close

4 Cara Membangun Kepercayaan Diri Kamu

Orang yang gampang minder cenderung memandang dunia sebagai tempat yang tidak aman, dan mereka selalu berasumsi bahwa mereka adalah korban dari segala situasi. Maka, tak jarang orang yang kehilangan rasa percaya diri juga kehilangan kesempatan untuk mengubah keadaan jadi lebih baik.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Keraguan Diri (Imposter Syndrome)

Kadang-kadang, di dalam beberapa kesempatan, kita suka merasa rendah diri. Karena alasan-alasan yang kita buat sendiri, kita kehilangan kepercayaan diri. Sesuatu yang agak berbahaya karena berpeluang untuk mendatangkan kerugian bagi kita.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Berdamai Dengan Diri Sendiri

Perlu diketahui, bahwa rendahnya kepercayaan diri dan gangguan mental sangat erat kaitannya. Pasalnya, dalam beberapa kasus, harga diri yang rendah itu sendiri merupakan ciri utama dari beberapa kondisi gangguan jiwa, misalnya depresi atau borderline personality disorder.

Terkadang banyak yang merasa minder, sebab terlalu memikirkan kekurangan yang ada pada dirinya. Padahal hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan. Penting banget bagi kita membangun kepercayaan diri dengan cara-cara berikut.

1. Kenali Diri Kamu Sendiri

Self-awareness ini salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh individu. Seberapa kenal dan dekat kamu dengan diri kamu sendiri? Pasti kamu pernah dengar pepatah “Tak kenal maka tak sayang” sering kita ucapkan dalam kehidupan sehari-hari. Konsep pepatah tersebut kita terapkan ketika kita mau mencoba kenal seseorang dengan lebih dekat. Tapi faktanya kita cenderung lupa untuk menerapkan konsep itu ke diri kita sendiri. Mengenal diri sendiri sangat penting dan banyak manfaatnya dalam membangun kepercayaan diri. Tidak mengenali diri sendiri berarti kamu tidak menghargai keberadaan diri. Mengenali diri sendiri bukan cuma tentang menghargai, tapi juga membantu memaksimalkan potensi yang kita miliki.

2. Kurangi Membandingkan Diri Kamu Dengan Orang Lain

Jika kamu terus-terusan membandingkan hidup kamu dengan orang lain maka kamu akan melihat dunia ini seakan-akan sebuah kompetisi. Justru hal itu akan semakin membuat minder saat melihat orang lain yang berbeda dengan kamu. Akibatnya kamu tidak memiliki lingkup pergaulan yang luas, dan perkembangan karier jadi terhambat. Perlu diingat, kamu dan orang lain itu berbeda. Jadi, syukuri apa yang menjadi kepunyaanmu dan biarkan orang lain bersenang-senang atas milik mereka, agar rasa minder dapat terkikis secara perlahan.

Jadi intinya, setiap orang memiliki takaran sukses yang berbeda-beda dalam hidupnya. Berhentilah membandingkan diri kamu dengan orang lain karena hal ini sama sekali tidak berguna bagi hidup kamu hari ini dan di masa mendatang.

3. Berolahraga

Ternyata olahraga bisa berperan meningkatkan self esteem dalam diri kita. Ada banyak mekanisme mengapa olahraga bisa meningkatkan nilai evaluasi diri terhadap diri kita. Dalam jangka pendek, olahraga memperbaiki mood dan meletakkan pikiran kita dalam suatu keadaan yang lebih positif. Dalam jangka panjang, olahraga membuat kita untuk berpikir positif terhadap fisik dan kemampuan-kemampuan dalam tubuh kita. Terakhir, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, olahraga mengantarkan kita sebuah arti pencapaian yang akan meningkatkan rasa percaya diri kita.

4. Fokus Pada Hal-Hal Yang Kamu Sukai

Rasa percaya diri bisa ditingkatkan dengan menghindari hal yang membuat kamu stres. kamu bisa membangun kepercayaan diri dengan melakukan hal-hal yang kamu suka. Maka, cobalah untuk fokus pada hal-hal yang memang kamu sukai. Tinggalkan pekerjaan yang membuat kamu tidak bahagia dan kejarlah karier yang memang menjadi impian kamu. Saat kita melakukan hal yang kita suka, tubuh akan dengan sendirinya bersemangat dan penuh energi.

Kita perlu melapisi diri dengan hal-hal baik supaya kepercayaan diri yang sempat hilang itu tumbuh lagi. Setelah kita nyaman dengan itu, berbuat baik akan menjadi kebiasaan, seolah-olah memang itulah yang seharusnya kita lakukan dan kita akan merasa nyaman dengan sendirinya. Kepercayaan diri akan tumbuh dari sana, ketika kita merasa cukup nyaman dengan diri sendiri.

Setiap orang pernah melakukan kesalahan. Namun, bila kamu terus-terusan menyesali kesalahan dan tidak bisa move on, kamu akan terus dihantui olehnya dan selalu merasa minder. Maka, belajarlah untuk memaafkan diri kamu sendiri dan orang lain. Dengan begitu, kamu bisa fokus menata masa depan dengan lebih percaya diri.

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!