Pengembangan Diri

4 Langkah Untuk Kamu Agar Sukses Lebih Cepat

Berbicara mengenai sukses, semua orang pasti ingin sukses di usia muda. Kalau sukses bisa didapatkan dengan cepat kenapa harus menunggu lama? Memang menuju sukses itu kamu mungkin banyak berkorban dalam hidupmu, misalnya mengorbankan waktu tidurmu dan rela capek untuk setiap sesuatu yang ingin kamu capai. Salah satu pengorbanan yang paling penting adalah pengerbonan waktu.

Baca Juga: 20 Prinsip Hidup Sukses Untuk Kamu

Menuju sukses tidak ada salahnya kamu awali dari mimpi-mimpi, mulai dari mimpi kecil sampai mimpi besar yang ingin kamu jemput dalam hidup. Dari mimpi kamu yang banyak itu realistis atau nggak, kamu harus tau nih mana yang harus kamu kejar. Dengan bantuan metode yang bernama mental contrasting. Apa sih mental contrasting itu? Sebuah metode visualisasi yang dibuat oleh Gabriele Oettingen, sederhananya visualisasi yang dilakukan oleh banyak orang sebenarnya malah bikin orang jauh dari mencapai hal tersebut. Itulah mengapa diciptakannya mental contrasting supaya visualisasi seseorang terhadap hal yang mereka inginkan justru memotivasi mereka untuk mencapai hal itu.

Baca Juga: Harga Dari Suatu Kesuksesan yang Sebenarnya

Mental contrasting juga memberikan motivasi yang kuat ketika goals yang kamu buat itu achievable, tapi ketika goal yang kamu punya diluar possibility, justru meminimalkan motivasi kamu untuk mencapai goal itu.

Jadi gimana nih cara melakukan mental contrasting? Kamu harus menuliskan WOOP terlebih dahulu, apa aja sih woop itu? Yuk simak ulasannya.

1. Wish

Kamu bisa mulai dengan menuliskan aspirasi kamu, misalnya kamu mau kayak artis yang kamu idolakan, atau kamu mau kayak orang-orang yang sukses diluar sana. Boleh-boleh aja tapi kamu harus lebih smart, karena goal yang bagus itu harus smart maksudnya harus spesifik, bisa diukur, bisa dicapai, realistis dan punya rentang waktu. Nah jadi dari pada kamu cuma bilang kamu mau kaya, tapi nggak ada usaha untuk mencapai itu pastinya mustahil bukan, itulah mengapa kamu perlu smart dalam mencapai mimpi kamu.

2. Outcome

Dari wish yang sudah kamu tuliskan, nah apa nih outcome yang akan kamu dapat? Misalnya kamu sudah bekerja di perusahaan A dengan gaji yang lumayan besar, dan dari duit itu kamu bisa membiayai hidup keluarga kamu, kamu bisa mikir buat beli mobil mewah, beli rumah, bahkan kamu juga bisa menabung buat investasi. Cobalah untuk menulis outcome sebanyak mungkin dan pilihlah beberapa outcome yang paling berarti. Setelah itu visualisakan, bayangin seandainya kamu sudah ada dalam keadaan tersebut, intinya bawa diri kamu ke dunia halu itu sejelas-jelasnya. Setelah itu berhentilah menghayal.

3. Obstacles

Tuliskan hal-hal yang akan menghalangi kamu mencapai tujuan itu. Misalnya kalau kamu belum punya banyak pengalaman dalam hidup, kamu bisa menuliskan apa saja obstacles yang menghalangimu untuk mencapai hal tersebut, karena sejatinya hidup tidak akan semudah membalikkan telapak tangan, semua penuh rintangan dan butuh proses. Kamu perlu tahu apa kendala yang akan menghalangimu menuju sukses. Setelah kamu megetahui kendala itu kamu bisa mengatasinya dan mencari jalan keluar.

4. Plan

Kamu harus membuat rencana untuk menghadapi semua obstacles yang sudah ditulis sebelumnya. Misalnya nih kalo obstacle yang kamu buat masalahnya kamu belum punya banyak pengalaman, berarti plan yang harus kamu buat adalah gimana cara nya kamu bisa cepat mendapatkan pekerjaan yang relevan dengan tujuan kamu. Susunlah plan kamu sebaik mungkin untuk menghadapi semua kendala yang akan menghadang.

Sekarang coba intropeksi apakah sebenarnya mimpi kamu ini realistis? Atau justru terlalu banyak obstacles yang susah untuk dilalui yang akan menghalangi mimpi kamu?

Nah ini adalah fungsi penting dari mental contrasting, bergerak ke ranah realistis untuk melihat apakah impian kamu ini achievable atau tidak. Beserta resiko dan halangannya. Dan dari sini kamu bisa melihat dengan jelas mana mimpi kamu yang harus dikejar. Karena ketika kamu tahu aspirasi hidup kamu, kamu adalah orang yang sangat beruntung.

Ingatlah bahwa kesuksesan tidak akan pernah didapat dengan instan tanpa usaha, jangan pernah mudah menyerah ketika kamu meniatkan diri untuk cepat sukses. Bulatkan tekat, pantang menyerah dan terus berjuang.

Back to top button