Pengembangan Diri

2 Tips Menemukan Pasangan yang Tepat

Apakah kamu sudah memiliki kriteria tersendiri untuk pasanganmu kelak? Seperti  apa standar pasangan yang sempurna bagi mu? Apakah kamu sudah merencanakan kapan kamu akan mencari pasangan? Apakah kamu sudah membuat to do list untuk menemukan pasangan yang tepat versi kamu?. Oke, dari sekian banyak pertanyaan itu sudah pasti ada yang terlintas dalam pikiranmu. Bahkan ada saja yang mengkhawatirakan tidak dapat menemukan pasangan yang tepat sesuai yang diinginkan.

Menikah itu adalah momen yang sangat sakral dalam hidup seseorang, terlebih lagi jika menikahnya dengan pasangan yang tepat dan baik, yang mana ini merupakan impian dan rencana terakhir dalam hidup semua orang. Ketika sudah merasa lelah sekaligus bosan menjalani hidup sendirian, jadi sudah waktunya untuk mencari dan menemukan pasangan hidup yang tepat sebagai pendamping untuk mengisi kekosongan hari agar hari – hari menjadi lebih berwarna. Menjalani hidup dengan memiliki pasangan yang sepadan, sepaham dan mampu menerima segala kekurangan tetapi bisa saling melengkapi. Ya, apakah bisa menemukan kriteria pasangan yang sedemikian rupa? Tentunya, tidak semudah seperti menjentikkan jari.

Baca Juga: Menjadi Bucin Baik Gak Untuk Kamu?

Teruntuk kamu yang sudah punya pacar mungkin sudah memikirkan, “apakah dia adalah pasangan yang tepat untukku? Ataukah dia hanya cukup sebatas pacar saja?” , dan jika kamu adalah seorang yang jomblo mungkin kamu saat ini sedang memusingkan, “aku harus cari pasangan yang seperti apa? Ataukah aku tidak akan menemukan pasangan?”. Well, artikel kali cocok banget untuk jadi bacaan kalian agar bisa tahu cara untuk menemukan pasangan yang tepat itu seperti apa? Dan hal apa yang harus dilakukan. Yap, Mari disimak!

Hal yang penting banget sebagai dasar kamu dalam menemukan pasangan yang tepat adalah dengan mencari sosok yang memang benar – benar kamu butuhkan keberadaannya, bukan yang kamu inginkan. Meskipun, saat ini lazim sekali manusia cenderung mencari pasangan yang mereka inginkan,  karena jika tidak memilih pasangan yang sesuai dengan yang kamu butuhkan itu akan berakibat sedikit fatal. Seperti pada istilahnya saja, kebutuhan terpenuhi = dengan kebahagiaan dan jika kebutuhan kamu tidak terpenuhi maka, rumah tangga kamu akan tidak harmonis. Ya, karena hubungan kamu didasari dengan pasangan yang kamu inginkan saja. Misal, kamu menginginkan pasangan yang cantik and yes you got it! Tetapi, pasanganmu hanya bisa marah-marah saja, tidak bisa memahamimu, selalu menuntut kamu ini itu, dan dia mengatur – atur kamu dan apakah kamu bahagia dengan seperti itu? Tentu tidak, ya.

Baca Juga: Jangan Menikah Sebelum tahu 8 Hal ini

Nah, terdapat beberapa hal yang haru kamu perhatikan agar menemukan pasangan yang sesuai dengan yang kamu butuhkan.

1. Self-Aware

Kamu harusnya sadar akan kehidupan kamu dan interaksi sosial kamu itu bagaimana, lalu sadari hal apa yang kamu sering dan suka kamu lakukan bersama teman – temanmu, topik pembicaraan seperti apa yang kamu suka bicarakan, dan sadari berbagai interaksi seperti apa yang jika tidak kamu lakukan dapat membuat hidupmu seperti ada yang kurang. Hal – hal itu semua merupakan kebutuhan minimalmu dari seorang pasangan, jadi cari dan temukanlah pasangan yang dapat sama keseruannya dan keasikannya ketika kamu bersama temanmu. Karena, jika kamu mencari pasangan yang frekuensi kesenangannya sama seperti teman – temanmu, maka kamu akan betah bersamanya dan kamu akan merasakan paket komplit yang ada dalam diri pasanganmu. Jadi, kebahagiaan suatu hubungan bukan karena dasar dari kesetiaan, yang utama ialah kecocokan yang sesuai dengan kebutuhan satu sama lain dan kesetiaan tanpa harus perjuangan karena itu akan terbentuk dengan sendirinya bersamaan dengan kamu yang sudah merasa cocok dengan pasanganmu karena dia sudah sesuai dengan kebutuhanmu. Intinya, minimal temukan pasangan yang dapat mengerti dan menjadi pendengar yang baik untukmu.

2. Love Map

Menurut John Gottman, Love Map merupakan fondasi dari sebuah hubungan yang harmonis. Jadi, Love map adalah sebuah peta yang kamu bangun dalam otakmu mengenai hal – hal yang ada dalam hidup pasanganmu. Menurut Gottman, semakin dalam dan semakin secara personal hal yang dapat kamu mengerti dari kehidupan pasanganmu, maka semakin besar peluang hubungan kamu untuk bertahan dengan suasana yang harmonis. Nah, untuk membangun love map ini, kamu harus bisa mengerti dan mendengarkan pasanganmu mengenai apa yang sedang dia rasakan, bagaimana kehidupannya, dan masih banyak lagi. Jadi, ini merupakan dasarnya kamu menemukan pasangan yang tepat dengan mampu untuk saling mendengarkan dan saling menenangkan satu sama lain serta saling memiliki keterbukaan satu sama lain, sehingga bisa saling memahami satu sama lain tanpa ada yang perlu ditutupi lagi. Jika, kamu tidak bisa melakukan hal ini pada pasanganmu, maka sepertinya dia bukanlah orang yang tepat bagimu.

Jadi, 2 hal yang dapat kamu lakukan sebagai dasar untuk mencari pasangan yang tepat. semoga kalian dapat menemukan pasangan yang tepat.

Semoga bermanfaat, Arigatou Subete.

Tags
Back to top button
Close