close

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Administrasi Negara yang Menjanjikan

Hai Felas Impiano!! Apa itu Administrasi Negara? Administrasi Negara atau Public Administration adalah program studi yang mempelajari bagaimana mengelola administrasi secara lebih spesifik, khususnya mempelajari administrasi negara atau administrasi pemerintahan serta unsur-unsur di dalamnya.

Ilmu Administrasi Negara mempelajari seluruh proses yang dilakukan organisasi maupun perseorangan, yang berkaitan dengan penerapan atau pelaksanaan hukum/peraturan yang dikeluarkan oleh badan legislatif, eksekutif serta peradilan, terutama bagaimana proses kebijakan tersebut diterapkan.

Sesuai namanya administrasi, bidang ini tidak bisa lepas dari pengumpulan dan pengolahan data. Jurusan administrasi negara saat ini tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga mempelajari bagaimana memanfaatkan kecanggihan teknologi dan komunikasi untuk meneliti, menganalisa dan mencari solusi seputar masalah implementasi kebijakan.

Nah bagaimana dengan prospek kerjanya? Mau jadi apa setelah lulus nanti? Berikut beberapa jenis pekerjaan para lulusan jurusan Ilmu Administrasi Negara.

1. Aparat Pemerintah / Pengurus Pemerintah Pusat atau Daerah

Terlibat aktif dan bekerja dalam menjalankan roda pemerintahan baik di poros pusat ataupun jangkauan daerah, merupakan pekerjaan inti dari lulusan administrasi negara . Menetapkan kebijakan pemerintah, mengatur jalannya pemerintahan dengan sebaik mungkin, serta menyediakan solusi dari pemerintah untuk permasalahan rakyat adalah beberapa contoh kerja dari lulusan administrasi negara . Therefor, menjadi anggota ataupun aparat dari suatu sistem pemerintahan baik itu kecamatan, kelurahan, kabupaten bahkan kementrian pusat, adalah salah satu prospek kerja dari lulusan administrasi negara  yang paling tepat serta menjanjikan.

2. Asisten Peneliti

Dikarenakan cakupan pemerintahan itu sangat luas, tidak hanya mencakup satu kecamatan, kelurahan, daerah, kabupaten, provinsi, tapi juga negara, maka penelitian-penelitian yang dilakukan biasanya berlangsung secara massive. Semua ini dilakukan agar roda pemerintahan dapat berjalan secara berkesinambungan dalam setiap lapisannya. Therefore, seorang ahli tidak akan bisa mengerjakannya sendiri. Pastinya membutuhkan asisten peneliti dalam melakukan risetnya. Lulusan administrasi negara  yang telah dibekali teori-teori pemerintahan yang baik, tentu sangat tepat berada di posisi ini.

3. Anggota Partai Politik

Salah satu penggerak roda pemerintahan, antara lain adalah partai politik. Ya, politik tentu memegang peranan penting dalam menjalankan pemerintahan. Partai politik dapat menjadi wadah bagi siapapun yang ingin menyalurkan aspirasinya, jika aspirasinya sesuai dengan visi dan misi yang diemban oleh partai politik tersebut.

Menjadi anggota partai politik, tentu harus paham dan mengerti bagaimana pola pemerintahan yang digeluti oleh negara Indonesia. Serta ikut berkontribusi aktif mewujudkan visi dan misi kebangsaan melalui partai politik, salah satu prospek kerja bagi lulusan administrasi negara dengan menjadi anggota ataupun aktivis di dalam suatu partai politik.

4. Aktivis LSM / Organisasi Masyarakat

Adanya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dana Organisasi Kemasyarakatan yang perlu dijalankan dengan suatu struktur organisasi yang baik, menjadi prospek kerja bagi lulusan administrasi negara. Lulusan administrasi negara yang dibekali bagaimana menjadikan masyarakat menjadi ideal dengan suatu kebijakan yang efektif, sangat tepat untuk mengisi LSM ataupun organisasi masyarakat secara aktif dan produktif. Keproduktifan lulusan administrasi negara di dalamnya dapat membawa lulusan tersebut menjadi seorang aktivis.

5. Jurnalis Pemerintahan / Politik

Lulusan administrasi negara tentu selalu dituntut untuk peka terhadap isu-isu pemerintahan maupun politik. Lulusan administrasi negara juga telah ditempa untuk dapat menganalisa dengan sebaik mungkin untuk melaporkan, mengembangkan hingga memberdayakan hasilnya menjadi sebuah jalan keluar dari problems yang dihadapi dalam pemerintahan. Kepekaan kalian sangat dibutuhkan ya impianos untuk prospek kerja lulusan administrasi negara yang satu ini yaitu jurnalis, so teruntuk kamu yang nggak peka-peka mulailah terbiasa untuk peka.

Yaps, jurnalis yang bertugas khusus dalam meliput berbagai berita dan fenomena mengenai politik dan pemerintahan, merupakan prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusan administrasi negara. Pekerjaan ini sangat tepat karena selain pintar menganalisis, lulusan administrasi negara juga pasti telah menguasai materi-materi dasar dari fenomena politik ataupun pemerintahan yang diliputnya.

6. Konsultan Pemerintahan

Menjadi konsultan pemerintahan, sangat cocok menjadi prospek kerja yang menjanjikan bagi lulusan administrasi negara. Because menjadi konsultan sangat membutuhkan strategi-strategi dan intellection yang brilian untuk membangun pemerintahan yang baik, dan tentunya harus dilandasi dengan pengetahuan dan teori-teori mengenai pemerintahan. Therefore, menjadi konsultan pemerintahan adalah salah satu prospek kerja yang paling dicari oleh para lulusan administrasi negara.

7. Tenaga Pendidik atau Dosen

Mempelajari dengan detail dan menyeluruh mengenai ilmu pemerintahan, tentu menjadikan lulusan administrasi negara sangat menguasai seluk beluk dunia pemerintahan baik dari segi teori maupun praktis. Dengan adanya kedalaman pengetahuan atas keilmuan yang dipelajari ini, menjadi dosen ataupun tenaga pendidik dalam bidang ilmu pemerintahan pun juga menjadi prospek kerja dari lulusan administrasi negara. Melakukan transfer ilmu pada orang lain  mengenai pemerintahan dan bertujuan untuk membangunnya secara bersama-sama, merupakan salah satu tugas mulia dari profesi dosen Ilmu Pemerintahan yang dinilai cukup menjanjikan ini.

Semua orang pasti ingin memiliki karir yang bagus setelah lulus kuliah. Jadi pilihan jurusan saat kuliah harus dipilih carefully ya impianos. Jurusan Administrasi Negara memang memberikan peluang kerja yang sangat menjanjikan di masa depan, so nggak usah takut untuk memilih jurusan yang satu ini.

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!