Info KampusUjian Mandiri

Pendaftaran Jalur Mandiri ITS 2020: Persyaratan dan Cara Daftarnya

Seleksi mandiri di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) diberi nama Seleksi Kemitraan dan Mandiri (SKM). Tujuan dari penerimaan mahasiswa baru melalui SKM adalah sebagai berikut.

  1. Menjaring calon mahasiswa yang berkualitas
  2. Meningkatkan kerjasama dan pemerataan kesempatan

Baca Juga: Daya Tampung & Peminat SBMPTN ITS

Dalam pelaksanaannya, Program SKM-ITS terbagi menjadi 2 (dua) jenis yaitu Seleksi Kemitraan dan Seleksi Mandiri.

  1. Seleksi Kemitraan diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dan merupakan utusan instansi mitra (Perusahaan/Pemprov/Pemkab/Pemkot) yang mempunyai nota kesepahaman dengan ITS ditunjukkan dengan adanya MoU dan MoA.
  2. Seleksi Mandiri diperuntukkan bagi siswa SMA/MA/SMK sejenis yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh ITS dari masyarakat umum yang berminat.

Mekanisme Seleksi Masuk Jalur SKM

Seleksi penerimaan calon mahasiswa baru Program SKM-ITS dapat diikuti oleh pendaftar dari SMA/MA/SMK sejenis lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020. Seleksi SKM ITS akan didasarkan pada nilai UTBK Tahun 2020 atau nilai ujian Kemampuan Akademik ITS*, Nilai Rapor, Deskripsi diri dan PRESTASI-PRESTASI lainnya.

Baca Juga: Akreditasi Jurusan di ITS

Khusus peminat program studi Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, diharuskan mengunggah PORTOFOLIO.

Baca Juga: Daya Tampung SNMPTN ITS

Semua program studi jalur SKM tidak menerima pelamar dengan KIP-Kuliah.

Persyaratan

  1. Pendaftar adalah siswa SMA/MA/SMK-sejenis lulusan 2018, 2019, atau 2020 yang telah memiliki nilai UTBK Tahun 2020 atau no peserta ujian Kemampuan Akademik ITS.
  2. Bagi pendaftar yang salah satu pilihan prodinya adalah Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual atau Desain Interior DIHARUSKAN mengunggah PORTOFOLIO.
  3. Bagi pendaftar yang akan mendaftar melalui Seleksi Kemitraan, selain persyaratan di atas, juga berlaku ketentuan sebagai berikut:
  4. Pendaftar adalah utusan instansi mitra yang tercantum dalam daftar mitra ITS. Daftar mitra ITS adalah mitra yang telah melakukan kerjasama dengan ITS yang ditandai dengan adanya MoU dan MoA antara mitra dengan ITS.
  5. Setelah melakukan pendaftaran, peserta harus mengirimkan bukti pendaftaran kepada instansi terkait, selanjutnya instansi tersebut DIWAJIBKAN mengirimkan rekap calon peserta SKM yang direkomendasikan kepada Wakil Rektor I – ITS (email : [email protected]) dengan tembusan Kasubdit. Admisi ITS (email : [email protected])
  6. Pendaftar yang namanya tidak masuk dalam “Daftar peserta yang direkomendasikan instansi mitra ITS” tidak diangap sebagai peserta Program Kemitraan.

Cara Pendaftaran

  1. Melalui web ITS: http://smits.its.ac.id, calon peserta memilih mendaftar menggunakan nilai UTBK atau nilai ujian Tulis ITS kemudian melakukan pendaftaran KAP, PIN dan Kode Pembayaran. Calon peserta menuliskan nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat email yang valid. Selanjutnya calon peserta mendapatkan slip pembayaran yang dikirim melalui email berisi Kode Pembayaran, KAP dan PIN. Kode Akses Pendaftaran (KAP) sepanjang 12 digit, PIN Pendaftaran sepanjang 16 digit, dan Kode Pembayaran sepanjang 18 digit.
  2. Dengan menggunakan Kode Pembayaran, calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 250.000,00 melalui loket/Teller/ATM/Internet Banking untuk Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan Bank BTN.
  3. Calon peserta melakukan pendaftaran secara online dengan mengunjungi website Seleksi Masuk ITS (SMITS) dengan alamat http://smits.its.ac.id  dan memilih menu Pendaftaran Online » Program Kemitraan dan Mandiri. Untuk melakukan pendaftaran secara online, calon peserta harus menyiapkan:
  4. Slip pembayaran.
  5. Nomor peserta UTBK atau nomor peserta ujian Kemampuan Akademik ITS
  6. Nilai rapor semester 1 s/d 6
  7. Deskripsi Diri (1 halaman A4 berisi penjelasan tentang prestasi, keaktifan di masyarakat, ketrampilan, atau keunggulan yg dimiliki oleh calon mahasiswa).
  8. Bukti Prestasi (bila ada)
  9. File pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 cm (terbaru), berformat JPG atau PNG, dengan ukuran maksimum 100 KB.
  10. Calon peserta harus melakukan Login dengan memasukkan PIN dan KAP yang tercantum dalam slip pembayaran.
  11. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini dapat berakibat pembatalan penerimaan di ITS.
  12. Calon peserta harus menyimpan dan mencetak file Kartu Bukti Pendaftaran online.
  13. Setiap calon peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dari daftar program studi (urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan).
  14. Calon peserta tidak diperkenankan mengganti program studi yang telah dipilih dengan alasan apapun.
  15. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta Seleksi Kemitraan Mandiri (SKM) tahun 2020. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa untuk daftar ulang bila diterima nantinya.

Jadwal Pendaftaran

  1. Pendaftaran SKM:  6-27 Juli 2020
  2. Pengumuman Hasil SKM:  5 Agustus 2020
  3. Pendaftaran Ulang:  11-13 Agustus 2020

Baca Juga: Passing Grade Terbaru ITS

Itulah informasi mengenai pendaftaran jalur mandiri ITS. Untuk informasi lebih lanjut cek  melalui web ITS http://smits.its.ac.id. Salam sukses pejuang PTN 2020!

Back to top button
error: