ini beberapa mata kuliah yang biasanya sering dipelajari di Jurusan Ilmu Keperawatan diantaranya ada ilmu humaniora, biologi, biokimia, anatomi, fisiologi, fisika dan perilaku serta dasar-dasar keperawatan, dll.

Prospek Kerja

Untuk kamu yang nantinya yang telah lulus dari pendidikan profesi perawat atau yang juga disebut Ners (Ns) pada dasarnya bisa membuka praktik mandiri. Namun apabila kamu pengen berkerja di institusi kesehatan, beberapa pilihan yang bisa diambil diantaranya sebagai berikut:

  1. Pelayanan kesehatan di dalam negeri : Rumah Sakit, Puskesmas, Dinas Kesehatan, Asuransi Kesehatan (Askes), Tenaga Kesehatan Bandara, Tenaga Kesehatan Pelabuhan, dll.
  2. Pelayanan keperawatan profesional di Luar Negeri.
  3. Pelayanan Keperawatan Mandiri (Home Care, dll)
  4. Perusahaan swasta yang memiliki fasilitas pelayanan kesehatan.
  5. Pendidikan : Institusi Pendidikan Keperawatan (Dosen)
  6. Perusahaan swasta yang memiliki fasilitas pelayanan kesehatan.
  7. Perwira karir pada lingkungan TNI/POLRI

Nah itulah adik-adik ulasan tentang Ilmu Keperawatan. Dan tunggu juga kita bakalan update jurusan lainnya ko disini.

Tim Redaksi

Kampusimpian.com adalah Platform online seputar info kampus, beasiswa, jurusan kuliah, motivasi, terkait dunia perkuliahan. Dikembangkan oleh beberapa Mahasiswa dari Perguruan Tinggi di Indonesia. #SalamLiterasi #MasukKampus #PejuangKampus
Back to top button
Close