Info SBMPTNInfo SNMPTNKIP Kuliah

Fasilitas yang di Dapatkan dari KIP Kuliah

Sebelumnya kita sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan KIP Kuliah. Bagi Kamu yang belum mengetahui KIP Kuliah, dapat membaca terlebih dahulu Pengertian dan Persyaratan KIP Kuliah. Diartikel ini kita akan menginformasikan manfaat yang bakalan kamu rasakan, jika dinyatakan lolos dalam program kuliah.

Sekali lagi bahwa KIP Kuliah ini, merupakan bantuan biaya pendidikan tinggi untuk calon mahasiswa yang memiliki kondisi ekonomi yang lemah namun memiliki potensi Akademik yang baik. Tentu saja hal ini dibuktikan dengan dokumen yang sah, terkait hal ini sudah dibahas di artikel sebelumnya.

KIP Kuliah merupakan pengganti progam bantuan biaya pendidikan sejenis, yaitu Bidikmisi. Adanya KIP Kuliah ini, benar-benar sangat membantu sekali. Diantara manfaat yang bakalan dirasakan saat menjadi Mahasiswa nanti diantaranya:

  1. Untuk pelajar SMA/SMK/MA Sederajat yang ikut seleksi masuk PTN sebagai peserta KIP Kuliah, itu akan dibebaskan dari biaya pendaftaran pada jalur UTBK SBMPTN.
  2. Saat telah menjadi Mahasiswa di PTN yang dipilih, maka akan dibebaskan dari Biaya Pendidikan tinggi atau yang kita kenal dengan biaya Semester/UKT. Biaya pendidikan ini sudah dibayarkan oleh Pemerintah kepada PTN tersebut. Jadi Kamu tidak perlu memikirkan tentang biaya kuliah kamu.
  3. Selain dibebaskan dari Biaya Pendidikan, Kamu juga akan mendapatkan bantuan untuk biaya hidup atau biaya untuk kebutuhan sehar-hari kamu  sebesar Rp. 700.000,00 (Tujuh Ratus Ribu Rupiah)/bulan.

Jika kamu bisa mengelolah keuangan dengan baik, dan berhemat. Kita yakin dengan adanya KIP Kuliah ini, orang tua kamu tidak akan terlalu terbebani dengan biaya kuliah kamu.

Selain fasilitas tersebut, kamu juga harus mengetahui bahwa KIP Kuliah ini memiliki batas waktu yang telah ditentukan. Saat kamu kuliah melebihi batas waktu yang telah ditentukan, maka Kamu harus membayar sendiri biaya kuliahmu nanti. Maka dari itu berusahalah dengan sangat maksimal, untuk dapat lulus tepat waktu.

Batas Waktu Bantuan KIP Kuliah

Program Regular:

  • Sarjana maksimal 8 (delapan) semester
  • Diploma Empat maksimal 8 (delapan) semester
  • Diploma Tiga maksimal 6 (enam) semester
  • Diploma Dua maksimal 4 (empat) semester
  • Diploma Satu maksimal 2 (dua) semester

Program Profesi:

  • Dokter maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Gigi maksimal 4 (empat) semester
  • Dokter Hewan maksimal 4 (empat) semester
  • Ners maksimal 2 (dua) semester
  • Apoteker maksimal 2 (dua) semester
  • Guru maksimal 2 (dua) semester.

Apa Selanjutnya?

Setelah Kamu mengetahui Fasilitas dan Manfaat yang akan kamu dapatkan dari KIP Kuliah. Kamu juga bisa membaca artikel lanjutan kita mengenai:

Silakan Akses Informasi Lengkap seputar KIP Kuliah, disana Kamu bisa mendapatkan semua hal yang berkaitan dengan KIP Kuliah.

Tags

Alek Sander

CO-Founder Kampusimpian.com, Editor in Chief, Content Writer
Back to top button
Close