close

Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Bab 7 Kurikulum Merdeka

Berikut ini adalah Rangkuman Materi PAI Kelas 7 tentang Bab 7 Mawas Diri dan Introspeksi Dalam Menjalani Kehidupan. Kami banyak membagikan rangkuman materi mata pelajaran dari kelas 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10 11, dan 12. Kami juga akan terus memperbaharui ringkasan untuk Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013. Silakan lihat Rangkuman Materi PAI Kelas 7 Lengkap, untuk melihat semua materi yang telah kami rangkum.

Bab 7 Mawas Diri dan Introspeksi Dalam Menjalani Kehidupan

Dapatkan update rangkuman materi sekolah gratis dari Kampusimpian.com. Dengan bergabung di Grup Telegram “Rangkuman Materi Sekolah”, caranya klik link https://t.me/rangkumandansoal

Iman kepada Malaikat

Iman kepada malaikat adalah salah satu pilar fundamental dalam keyakinan Islam. Ini adalah rukun iman kedua yang mengharuskan umat Muslim mengakui eksistensi para malaikat dan kepatuhan mereka terhadap Allah SWT. Iman kepada malaikat mencerminkan pengakuan atas dimensi spiritual dalam alam semesta yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia.

Malaikat adalah makhluk yang diciptakan oleh Allah dari Nur Ilahi, cahaya ilahi yang suci. Tugas utama mereka adalah untuk mengabdi kepada Allah dan melakukan tugas-tugas yang ditugaskan oleh-Nya. Keberadaan malaikat menunjukkan kebesaran Allah yang menciptakan berbagai bentuk kehidupan, termasuk makhluk-makhluk yang tak terlihat oleh manusia.

Ayat 19 dari Surat al-Anbiyā’ (Q.S. al-Anbiyā’/21: 19) menjelaskan sifat malaikat yang patuh dan tak pernah merasa angkuh terhadap Allah, serta mereka tidak mengalami kelelahan dalam beribadah. Ini menggarisbawahi kesucian dan kesetiaan malaikat terhadap pencipta mereka.

Sifat-Sifat Malaikat

Malaikat memiliki karakteristik yang membedakannya dari makhluk lain, seperti manusia dan jin. Malaikat selalu taat kepada Allah dan tidak pernah melakukan maksiat. Mereka memiliki kemampuan untuk berubah wujud sesuai kehendak Allah. Malaikat tidak membutuhkan makanan atau minuman untuk bertahan hidup dan juga tidak memiliki jenis kelamin.

Sifat-sifat ini membedakan malaikat dari jin, yang diciptakan dari nyala api, memiliki kehendak bebas untuk patuh atau durhaka, serta memiliki nafsu dan potensi untuk makan dan minum. Manusia, yang berasal dari tanah, memiliki fitrah yang dapat taat atau durhaka, potensi berpikir dan kemampuan biologis, serta memiliki hawa nafsu yang mempengaruhi perilaku.

Nama-Nama Malaikat dan Tugasnya

Ada beberapa malaikat dengan tugas-tugas khusus yang diamanahkan oleh Allah:

  1. Jibril: Malaikat penyalur wahyu kepada para nabi.
  2. Mikail: Malaikat yang bertanggung jawab atas distribusi rezeki.
  3. Israfil: Malaikat yang akan meniup sangkakala pada Hari Kiamat.
  4. Izrail: Malaikat maut yang mencabut nyawa manusia.
  5. Munkar dan Nakir: Malaikat yang menanyakan manusia di alam kubur.
  6. Rakib dan Atid: Malaikat yang mencatat amal baik dan buruk manusia.
  7. Ridwan: Malaikat yang menjaga pintu surga.
  8. Malik: Malaikat yang menjaga pintu neraka.

Hikmah Iman kepada Malaikat

Iman kepada malaikat memiliki beberapa hikmah yang mendalam:

  1. Meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan: Keyakinan ini memperkuat hubungan spiritual dengan Allah dan meningkatkan rasa takut dan ketaatan kepada-Nya.
  2. Kesadaran Terhadap Perlakuan dan Ucapan: Menyadari bahwa setiap tindakan dan perkataan kita diamati oleh malaikat dapat mendorong perilaku yang lebih baik.
  3. Pemahaman Terhadap Dimensi Tak Terlihat: Iman ini mengajarkan bahwa alam semesta memiliki dimensi yang tak terjangkau oleh indera manusia, sehingga membangkitkan rasa kekaguman.
  4. Meningkatkan Rasa Syukur: Malaikat adalah perantara karunia Allah, sehingga memperdalam rasa syukur atas berbagai anugerah yang diberikan-Nya.
  5. Semangat dan Ikhlas dalam Ibadah: Mengetahui bahwa malaikat selalu mencatat amal perbuatan manusia dapat mendorong beribadah dengan semangat dan ikhlas.
  6. Peningkatan Usaha: Menyadari bahwa malaikat membawa rezeki yang diatur

Download PDF

Rangkuman PAI Kelas 7 Bab 7 Mawas Diri dan Introspeksi Diri dalam Menjalani Kehidupan..pdf
Kampusimpian.com
Jika tidak terdownload otomatis silahkan klik Download Ulang. Dan jika link rusak silahkan lapor melalui halaman Contact Us.

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!