Info KampusUjian Mandiri

8 PTN yang Memiliki Kuota Jalur Mandiri Terbesar 2020/2021

8 PTN yang Memiliki Kapasitas Kuota Jalur Mandiri Terbesar 2020/2021- Apakah kalian sedang mempersiapkan untuk mengikuti USM (Ujian Mandiri) PTN. Tentu bagi kalian yang nggak lolos di SBMPTN, nantinya tetap punya kesempatan untuk lolos di kampus impian kalian lewat jalur Mandiri ini ya.

Sebenarnya jika kalian sudah memanfaatkan waktu kalian secara maksimal, tentu aja itu lebih dari cukup untuk menghadapi Jalur SBMPTN maupun Jalur Mandiri nantinya. Tahu nggak sih kalian, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) mana aja yang kuota USMnya besar ditahun ini?
Bagi kalian yang belum tahu, berikut ini kita sajikan 8 PTN yang kuotanya terbilang besar. Apakah ada kampus kalian pada daftar berikut? Yuk cek sendiri ya:

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Nah di Ujian Mandiri UGM kalian bisa memilih 3 (tiga) program studi pada Program Diploma IV/Sarjana Terapan dan/atau Program Sarjana. Biaya Pendaftarannya juga baik itu kelompok Saintek, Soshum, maupun campuran itu sebesar Rp.250.000,-. Tahun ini kuota untuk Ujian Mandiri UGM itu sebesar 6. 927. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jalur USM UGM silakan kunjungi laman resminya di https://um.ugm.ac.id/

Baca Juga: Pendaftaran Jalur Mandiri UGM 

2. Universitas Diponegoro (UNDIP)

Tahun 2020 ini UNDIP untuk jalur Mandirinya sendiri itu memiliki kuota sebesar 5002. Nah kalau di UNDIP Ujian Tertulisnya diganti dengan Seleksi Ujian Mandiri S1 berdasarkan portofolio. Dan pastikan saat kalian mendaftar jalur USM UNDIP itu umur kalian ngga melebihi 22 tahun ya. Nah untuk biaya pendaftarannya sendiri itu dibagi 2 kategori. Untuk kelompok Saintek/ Soshum itu biayanya sebesar Rp. 300.000,- sedangkan untuk kelompok Campuran itu Rp. 500.000,-. Nah info lebih lanjutnya terkait Ujian Mandiri di UNDIP dapat kalian lihat di https://um.undip.ac.id/.

Baca Juga: Pendaftaran Jalur Mandiri UNDIP

3. Universitas Indonesia (UI)

Ujian Mandiri di UI dikenal dengan sebutan SIMAK UI ya. Untuk pendaftaran mandiri (Simak UI) dilakukan secara online melalui laman penerimaan.ui.ac.id. Tahun ini kuota untuk Simak UI itu sebesar 2744. Nah untuk pelaksanaan Simak UI Ujiannya itu dilaksanakan secara online menggunakan perangkat milik peserta (diutamakan laptop atau komputer desktop dengan webcam, jika tidak tersedia maka dapat menggunakan laptop atau hp yang sudah dilengkapi dengan kamera). Informasi lebih lanjut mengenai Simak UI, silakan mengunjungi laman resmi https://simak.ui.ac.id/

Baca Juga: Pendaftaran Jalur Mandiri UI

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

Di UNAIR sendiri untuk kuota Jalur Mandiri sendiri sebesar 2.449. DI Unair untuk jalur Mandirinya menggunakan Ujian Tulis dan Skor UTBK. Pendaftarannya secara Online melalui laman resmi https://pendaftaran.unair.ac.id. Ada 40 Program studi yang dapat kalian pilih pada jalur ini, dan bisa kalian lihat sendiri saat kalian mengunjungi situs resmi http://ppmb.unair.ac.id/.

5. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Pada umumnya untuk masu ITS itu memiliki 3 pola, yaitu lewat jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Kemitraan dan Mandiri (Ujian Mandiri). Di ITS sendiri untuk Seleksi SKMnya itu didasarkan pada nilai UTBK Tahun 2020 atau nilai Tes Kemampuan Akademik ITS*, Nilai Rapor, Deskripsi diri dan juga PRESTASI-PRESTASI lainnya. Kuota untuk jalur Mandiri di ITS itu sebesar 1980. Nah informsi lebih lanjutnya di https://smits.its.ac.id/

Baca Juga: Pendaftaran Jalur Mandiri ITS

6. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

UNY ditahun ini Jalur Mandirinya memiliki kuota 1574. Terdapat berapa jenis seleksi pada Ujian Mandiri di UNY yang dapat kalian pilih: 1. SM-Prestasi Akademik (Seleksi Non-Tes Berbasis Nilai Rapor), 2. SM-Prestasi Unggul (Seleksi Non-Tes Berbasis Prestasi), 3. SM-Skor UTBK (Seleksi Berbasis Skor UTBK), 4. SM CBT (Seleksi Tes Berbasis Komputer), SM Talent Scouting. Informasi lebih lanjut baca di http://pmb.uny.ac.id/.

Baca Juga: Pendaftaran Ujian Mandiri UNY

7. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB pada jalur Ujian Mandiri nya, diprioritaskan untuk kalian yang belum lolos di SNMPTN maupun SBMPTN. Kuota Jalur Mandirinya tahun ini sebesar 1.176. Untuk jalur Mandiri di ITB itu didasarkan pada desk evaluation dengan menggunakan beberapa komponen penilaian, seperti: Hasil UTBK, Nilai Rapor, serta kriteria lainnya, bagi pendaftar ke Fakultas/Sekolah selain FSRD dan Hasil UTBK, Nilai Rapor, hasil Tes Kemampuan Seni Rupa, serta kriteria lainnya, bagi pendaftar ke FSRD. Info mengenai SM-ITB silakan cek di https://usm.itb.ac.id/

Baca Juga: Pendaftaran USM ITB

8. Institut Pertanian Bogor (IPB)

UTM-BK di IPB metode seleksinya terbagi 2: 1. Menggunakan ujian tulis berbasis komputer yang dilaksanakan oleh IPB atau 2. menggunakan skor UTBK tahun ini. Seperti yang di informasikan di laman resmi Ujian Mandiri IPB (https://admisi.ipb.ac.id/) bahwa UTMBK hanya melalui ujian tulis berbasis komputer yang akan dilaksanakan secara “online” dari rumah masing-masing. Kuota Jalur Mandirinya sendiri untuk tahun ini yaitu 1.059.

Baca Juga: Pendaftaran Ujian Mandiri IPB

Demikianlah informasi mengenai 8 PTN yang Memiliki Kapasitas Kuota Jalur Mandiri Terbesar tahun ini. Jangan lupa share juga ke teman-teman kalian yang belum tahu ya. Semoga Bermanfaat.

Terimakasih

Tags
Back to top button
Close