TipsTips Belajar

4 Kemampuan Komunikasi yang Wajib Dipelajari

Pernah gak sih kamu merasa mau melakukan sesuatu, tapi kamu gak tau cara nanya atau menyampaikannya gimana? misal kamu mau menyampaikan kemauan kamu, tapi gak tau gimana caranya supaya orang lain gak sakit hati.
Kemampuan berkomunikasi secara efektif menjadi keahlian penting saat ini karena komunikasi merupakan sebuah proses dinamis dimana cara berkomunikasi akan memberi pengaruh baik atau buruk pada pekerjaan juga kehidupan kamu.

Baca Juga: Cara Mudah Meningkatkan Kemampuan Critical Thinking Kamu

Komunikasi menjadi skill penting yang harus dikembangkan apalagi ingin punya hubungan baik dengan orang lain, untuk menambah teman, ingin jadi lawan bicara yang asyik dan tidak membosankan atau ingin menyampaikan ide pikiran ke orang lain semua itu butuh komunikasi yang sangat baik.
Ada empat kemampuan komunikasi yang wajib kamu pelajari supaya bisa berkomunikasi dengan baik dan efektif.

1. Kemampuan Mendengarkan


Mendengarkan disini maksudnya kamu harus benar-benar fokus apa yang orang lain sampaikan, jangan memotong pembicaraan orang yang lagi ngomong, dan kamu juga bisa mengulangi lagi apa yang orang lain ucapkan sekedar untuk konfirmasi hal ini bisa membuat lawan bicara kamu merasa kalau kamu lagi mendengarkan dia. Kemampuan mendengarkan ini bisa membantu kita buat lebih paham sama apa yang diucapkan sama orang serta lebih peka untuk memahami perasaan orang lain.

2. Komunikasi Non-Verbal

Berbicara mengenai komunikasi non-verbal atau komunikasi lewat bahasa tubuh, seperti nada bicara, postur tubuh, kontak mata atau ekspresi. Misalnya nih kalo kita lagi ngobrol ada yang sulit dikomunikasikan secara lisan, makanya komunikasi non-verbal dibutuhkan untuk memperjelas maksud yang ingin kamu sampaikan untuk menghindari mis komunikasi. untuk prakteknya kamu harus tau dulu gimana kemampuan komunikasi non-verbal kamu, dan apa yang perlu kamu kembangkan lagi.

3. Mengontrol Emosi


Misalnya kondisi dimana kamu atau lawan bicara kamu lagi merasa emosi negatif jadi susah untuk berkomunikasi, nah biar bisa tetap berkomunikasi dengan baik pengelolaan emosi menjadi salah satu kemampuan penting dalam komunikasi. Simpelnya kamu bisa mulai dengan mengatur nafas pelan-pelan dan bisa juga kamu melakukan meditasi atau melakukan aktivitas yang menyenangkan supaya kamu lebih tenang. Jadi ketika kamu sudah siap untuk ngobrol pikiran kamu udah tenang dan komunikasi kamu berjalan dengan lancar.

4. Komunikasi Asertif

Komunikasi Asertif adalah kemampuan kamu untuk menyampaikan apa yang kamu mau dengan jelas dan tetap menghormati orang lain. Salah satu cara buat berkomunikasi secara asertif bisa latihan dengan tiga hal ini, yang pertama kamu perlu mendengarkan lawan bicara untuk tau sebenarnya dia pengen apa sih, kalo dia lagi curhat dengarkan dulu apa masalahnya terus cari tahu apa kebutuhannya, apakah dia perlu saran atau mungkin hanya ingin didengarkan saja. Kedua, elemen non-verbal seperti intonasi bicara dan ekspresi kamu pas lagi ngomong itu penting untuk diperhatikan karena asertif itu menekankan ke kata untuk disampaikan secara jelas. Ketiga, kelola emosi kamu karena kita tidak bisa bergantung sama perasaan orang lain, jadi dari pada berharap lawan bicara kita akan selalu datang dengan mood yang bagus lebih baik kita yang melatih pengelolaan emosi supaya tetap tenang pas lagi ngobrol.


Itulah empat kemampuan komunikasi yang bisa kamu pelajari untuk bisa berkomunikasi dengan lancar. Keterampilan komunikasi ini akan mendorong kamu untuk bisa sukses dalam segala hal. Dengan komunikasi, kamu bisa membangun relasi atau hubungan kepada orang-orang sekitar kamu.

Back to top button
error: