Gaya HidupPengembangan Diri

Cara Biar Lebih Percaya Diri, Asyik, Dan Nggak Bosenin

Rasa insecure pada saat-saat tertentu adalah hal yang wajar, dan hampir semua orang pernah mengalaminya. Namun, yang terbaik adalah tidak terbawa oleh perasaan ini, karena dapat menghilangkan pengalaman hidup kamu yang penting atau membawa kamu ke tahap kehidupan yang baru.

Penyebab munculnya rasa kurang percaya diri ada beragam dan berbeda pada setiap orang. Ada yang kurang percaya diri karena pengalaman yang buruk,  penindasan, maupun trauma. Ada pula yang kurang percaya diri karena pengaruh pola asuh semasa kanak-kanak dari orang tua dan bisa juga kamu orang nya boring atau faktor lainnya. Alasan orang yang membuat boring yaitu:

1. Nggak ada bahan obrolan

Karena tidak banyak pengetahuan atau pengalaman, dan saat mendengarkan atau membaca bisa jadi kamu tidak mindful pada hal tersebut. Topik obrolan yang itu-itu aja membuat orang bosan, dan orang yang kamu ajak ngobrol nggak paham topik yang kamu bahas.

2. Ada bahan obrolan tapi tidak bisa mengkomunikasikannya

Karena kamu tidak bisa membuat cerita yang menarik atau cara kamu menyampaikan cerita tidak bisa dipahami orang lain.

3. Tidak percaya diri

Karena kamu merasa takut gagal dengan apa yang akan kamu sampaikan atau kamu sendiri masih ragu jika obrolan kamu tidak diterima.

Nah gimana sih cara mengatasinya, berikut cara yang bisa kamu coba untuk meningkatkan percaya diri. Cara ini memang tidak mudah atau instan dan mungkin tidak bisa langsung diterapkan secara menyeluruh. Namun, meski perlahan, cara-cara berikut ini patut dicoba untuk meningkatkan rasa percaya diri:

1. Buang Pikiran Negatif. Fokus Penuh Ke Pikiran Positif.

Cara meningkatkan percaya diri yang pertama adalah berpikir positif. Jika kamu sebelumnya selalu merasa tidak bisa menjalani sesuatu, mulai saat ini cobalah untuk membentuk pola pikir positif dalam diri kamu. Setiap kamu ragu, ingat kamu bisa belajar dan melakukan ini demi diri kamu sendiri, untuk kamu sendiri, bukan orang lain.

2. .Memberanikan Diri untuk Membuka Obrolan

Daripada hanya duduk diam dan terlihat canggung, coba buka obrolan dengan orang-orang baru dikenal. Meski awalnya berjalan kurang lancar, obrolan akan semakin asyik usai menemukan topik pembahasan tertentu, entah itu hobi, politik atau pun pendidikan. Buat diri merasa santai selama mengobrol dengan lawan bicara.

3. Fokus pada langkah atau perubahan kecil.

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, membangun rasa percaya diri tidak bisa dilakukan dalam sekejap. Oleh karena itu, pahami bahwa kamu perlu menghargai setiap proses atau perubahan kecil yang berhasil diraih dan dilakukan.

Jangan berkecil hati jika keadaan tidak membaik secepat yang dibayangkan. Mungkin saat ini kamu masih merasa kurang percaya diri, tapi langkah atau perubahan kecil yang dilakukan sekarang pada akhirnya akan tumbuh menjadi perubahan yang besar dan membuat kamu terus maju dan berkembang.

Kurang percaya diri dapat membuat kamu tidak nyaman dengan diri sendiri dan akan berpengaruh besar terhadap kinerja serta produktivitas kamu. Jadi, cobalah tingkatkan rasa percaya diri kamu dengan menerapkan cara-cara di atas.

Meski begitu, ingat bahwa peningkatan rasa percaya diri membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar. Jika kamu mungkin sudah merasa frustrasi dengan proses yang tidak kunjung memberikan hasil, tetap tenang dan jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter atau psikolog.

Back to top button