Info SBMPTNInfo SNMPTN
Trending

Tips Mengatasi Permasalahan di Akun LTMPT 2021/2022

Membuat Akun LTMPT merupakan salah satu persyaratan untuk bisa mengikuti SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN. Untuk itu setiap pelajar SMA/SMK/MA sederajat wajib memiliki akun LTMPT.

Pembuatan akun LTMPT sudah diterapkan sejak tahun 2020 hingga sekarang. Namun pada prosesnya pembuatan akun LTMPT, hingga proses pengisiannya. Masih banyak peserta yang mengalami beberapa permasalahan pada akun LTMPT nya.

Saat Kamu sedang membaca artikel ini, artinya kamu sedang mengalami sebuah permasalahan tertentu di Akun LTMPT mu. Untuk itu disini kita akan membantu Kamu, untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang Kamu hadapi ini.

1. Jenis Masalah Akun LTMPT dan Cara Mengatasinya

Berikut ini pertanyaan -pertanyaan yang sering ditanyakan oleh peserta yang sedang mendaftar akun di LTMPT. Berikut ini jawaban dan solusi atas pertanyaan tersebut.

1.1 Kenapa Saya Tidak Bisa Login Akun LTMPT?

Kamu tidak bisa login ke LTMPT, biasanya disebabkan hal berikut:

  1. Kamu belum memiliki akun di LTMPT
  2. Username dan Password kamu salah
  3. Salah memasukan meletakan huruf besar atau kecil saat ingin login.

Berikut ini beberapa solusi yang akan membantu Kamu

  1. Membuat Akun LTMPT
  2. Memeriksa kembali, apakah email yang Kamu gunakan untuk login ke akun LTMPT sudah sama dengan email yang didaftarkan di LTMPT.
  3. Perhatikan email yang kamu tulis saat mendaftar akun LTMPT, apakah ditulis dengan huruf kecil semua? Atau besar semua? atau Kombinasi dari keduanya? Termasuk juga dengan password. Karena sistem akan menganggap berbeda jika Kamu menggunakan huruf besar/kecil. Dan silakan kamu coba lagi dengan penulisan yang berbeda.

1.2 Kenapa Biodata Saya Tidak Tersimpan Di LTMPT?

Ada beberapa alasan kenapa biodata Kamu tidak tersimpan. Data Kamu tidak tersimpan di LTMPT, biasanya karena biodata Kamu belum lengkap. Seperti Data Foto yang belum terupload dengan baik, dan pastikan Kamu mengecek dengan teliti data yang Kamu isikan. Karena jika sudah tersimpan secara permanen, tidak dapat dirubah lagi.

1.3 Bagaimana Memperbesar Ukuran Foto di LTMPT?

Hal ini banyak sekali dialami oleh siswa SMA/SMK/MA yang ingin mengupload foto di LTMPT. Ada beberapa penyebab ukuran foto menjadi kecil, biasanya Kamu meminta foto tersebut melalui media sosial seperti WA, Facebook dan Kamu tidak melakukan kompres dalam bentuk rar/zip. Jika meminta foto untuk agar ukurannya tidak berubah, termasuk dalam hal ini kualitas fotonya Kamu bisa minta dikirim lewat email. Ukuran minimal file pasfoto adalah 80 KB. Silakan lihat Cara Mudah Memperbesar Ukuran Foto di LTMPT, sehingga Kamu dapat dengan mudah memperbesar ukuran foto yang tadinya kecil.

1.4 Bagaimana Memperkecil Ukuran Foto di LTMPT?

Beberapa peserta banyak mengalami foto yang terlalu besar saat mengupload di LTMPT, sehingga foto tidak berhasil di Upload. Ukuran maksimal file pasfoto adalah 300 KB, jika foto kamu melebihi batas maksimal maka kamu harus memperkecil ukuran foto tersebut.

Kamu dapat mengurangi (mengkompres) ukuran foto kamu menjadi lebih kecil, melalui situs tersebut https://imagecompressor.com/. Misalnya foto kamu tadinya 500 KB, saat dikompres bisa menjadi 100 KB.

1.5 Bagaimana Cara Mendaftar Akun LTMPT?

Bagi Kamu yang masih bingung atau belum mengetahui sama sekali, membuat akun LTMPT. Silakan lihat langkah-langkahnya pada Cara Daftar Akun LTMPT Lengkap dengan Gambar

1.6 Bagaimana Mengisi Akun LTMPT?

Mungkin banyak diantara Kamu yang masih bingung, cara mengisi akun LTMPT. Langkah-langkahnya dapat Kamu lihat pada informasi Mengisi Data Akun LTMPT.

1.7 Apakah Data Sudah Disimpan Permanent Dapat Diubah Lagi?

Seperti yang telah tertera dalam ketentuan situs LTMPT, bahwa data yang sudah tersimpan permanen tidak bisa diubah lagi. Artinya jika ada data yang kurang, jangan disave permanet dulu.

1.8 Bagaimana Jika NISN saya salah Untuk Mendaftar LTMPT?

Jika terjadi kesalahan NISN, pertama hal yang harus Kamu lakukan adalah mengecek NISN mu yang sekarang sudah terdaftar belum. Jika Kamu mengecek dengan NISN, nama Kamu tidak muncul berarti NISN Kamu benar-benar salah. Kamu dapat mengecek dan mencari NISN mu dengan cara kedua yaitu dengan Pencarian berdasarkan Nama Siswa, Tgl Lahir, dan Nama Ibu.

Jika Kamu masih bingung cara mengecek NISN, berikut ini langkah-langkanya:

Jika masih tidak ditemukan, silakan menghubungi pihak sekolahmu

1.9 Bagaimana Cara Mengecek NPSN saya?

Bagi Kamu yang belum mendapat NPSN, atau NPSN Kamu bermasalah dapat mengeceknya terlebih dahulu! Berikut ini langkah-langkah mengecek NPSN:

  1. Silakan Kamu buka referensi.data.kemdikbud.go.id
  2. Klik menu Data Master Pendidikan
  3. Klik submenu Pendidikan Dasar & Menengah (Kategori Satuan Pendidikan NPSN)
  4. Klik nama provinsi
  5. Klik nama kabupaten
  6. Klik nama kecamatan Data NPSN tercantum pada tabel sesuai nama sekolah Angka NPSN juga bisa di
  7. klik untuk mengetahui alamat detail sekolah

2.0 Kenapa Jurusan Saya tidak Muncul di Akun LTMPT?

Untuk jurusan itu pihak sekolah yang mengisi. Jika Kamu mengalami masalah ini, silakan tanyakan terlebih dahulu ke pihak sekolah! Apakah Jurusan sudah di input (dimasukan) oleh pihak sekolah.

Jurusan ini terintegrasi dengan Capesun di Emis.

2.1 Bagaimana jika Tanggal Masuk Sekolah Saya salah?

Jika tgl masuk sekolah Kamu salah, maka cara untuk memperbaikinya adalah meminta pihak sekolah mengupdate data tgl masuk sekolah. Karena hanya pihak sekolah yang bisa memperbaharui data tersebut.

2.2 Kenapa Saya Gagal Upload Foto & Kosong di LTMPT?

Pastikan foto Kamu sudah sesuai ketentuan. Jika Kamu merasa bahwa benar-benar sudah sesuai ketentuan, maka langkah yang Kamu lakukan adalah mencoba menggunakan browser lain. Kebanyakan terjadi masalah pada browser. Biasanya ini sering terjadi jika Kamu upload fotonya lewat HP. Kami sarankan untuk mengupload menggunakan Laptop/Komputer bagi yang punya.

2.3 Bagaimana Jika Ada data Akun LTMPT ada yang salah?

Jika akun LTMPT Kamu belum disave permanen, maka data tersebut masih bisa diperbaiki. Bagi Kamu belum save permanen, silakan masuk lagi saja ke akun ltmpt Kamu lalu isi data yang salah.

2.4 Bagaimana Jika Saya tidak Punya Akun LTMPT apakah bisa ikut SNMPTN?

Bagi Kamu yang tidak mendaftar akun LTMPT, maka Kamu tidak bisa mengikuti SNMPTN dan SBMPTN. Karena akun LTMPT ini syarat wajib untuk mengikuti jalur tersebut.

2.5 Jika Ada Foto, Jurusan, Nik, Dan Data Yang Salah Lainnya Apakah Saya Masih Dapat Ikut SNMPTN?

Terkait hal tersebut, kembali ke kebijakan LTMPT. Berdoa yang terbaik saja agar Kamu lolos, namun yakinlah bahwa masalah ini bukan Kamu saja yang mengalami. Karena banyak peserta lain juga yang mengalami masalah yang sama.

2.6 Bagaimana Mengatasi Lupa Password Akun LTMPT?

Jika kamu mengalami lupa Password pada akun LTMPT. Kamu dapat membaca langkah-langkahnya di Cara Mengatasi Lupa Password Akun LTMPT dengan Mudah

2.7 Kenapa Kode Aktivasi Saya Tidak Masuk?

Jika kode aktivasi tidak masuk ke email Kamu, silakan klik Kirim ulang kode. Jika tidak ada ada dikotak masuk, silakan Kamu buka bagian SPAM pada emailmu.

45 Comments

  1. Kak kenapa saat mengunggah foto, padahal foto udah berukuran 118kb bisa berhasil diunggah, tetapi saat saya klik selanjutnya malag bertuliskan “belum ada foto” begitu seterusnya.. saya klik permanen tidak bisa ,karena foto belum ada.. bagaimana cara mengatasinya? Mohon bantuannya..

  2. Biasanya bisa k, kalau sudah diuanggah. Hanya saja perlu mengcroo, atau menyesuaikan lagi foto dengan garis bentuk yg udah ditentuin. Lalu simpan.

  3. kenapa foto tidak bias disimpan setelah di unggah??? padahal ukuran foto sudah sesuai dan sudah di crop sebelumnya????

  4. Setelah kk crop, disamping foto klik simpan. Lalu dipaling bawah jangan lupa klik next, lalu simpan permanent k.

  5. Kak kenapa ya kalo pas mau mengunggah foto pas saya klik unggah malah ada tulisan “Tidak mengirimkan data apapun”, bagaimana cara mengatasinya?

  6. Untuk jurusan biasanya datanya disi pihak sekolah. Silakan tanyakan pada pihak sekolah, apakah data adek sudah disi pihak sekolah.

  7. Artinya foto tidak di unggah/terupload dengan benar. Silakan pilih foto yang mau di upload, lihat apakah ukurannya sudah masuk kriteria. Minimal ukurannya 90 KB, kurang dari akan terjdi gagal.

  8. Punten Min mau nanya
    Saya sudah upload foto buat akun ltmpt nih,foto sudah fullface,ukuran segala macam sudah memenuhi,bahkan sudah saya kompres juga fotonya,dan karena tidak ada ketentuan memakai baju apapun akhirnya saya pakai baju bebas menurutku yang penting bersih, rapih dan sopan .
    Tapi saya lupa bahwa ada ketentuan background nya berwarna polos, nah saya lupa belum mengeditnya malah langsung saya unggah,terus sudah tersimpan permanen
    Bagaimana? Apakah itu bisa dianggap masalah? Jika iya, bisa tidakkah fotonya di edit lagi dan caranya bagaimana?
    Terimakasih 🙏

  9. Masalah atau tidaknya itu kebijakan dari LTMPT k. Nah jika data sudah disimpan permanet, tidak dapat diubah. Jadi ya berdoa yang terbaik saja mas.

  10. Efeknya setelah disimpan permanent. Maka ada bar berwarna hijau, yang berisikan bahwa data telah disimpan secara permanen. Artinya jika sudah seperti itu, maka data sudah tersimpan.

