close

3 Cara Mudah Mengelola Stress

3 Cara Mudah Mengelola Stress – Siapa yang tidak pernah mengalami stress? hampir semua orang pernah mengalami fase ini. Stress adalah suatu respon adaptif individu pada berbagai tekanan atau tuntutan eksternal dan menghasilkan berbagai gangguan meliputi fisik, emosional dan perilaku.

Baca Juga: Cara Cepat dan Efektif Move On dari Seseorang

Bila kita tidak pernah merasakan stress maka kita tidak akan pernah keluar dari zona nyaman kita, karena kita tidak akan pernah belajar, berkembang, bila masih stay di zona nyaman. Sejumlah konflik di hidup kita itu dibutuhkan supaya berkembang dari ketidaktahuan kita. Maka dari itu kita belajar memanage, karena stress ini adalah respon kita terhadap sesuatu yang di luar kendali kita. Dan respon ini bisa kita manage karena ini internal, milik kita.

Baca Juga: Alasan Kenapa Mengenal Kesehatan Mental itu Penting?

Stress tidak diragukan lagi adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan sampai batas tertentu, bahkan dapat bermanfaat. Tapi tentu tidak semua orang mampu memanfaatkan stress sehingga jatuhnya malah jadi masalah. Namun, belajar untuk mengelola stres itu penting agar tidak menjadi berlebihan dan melemahkan.

Hal apa yang bisa dilakukan untuk mengelola stress tersebut?

1. Buat Kata Kunci Motivasi

Saat seseorang merasakan dirinya tak bisa mengendalikan stres, cobalah mengubah cara pandang tersebut. Ucapkan sebuah kata kunci yang bisa jadi motivasi. Ketika persepsi orang menganggap stress sebagai sesuatu yang buruk maka ketika dihadapkan pada situasi sulit hormon stress kortisolnya memang naik. Sementara itu bila orang menganggap stress sebagai tantangan yang harus dihadapi, otak melepas lebih banyak hormon stress dehydroepiandrosterone yang bisa membantu meredakan kecemasan.

Kamu harus bisa memotivasi diri sendiri untuk setiap apa yang kamu inginkan. Misalkan ibarat kamu memegang sebuah gelas, kalo kamu pegang sebentar tidak akan terasa berat tapi jika kamu memegangnya lama akan terasa berat. Stress dan kekhawatiran hidup seperti gelas tersebut, jika kamu memikirkan sebentar tidak akan jadi beban tapi mulai berpikir lebih lama maka akan terasa lebih berat. Dan jika kamu berlarut-larut pada kesulitan dan masalah hidup seharian, kamu malah tidak akan sanggup bergerak menyelesaikannya. Ingatlah taruh gelas kamu dan mulailah melakukan apa yang bisa kamu lakukan.

2. Fokus Pada Manfaat

Memikirkan manfaat yang bisa diperoleh ketika berhasil menghadapi masalah bisa jadi salah satu cara seseorang mengendalikan dampak stress yang dirasakannya. Jika kamu memikirkan manfaat positif dari sebuah pengalaman sulit, maka kamu bisa jadi lebih merasa memiliki kendali terhadap hidupmu dan bahagia.

Sebagai contoh ketika kamu stress karena akan melakukan presentasi penting atau bahkan kamu stress akibat tugas kuliah yang begitu banyak ditambah tugas kepanitiaan organisasi. Cukup ingat dan yakinlah bahwa akan ada pengalaman yang bisa diambil dan jadi pelajaran apapun hasilnya. Dan nilai plus nya kamu bisa menghadapi situasi hidup yang lebih sulit lagi karena sudah belajar dari pengalaman sebelumnya.

3. Olahraga dan Mendengarkan Lagu

Ketika seseorang berolahraga maka tubuhnya akan memproduksi hormon bahagia endorfin yang bisa jadi lawan hormon stres kortisol ketika sudah sulit untuk dikendalikan. Bila ingin lebih tambahkan juga lagu pembangkit semangat yang enak didengar.

Pada saat kamu merasa kewalahan dengan stres, putar salah satu lagu yang bisa membuat kamu merasakan ketenangan. Riset membuktikan bahwa musik dapat menggeser fisiologi respons stress seseorang dan meningkatkan kepercayaan diri Perlu diingat bahwa walaupun kita semua dapat mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan tingkat stress, selalu ada pilihan untuk meminta bantuan profesional jika kamu merasa itu tidak dapat dilakukan sendiri. Daripada berlarut-larut dalam stress dan selalu menghindari stres dalam hidup, lebih baik hadapi dan gunakan untuk keuntungan diri sendiri.

Show More
Back to top button