Panduan Terlengkap Mendaftar SNMPTN 2021/2022

Cara Mendaftar SNMPTN Peserta KIP Kuliah 2022/2023 Lengkap Dengan Gambar

Diposting pada

Cara Mendaftar SNMPTN Peserta KIP Kuliah 2021/2022– Sebelumnya kita sudah menulis secara lengkap Informasi tentang tata Cara Pendaftaran Bagi Peserta SNMPTN Non KIP Kuliah. Untuk prosesnya sendiri itu nggak jauh beda dengan proses sebelumnya. Hanya saja untuk bagian form KIP Kuliah, bagi peserta KIP itu wajib mengisi Nomor KIPnya beserta upload kartu KIP Kuliah yang sudah di Scan. Namun bagi Kamu mungkin masih bingung, melalui artikel kali ini saya tulis secara mendetail untuk Kamu para pemegang kartu KIP Kuliah.

Kita juga sudah pernah membahas Apa itu KIP Kuliah? Persyaratan, dan Fasilitas yang Bakal Kamu Dapatkan. Silakan dibaca terlebih dahulu, bagi yang belum membacanya.

Pastikan kamu sudah mengetahui Apa itu SNMPTNPersyaratannya, dan Jadwal Pendaftarannya. Kamu juga wajib miliki adalah Akun LTMPT. Bagi kamu yang belum punya atau masih bingung terkait akun LTMPT. Terlebih dahulu untuk membaca Panduan Mendaftar Akun LTMPT. Kamu juga harus lolos dalam Pemeringkatan disekolah, agar bisa ikut mendaftar pada SNMPTN tahun ini. Jika Kamu sudah merasa siap untuk memulai mendaftar SNMPTN, silakan simak dengan baik pembahasannya.

Langkah-langkah mendaftar SNMPTN bagi Peserta KIP Kuliah yang Benar

  1. Silakan membuka Browser kamu terlebih dahulu, disini kita menggunakan contoh jika dari Browser Chrome. Kamu bisa menggunakan browser lain seperti Mozila, Safari, Opera dan sebagainya. Perangkat yang kita gunakan disini adalah Laptop/PC.
Buka Browser Kamu
  1. Silakan Login/Masuk ke Akun LTMPT melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id/, dengan cara memasukan Email dan Password akun LTMPT. Jika berhasil masuk, Kamu akan melihat halaman Dasboard akun LTMPT.
Buka Akun LTMPT Kamu
  1. Pada Dasboard akun LTMPT tersebut, silakan klik Pendaftaran SNMPTN. Maka Kamu akan diarahkan ke laman Web SNMPTN. Dimana Kamu akan melihat Nama, NISN, dan Asal Sekolah Kamu. Jangan Lupa Ceklis, kotak Saya Setuju. Lalu Klik Proses.
Klik Pendaftaran SNMPTN
Data Umum Siswa Pendaftar
  1. Maka Kamu akan masuk ke laman Pendaftaran SNMPTN 2020. Pada Laman ini akan ditampilkan Nama Siswa, Sekolah, NISN, NPSN, dan Provinsi. Silakan Kamu Klik Formulir Pendaftaran.
Klik Formulir Pendaftaran
  1. Selanjutnya Kamu akan masuk pada laman pemilihan jurusan dan Perguruan Tinggi. Disini Kamu hanya bisa memilih Maksimum 2 Program Studi dan 2 Perguruan Tinggi. Pada contoh kali ini, Siswa tersebut memilih/mengklik Perguruan Tinggi Universitas Teuku Umar.  Hal ini karena siswa yang bersangkutan, berdomisili dari Aceh.
Pilih PTN
  1. Setelah Itu akan tampil Program studi yang ada di Universitas Teuku Umar. Program studi akan tampil sesuai rumpun ilmu siswa selama disekolah. Umumnya terbagi dua yaitu: Program Saintek/Soshum. Sehingga akan muncul daftar jurusan beserta daya tampung. Silakan Pilih Program studi untuk pilihan pertama, sedangkan untuk pilihan kedua kamu bisa memilih PTN yang sama atau pada jurusan dan PTN yang berbeda. Pada Contoh ini, Siswa tersebut memilih 2 pilihan pada PTN yang sama, yaitu: Pilihan ke-1 Ilmu Adminitsrasi Negara dan Pilihan ke-2 Kesehatan Masyarakat. Jika sudah silakan Klik Selanjutnya.
Pilih Jurusan
Lanjutan Pilihan Jurusan
  1. Kemudian Kamu akan diarahkan kelaman informasi detail siswa, yang berisi data-data siswa bersangkutan. Pada laman ini kamu akan diminta mengisi bagian form yang masih kosong. Untuk form apa aja yang akan kamu isi, silakan lihat dibawah ini ya.
Data Form 1
Data Form 2
Data Form 3
  1. Karena Kamu mendaftar sebagai peserta KIP Kuliah, wajib kamu mengisi form KIP Kuliah. Kamu harus mengisi Nomor Kartu KIP dan Mengunggah dokumen Kartu KIP yang sudah di SCAN. Untuk ukuran dokumen yang diunggah itu maksimum 1 MB, jika terlalu besar silakan Compres terlebih dahulu baru di unggah kembali. Jika Form sudah kamu lengkapi, silakan ceklis bagian Konfirmasi Siswa atas Data yang Diberikan. Kemudian Klik Selesi dan Simpan.
Wajib Mengisi NO KIP dan Upload Scan Kartu KIP Kuliah
Bagian Nomor pada Kartu KIP
Jika Sudah Klik Simpan
  1.  Jika Kamu memiliki Prestasi, kamu dapat melampirkan sertifikat/Piagam Prestasi kamu pada form Prestasi. Disini kamu hanya diperbolehkan mengupload Prestasi sebanyak 3 data prestasi terbaik. Pastikan dokumen yang diupload tidak lebih dari 2 MB. Lalu klik Simpan.
Form Prestasi Wajib disi, kalau Kamu memiliki Prestasi
  1. Terakhir jika kamu sudah merasa yakin dan tidak ingin melakukan perubahan lagi. Silakan Klik Simpan Permanen dan Kamu dapat mencetak kartu SNMPTN. Sebagai Catatan bahwa saat Kamu mengklik tombol simpan permanen, maka data yang ada di form tidak dapat dirubah lagi.
Lakukan Finalisasi
Konfirmasi Finalisasi Data
  1. Terakhir jangan Lupa cetak kartu SNMPTN
Unduh Kartu SNMPTN
Kartu SNMPTN

Silakan Akses Informasi Lengkap seputar SNMPTN , disana Kamu bisa mendapatkan semua hal yang berkaitan dengan SNMPTN tahun ini.

Demikianlah Penjelasan Terlengkap mengenai cara Mendaftar SNMPTN 2021. Silakan Bagikan keteman-teman kamu yang belum tau ya. Semoga Bermanfaat!