  11. Kak sy mengalami kendala dalam pengisian foto.Saya sdh mengunggah foto,setelah klik selanjutnya malah tertulis belum ada foto.

  12. hai kk,kenapa fto saya tidak ada simpan permanen bacaan nya pdahal fto udh sya unggah,tpi bacaan nya msih aj tambahkan fto itu gmna solusi ny tu kk?.

  13. Kak minta bantuan dan solusinya,foto di ltmpt udah aq unggah,trus udah tak sesuaikan ukuran past fotonya,udah tak klik simpan,trus selanjutnya,,tpi waktu mau simpan permanen tulisan dibingkai fotonya itu “Belum ada foto”,udah tak coba berulang” hasilnya ttap sama…kira” itu yang bermasalah apanya kak?

  14. Pastikan NISN dan NPSN adik sudah benar. Seharusnya bisa dik. Coba adk Keluarkan dari situs LTMPT, kemudian adik buka lagi. Dengan data yang sama.

  15. Jika adik sudah berhasil upload foto. kemudian adk sudah mengcrop fotonya, dan tidak berhasil disimpan. Kemungkinan besar situs LTMPT lagi bermasalah. Coba adik keluarkan dulu situsnya dari browser, lalu buka lagi. Dan upload lagi.

  16. Jadi ka meskipun foto udah disimpan tapi selanjutnya diliat foto belum ada ,trus Disimpan permanen nanti di bar warna hijaunya otomatis ada fotonya yaa??

  17. Permisi kak mau nanya, foto saya sudah disimpan permanen kak, tapi saya gatau kalau foto harus mengikuti yg sudah ditentukan, maksudnya dari tata letaknya kak. Saya cuma mengunggah foto, lalu tidak dicrop, langsung saya simpan permanen, gmana kak? Udah seminggu kepikiran terus kak

  18. Kak, kalau nomor telpon yang dituliskan berbeda apakah harus konfirmasi ke sekolah dulu atau bagaimana kak? Terimakasih Kak.

  19. Asslm , ijin bertanya… apakah akun LTMPT yang sudah dibuat bisa dihapus kemudian buat akun baru lagi dengan menggunakan nama yang sama, disebabkan akun sebelumnya ternyata NISNnya salah..

  20. Permisi kak…izin bertanya,saya sudah foto dan disimpan permanen kak,foto saya dari segi letak dan posisi semuanya sudah saya ikut sesuai persyaratan,tapi saya ketika berfoto saya menggunakan baju kaos oblong dan background berwarna putih,sebelum nya saya tidak mengetahui syarat bahwa harus menggunakan baju sekolah/kemeja dan background berwarna merah/biru,itu gimana ya kak?apakah berpengaruh?apakah saya bakal gak bisa ikut ptn kak?bisa diganti lagi gak kak fotonya?butuh penjelasnnya

  21. Kak saya sudah ngirim foto sudah sesuai dengan anjuran setelah saya permanen foto saya terlihat seperti hitam begitu tolong dong gimana cara menyelesaikanya

  22. Kak mau nanyak kak, apakah jika foto akun registrasi kita sudah sesuai sma persyaratannya tepalt waktu mau ngecrop foto saya malah tidak bisa, dan ruoanya setelah saya permanenkan Akun registrasi saya malah Foto tanda bukti registrasi saya kecil kak 😢 tidak pas dengan pas foto kak, jadi bagaimana ini kak??

  23. Izin bertanya kak.. kenapa ya kak setiap saya memasukan email suka salah terus padahal kan sudah benar dri email sama password nya ):)
    Terimakasih

  24. Tahun lulus tidak lengkap. Mohon untuk kembali ke langkah sebelumnya untuk perbarui biodata.
    gimana kalo udah mau disimpen permanen, ada tulisan kyak diatas kak??

  25. ka knp setelah mengunggah poto dan simpan permanen malah ada masalah tahun lulus belum lengkap?tahun lulus gimana ya ka

Back to top button
error: