Gaya HidupPengembangan Diri

3 Cara Mudah Menemukan Passion Diri Kamu

3 Cara Mudah Menemukan Passion Diri Kamu – Yakinkah kamu sudah mempunyai passion yang pasti? Apakah kamu memang benar  – benar  telah menemukan passion –mu?

Ya, Tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak dari kita yang tidak dapat mengenali dan menentukan passion –nya sendiri. Terutama dari kamu yang sudah menginjak usia produktif atau masa kuliah dan bahkan menjelang lulus, ya seharusnya kamu sudah bisa menemukan passion-mu dimana.

Baca Juga: 3 Cara Untuk Mulai Mengelola Keuangan Pribadi yang Baik

Well, sebelum terlalu jauh saya membahas tips mudah menemukan passion dalam diri. Perlu kamu ketahui terlebih dahulu arti sebetulnya dari passion itu sendiri. Passion merupakan suatu hal yang sangat kamu sukai dan tak akan membuat kamu bosan agar melakukannya, bahkan segala hal akan kamu lakukan untuk mencapainya tujuanmu.

Baca Juga: Ini Dia Rahasia Ampuh Agar Cepat Menjadi Kaya

Perlu disadari, passion sebenarnya dapat berubah – ubah seiringan dengan semakin berkembangnya diri kamu, bermula dari kamu masih SD ada satu hal yang sangat kamu sukai hingga pada akhirnya ketika kamu SMP kamu tidak menyukainya lagi , dan berpindah ke hal yang baru sampai kamu SMA dan lagi kamu menemukan hal baru lagi yang membuat kamu meninggalkan passion lama mu. Terus menerus kamu menemukan hal baru, hal yang kamu sukai dimasa lalu tidak akan kamu sukai lagi di masa sekarang dan hal yang  kamu sukai sekarang tidak akan kamu sukai lagi di masa depan. Ya, begitulah siklus passion, sebut saja passion itu sifatnya dapat berevolusi seiringan dengan dirimu yang terus berkembang.

Penasaran bukan, dengan cara mudah untuk menemukan passion dalam diri kamu? Langsung saja, berikut saya bahas tipsnya!

1. Evaluasi Hal yang Kamu Lakukan

Yaps, lakukanlah evaluasi terhadap apa yang kamu sukai pernah, sedang dan akan kamu lakukan. Mengapa penting? Tentunya, untuk mengetahui hal yang kamu sukai apa saja . Buat daftar dari hal – hal yang pernah kamu lakukan itu, dan catat yang kamu sukai sedang dilakukan sekarang, kemudian yang akan kamu rencana suka dimasa mendatang apa.

Nah, biasanya dari sekian banyak hal yang kamu suka itu coba kamu perhatikan. Ada esensi yang tersirat menjadi satu pusat utama dari berbagai hal yang kamu suka itu.

Misalnya, Kamu awalnya suka menulis puisi, lalu kamu beralih menjadi penulis cerpen dan novel, kemudian kamu membuat podcast pada akun spotifymu. Dapat disimpulkan dari hal tersebut bahwa esensi dari yang kamu lakukan adalah story telling atau bercerita.

2. Mengidentifikasi yang Kamu Lakukan

Setelah kamu mengevaluasi apa saja yang kamu lakukan, identifikasikan kesamaan dari hal – hal yang kamu suka itu dan termasuk yang sudah tidak pernah kamu lakukan lagi tetapi kamu pernah suka pada masanya. Yap, dari contoh tadi kamu suka menulis puisi, menulis cerpen dan novel, kemudian kamu suka membuat podcast.

Sudah terlihat, bahwa passion kamu memiliki kesamaan sifatnya  memiliki kesamaan sifatnya yaitu story telling. Maka, identifikasi apa yang bisa menjadi profesi bagi kamu dari passion story telling tadi. Kemudian, akan dapat mengetahui pekerjaan apa saja yang bisa kamu terjuni dengan baik dan menikmatinya.

 Well, contoh lainnya umpamakan saja kamu adalah seseorang yang sangat suka berkebun, disisi lain kamu adalah mahasiswa dari jurusan IT yang jelas bertolak belakang dari background pendidikanmu, bukan? Tetapi, jangan khawatir dong. Kamu dapat mengkolaborasikan kesukaanmu dengan jurusanmu, “Uh, apa bisa menyatukan kedua bidang itu? Perkebunan dan IT”, Oh, Why not? Kamu bisa membuat software yang sehubungan dengan perkebunan, ya dengan begitu kamu bisa mengembangkan software kamu dan tidak membuat kamu meninggalkan kesukaanmu dalam berkebun. Pada hal ini kamu bisa mengambil profesi menjadi software engineer.

3. Mulai Menentukan

Dua tips telah dilakukan, saatnya kamu menentukan bahwa kamu akan memilih passion yang mana dan menaruh fokus penuh pada passion yang telah kamu pilih. Eits, pilihlah passion yang bermutu ya,  means yang kamu pilih memiliki tantangan agar dapat membuat kamu berkembangan seiringan dengan kamu menggeluti passion tersebut. Dikarenakan kurang berguna jika kamu memilih passion dengan esensi suka dan tanpa tantangan.

Berdasarkan teori konsep IKIGAI bahwa pekerjaan yang bermutu adalah pekerjaan yang sesuai dengan empat aspek, yang pertama passion; apakah kamu passionate dengan pekerjaanmu, lalu yang kedua expertise- kah atau ahlikah kamu dengan passion-mu itu, kemudian yang ketiga beneficial-kah atau bermanfaatkah yang kamu kerjakan itu untuk masyarakat, dan yang terakhir profitable atau menguntungkankah yang kamu lakukan. Jika iya semua aspek tersebut ada dalam passion-mu, artinya passion yang kamu pilih adalah tepat. Tetapi, cukup susah untuk menemukan passion yang dapat memenuhi keempat aspek dari konsep IKIGAI tersebut.

At the end of the topic, but one thing you should remember this yoa. Jangan pernah mengklaim bahwa passion apapun akan menghasilkan profit bagi kamu, kecuali kamu memang benar menekuni passion tersebut dan kamu adalah expert  dari passion itu sekaligus bermanfaat bagi khalayak dan menghasilkan uang bagi kamu.

But, other than that jangan pernah lelah untuk terus explore diri kamu dalam banyak hal.

Semoga bermanfaat, Arigatou J.

Back to top button
error: