Gaya HidupPengembangan Diri

5 Ciri Seseorang Sedang Mengalami Depresi

5 Ciri Seseorang Sedang Mengalami Depresi – Depresi itu apa sih? Apa yang membedakan depresi dengan sedih biasa? Rasa sedih dan depresi adalah dua hal yang berbeda. Sekilas kedua kondisi ini terlihat serupa, namun ciri-ciri orang depresi berbeda dengan ciri-ciri orang yang hanya mengalami rasa sedih.

Baca Juga: 3 Cara Untuk Mulai Mengelola Keuangan Pribadi yang Baik

 Rasa sedih merupakan suatu reaksi normal yang terjadi saat kamu mengalami sesuatu yang membuat stres, mengecewakan, atau yang membuat muram. Saat kamu merasa sedih, rasa sedih dapat disalurkan melalui tangisan, mengutarakan rasa frustrasi, dan sebagainya. Jika rasa sedih berlangsung secara terus-menerus selama lebih dari dua minggu dan mengganggu aktivitas sehari-hari, hal tersebut dapat menjadi salah satu ciri-ciri orang depresi.

Baca Juga: Seni Hidup Minimalis Itu Apa Sih?

Depresi adalah seseorang yang mengalami gangguan mood. Depresi akan ngaruh ke emosional yang kamu rasakan sehari-hari, bagaimana kamu mengenali diri kamu sendiri dan gimana persepsi kamu ke orang-orang disekitar kamu. Ketika depresi melanda, kamu akan merasakan perasaan yang jauh lebih negatif dari pada kesedihan apapun. Depresi juga bisa datang secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas. Bahkan lebih parahnya depresi bisa berakibat fatal hingga ingin mencoba bunuh diri.

Baca Juga: Alasan Kenapa Mengenal Kesehatan Mental itu Penting?

Bagaimana cara mengenali orang yang mengalami depresi? Apa saja ciri-ciri orang depresi?

1. Putus Asa

Putus asa bisa terjadi ketika seseorang merasa bahwa hidupnya kacau dan keadaan yang ia hadapi tidak dapat ia kendalikan. Pada kondisi ini, kamu mungkin akan sulit untuk berpikir jernih, tidak tahu apa yang perlu dilakukan, dan dibanjiri dengan emosi.

Jika tidak diatasi dengan baik, perasaan putus asa ini tidak hanya dapat mengganggu aktivitas, tapi juga dapat mengarah kepada tindakan yang membahayakan diri.

2. Merasa Hidupnya Kosong

Ini mungkin terdengar aneh, namun sebagian orang mengatakan bahwa kehampaan merupakan sesuatu perasaan yang bisa kamu rasakan secara fisik. Kamu bisa merasakan rasa kosong di dalam dada, atau kamu kerap kali merasakan lelah dan lesu.

Kamu akan merasakan bosan setiap waktu dan berfikir bahwa tidak ada lagi hal yang penting, dan segala hal seolah seperti mati rasa. Kamu bisa saja merasakan keputusasaan yang tidak bisa kamu jelaskan.

3. Merasa Bersalah Terus

Hal ini bisa saja disebabkan karena terlalu memikirkan masalah-masalah yang dihadapinya. Orang-orang yang mengalami depresi, seringkali berusaha untuk menyendiri di dalam ruangan atau kamar yang jauh dari hiruk pikuk keramaian. Dirinya akan terus menangis, bahkan terkadang tidak dapat mengontrol kesedihan yang sedang dialaminya.

4. Kehilangan Minat Akan Hobi dan Kerjaaan

Depresi juga bisa membuat kamu kehilangan minat pada berbagai hal. Bahkan kalau kamu memiliki hobi atau kesenangan akan sesuatu, depresi bisa membuatmu tiba-tiba tidak berminat lagi akan hal itu. Kehilangan minat ini biasanya terjadi tanpa alasan yang jelas dan tidak terjadi secara spesifik. Artinya jika kamu depresi karena pekerjaan, bisa saja kamu justru kehilangan minat bermain game atau jika kamu sebelumnya senang berkumpul dengan teman-teman secara rutin, kemudian tiba-tiba kamu tidak mau bertemu atau malas pergi ke acara bareng teman-teman.

5. Susah Tidur dan Gak Nafsu Makan

Orang yang mengalami depresi juga bisa mengalami insomnia atau kesulitan tidur karena memikirkan terlalu banyak hal.

Depresi dapat juga mempengaruhi selera makan kamu. Jika pikiran kamu dipenuhi dengan hal-hal negatif, maka kamu dapat menjadi lupa atau kehilangan minat untuk makan.

Depresi bukanlah sesuatu yang dapat hilang begitu saja dan membutuhkan penanganan khusus. Segeralah berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater jika kamu atau orang-orang terdekat kamu mengalami ciri-ciri tersebut.

Back to top button
error: