Pengembangan Diri

3 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Masa Kini

3 Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Masa Kini – What is that? What? Apa sih jurusan kuliah yang katanya menjanjikan? Mari kita kenali dulu mengapa dapat terbilang “menjanjikan” yang artinya ada yang “tidak menjanjikan” bukan? wkwkwk.

Sebetulnya, kuliah adalah tahap dimana kita mengasa diri dan membentuk diri agar membuka insight kita terhadap dunia. Terutama dunia kerja, karena dimasa itulah kita dilatih untuk menjadi pribadi yang matang dan siap untuk bermain di dunia kerja yang mempunyai berbagai macam musim, entah itu sulit penuh tantangan atau santai penuh keasikan.

Dibalik kesuksesan sudah pasti ada ranting – ranting faktor yang mempengaruhinya yaitu, kesungguhan dan keyakinan”.

Yap, mengenai jurusan yang menjanjikan adalah jurusan yang mencetak lulusan nantinya akan mempunyai demand yang tinggi di masyarakat dan perusahaan. Itu tandanya jurusan yang memang benar-benar akan terus meningkat demand-nya di dunia kerja dari tahun ke tahunnya. Bukan berarti mengklaim jurusan lainnya tidak menjanjikan, karena semua itu kemabali ke masing-masing individu yang menjalaninya. Karena suksesnya seseorang juga disebabkan oleh seberapa taraf usaha yang ia maksimalkan dan sejauh apa keahliannya dalam bidang tersebut.

1. Jurusan IT

Berdasarkan perkembangan dunia yang makin beriringan dengan berkembangnya penggunaan teknologi saat ini makin memperbesar peluang kerja. Layaknya yang kita ketahui saja, bahwa teknologi saat ini bukan lagi sebagai kelengkapan tapi sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Terlebih lagi sekarang Indonesia, bahkan dunia menerapkan “Work From Home” untuk kondisi seperti yang sekarang ini yang memang keterampilan dalam bidang IT akan sangat useable.

Oh ya, Guys! Tidak berarti semua jurusan di IT mempunyai prospek yang menjanjikan, untuk saat ini jurusan yang dapat tergolong menjanjikan adalah jurusan Sistem Informasi. Saat ini, perusahaan-perusahaan yang demand-nya terhadap lulusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika lumayan tinggi. Bahkan jurusan ini dapat diklaim mempunyai gaji yang lumayan besar dan prediksi pengangguran di jurusan ini berkisar pada 93% bekerja dan 4-7% pengangguran.

2. Jurusan Teknik

Duh, siapa hayo yang tidak tahu dengan jurusan teknik? Jika iya, aneh bukan?. Ahahaha:D

Untuk jurusan ini memang sedari dulunya adalah jurusan yang menjanjikan bahwa kita tidak akan pengangguran, karena sudah pasti teknisi dalam dalam suatu bidang pada masing – masing jurusan akan terus dibutuhkan.

Jurusan teknik yang tergolong cukup menjanjikan adalah jurusa Teknik Kimia dan Teknik Elektro. Well, kita bahas sedikit mengenai jurusan Teknik Elektro yang dikatakan menjanjikan karena jurusan ini telah menjadi dasar – dasar dari industri – industri manufaktur yang ada saat ini dan dominan proses produksinya menggunakan alat – alat listrik yang pastinya berkaitan dengan Teknik Elektro.

Sedangkan untuk jurusan Teknik Kimia yaitu jurusan yang mempelajari dan memperdalam mengenai bagaimana caranya memproses suatu suatu bahan mentah menjadi suatu produk yang sifatnya komersil dengan kita memanfaatkan proses-proses yang menggunakan bahan kimia.

3. Farmasi dan Terapi

Nah, jurusan yang satu ini adalah salah satu jurusan kece yang ada di dunia kesehatan, karena jurusan ini mempunyai banyak konsentrasi bidang setelah menjadi lulusan jurusan ini sehingga jurusan ini banyak sekali diminat diberbagai universitas dan menjadi salah satu jurusan yang lumayan menjanjikan.

Sedangkan di jurusan ilmu terapi juga sama halnya dengan jurusan Farmasi, karena tergolong jurusan yang banyak diminati, dan dengan melihat kondisi saat ini tetap saja masih banyak pasien lumpuh, stroke di Indonesia yang mana mereka pastinya membutuhkan perawatan dengan terapi.

Pada dua jurusan ini dapat membawa kalian untuk berkecimpung bekerja di rumah sakit, laboratorium klinik, farmasi industri, farmasi klinis, menjadi dosen, atau menjadi peneliti dibidang farmasi dan bahkan bisa saja bekerja di BPOM.

In the end, Fellas Impiano! Itulah beberapa ulasan mengenai jurusan yang tergolong menjanjikan.

Sejatinya setiap jurusan itu menjanjikan atau tidaknya tetap bergantung pada masing – masing individu yang menjalaninya, dan setiap jurusan mempunyai kelebihan dan kekurang yang sudah pasti untuk saling melengkapi. Jangan sampai kalian stuck untuk masuk jurusan yang menjanjikan karena tuntutan belaka sehingga tidak memperhatikan passion, skill dan kemampuan diri, karena tidak semuanya akan sukses sesuai ekspektasi kita kecuali dengan tekad dan usaha.

Penulis: Rahma H.F

Tags

Alek Sander

CO-Founder Kampusimpian.com, Editor in Chief, Content Writer
Back to top button
Close