Info KampusJurusanProspek Kerja

5 Jurusan Dengan Peluang Karir Paling Banyak Dicari Setelah Lulus

UTBK sudah semakin dekat, akan tetapi masih sering saya dengar masih banyak yang bingung untuk milih suatu jurusan.  Dan ingin bekerja dimana setelah lulus nanti? Permasalahan semacam ini bukan kali pertama terjadi.

Bahkan di zaman saya pun masih terjadi permasalahan serupa.  Setelah mewawancarai berbagai macam jurusan di UI dan ITB. Saya mempunyai rekomendasi 5 jurusan yang memiliki prospek kerja paling bagus dan cerah di masa depan.

Hal inipun sudah saya lihat ketika saya masuk dunia kerja.

1. Jurusan Ilmu Perpustakaan

Jurusan ini akan mempelajari perpustakaan. Bagaimana mengelolah arsip dari awal sampai akhir dan teknologi yang digunakan . Peluang karir jurusan ilmu perpustakaan ini pun sangat luas. Bahkan jurusan ini bisa membuat kalian menjadi auto PNS. Karena jumlah lulusan yang tersedia lebih sedikit dari jumlah  lapangan kerja yang ada.

Selain pemerintahan dan PNS, jurusan ini bisa membuat kalian bekerja di perusahaan swasta. Karena setiap perusahaan pasti membutuhkan dokumen dan arsip, untuk menunjang perusahaan tersebut.

2. Teknik Biomedis

Jurusan ini mengimplementasikan berbagai macam ilmu teknik elektro dalam dunia medis. Teknik  biomedik ini akan mendesain alat yang dibutuhkan oleh berbagai macam penyakit yang akan digunakan oleh dokter nantinya. Prospek kerjanya lagi terbuka sangat luas, karena di setiap rumah sakit seharusnya ada seseorang yang ahli dalam alat-alat medis.

Banyak start up yang bergerak dalam bidang kesehatan, yang juga membutuhkan lulusan teknik biomedis untuk mengerjakan projek tersebut. Diluar negeri sendiri lulusan teknik biomedis sudah lumayan terkenal dan mendapatkan gaji yang fantatis.

Ilmu Komputer

Jurusan Ilmu Komputer ini mempelajari mengenai programming software suatu aplikasi, dan program. Jurusan ini mempunyai peluang karir yang cukup menjanjikan. Karena di industry 4.0 semua hal akan mulai digantikan dengan computer. Tidak hanya itu, gaji yang didapatkan setelah lulus juga cukup menjanjikan bahkan bisa mencapai 50 juta rupiah lo.

Matematika dan Akturia

Jurusan ini akan mempelajari suatu logika dan pembuktian rumus. Kedua jurusan ini akan mempelajari penerapan ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari. Seperti peluang, data analisis, programming, bahkan jurusan ini bisa memprediksi kapan wabah virus corona ini akan berakhir loh.  Prospek kerja jurusan ini dapat menjadi programmer, data analisis, bekerja di asuransi, dan aktuaris.

Teknik Industri

Jurusan ini memperlajari proses Industri baik dalam sisi manajemen maupun teknik. Output dalam teknik  industri adalah untuk menghasilkan sistem  yang efektif dan efisien. Tidak hanya itu peluang karir  teknik jurusan industri ini juga sangat luas dan bisa bekerja dimanapun. Karena outputnya adalah sistem yang efektif dan efisien maka lulusan teknik industry dapat mengambil peran dalam divisi teknik indutsri, produksi, perancangan biaya bahkan sumber daya manusianya loh.

Itu dia 5 jurusan yang menjanjikan dan mempunyai peluang kerja yang cukup luas, setelah kalian lulus nanti.

Back to top button
error: