Pengembangan Diri

Kamu Merasa Tidak Layak Untuk Apapun? Ini Tips mengatasi nya

Apakah kamu senang hari ini? Sudahkah kamu merasa puas cukup dengan apa yang kamu miliki? Yap, sederhana sekali petanyaan ini tetapi sulit untuk dijawab setulus hati. Disatu sisi kamu merasa senang dan pada sisi lainnya kamu merasa belum bisa senang karena apapun itu semua belum cukup menurutmu, kamu rasa semua yang kamu lakukan masih tidak maksimal dan masih banyak butuh improvisasi dari berbagai sisi.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Keraguan Diri (Imposter Syndrome)

Dan pada segmen ini apakah pernah kamu merasa insecure pada diri sendiri karena melihat teman yang bisa mempunyai berbagai pencapaian dengan mengikuti lomba kesana kemari, lalu adapula yang selalu mengisi acara – acara besar,kemudian ada teman kamu yang bisa melanjutkan S2 atau S3 ke luar negri, bahkan ada yang bekerja di perusahaan – perusahaan ternama dengan posisi yang lumayan terpandang, dan ada pula temanmu yang cantik atau ganteng dengan tubuh yang proporsional banyak dicintai semua orang disekitarnya. Sedangkan kamu yang masih begitu saja seperti tidak ada kemajuan menjadi insecure melihat itu semua, kamu rasa bahwa kamu tidak bisa seperti mereka karena jika ditinjau dari kehidupanmu saja kamu tidak tahu hal apakah sudah kamu lakuka untuk hidupmu, kamu merasa duniamu diperlakukan tidak adil.

Baca Juga: Pentingnya Meditasi Agar Tetap Fokus

Ya, maka dari itu pada artikel kali ini akan membahas tips agar kamu bisa menghilangkan rasa negatif yaitu rasa tidak pernah cukup denga apa yang ada dan sudah kamu lakukan dalam hidupmu. Mari disimak dengan betul!

1. Kenali Hidup yang Cukup Seperti Apa?

Alangkah baiknya jika kamu mengenali terlebih dahulu bahwa hidup yang cukup itu seperti apa? Dan versi cukup dalam hidup kamu itu bagaimana? Karena tidak semua orang memiliki standar hidup yang cukup itu sama. Rasa cukup itu memilki indikator yang berbeda – beda dalam hidup setiap orang, jika kamu hidup dengan makan nasi satu piring saja sudah cukup maka, tidak mungkin cukup bagi orang lain jika dia melakukan hal yang sama sepertimu hanya dengan memakan nasi satu piring saja dalam setiap harinya. Itulah mengapa kamu perlu mengenali istilah hidup yang cukup itu seperti apa dalam hidupmu karena rasa cukup ini terkadang tidak jelas jika kamu hanya merasakannya tetapi tidak dengan menyadarinya.

Adapula spesifiknya dari hidup yang cukup itu berdasarkan material dan fisik, jika ada yang sudah cukup secara materialnya yang mana dia memiliki harta berlimpah, lalu kondisi fisik yang ideal dan sangat good looking, kemudian pintar secara akademis maupun non akademis. Yah, tentu saja ini adalah orang yang benar – benar sempurna tetapi, masih saja dia merasa belum cukup dan merasa masih saja ada yang kurang, ya entah itu apa. Nah, perlu kamu sadari jikalau kamu pada posisi seperti ini, itu artinya kamu selalu membandingkan diri kamu dengan orang lain sehingga mengurangi rasa kepercayaan pada dirimu sendiri karena melihat sedikit kelebihan orang lain dibandingkan dengan dirimu. Kemudian, kamu tidak mempunyai standar kecukupan versi kamu sendiri mengenai hidup seperti apa yang ingin kamu jalani.

2. Tentukan Keputusan

Daripada kamu belama – lama dalam perasaan tidak cukup, lebih baik kamu memutuskan sendiri standar hidup yang cukup bagi kamu itu seperti apa, karena indikator cukup itu samar – samar sehingga tidak ada indikator pasti yang bisa menentukan seseorang itu cukup atau tidak. Karena semua hal bergantung pada persepsi subjektif mu dalam mengartikan istilah ‘cukup’ itu seperti apa  yang terbaik untukmu.

Satu hal penting yang perlu kamu ingat, bahwa manusia tidak pernah merasa puas akan hal apapun, jika kamu sudah menempati dasar cukup akan ada lagi hal lainnya yang belum cukup untuk kamu cukupi dan begitu terus – menerus. Sehingga, kamu akan menjadi orang yang tidak pernah berkecukupan.

Yang menjadi tips utama agar kamu bisa beranjak pergi dari kondisi merasa tidak pernah cukup, yaitu terdapat beberapa hal.

1. Bersyukur

Kamu harus mensyukuri apa yang kamu punya, karena tidak semua orang bisa berada diposisi sepertimu. Kamu bisa menikmatik fasilitas rumah yang layak dan cukup, makan dengan gizi yang cukup, berkumpul dengan keluarga, dan masih banyak lagi hal lainnya yang sebetulnnya sudah cukup tetapi tidak kamu syukuri.

Ada hal sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengungkapkan rasa syukurmu, ialah dengan membuat Gratitude Journal. Cara ini sudah terbukti berdasarkan data dan riset, sehingga cara ini sangat baik untuk kamu lakukan. Gratitude journal adalah cara yang sangat sederhana tetapi sungguh bermakna, kamu hanya perlu menuliskan hal apa saja yang sudah membuatmu bersyukur disetiap harinya, agar kamu  bisa mengetahui bahwa ada hal yang bisa membuatmu bersyukur. Tuliskan saja hal apapun yang membuatmu bersyukur meskipun itu hanya hal sederhana misalnya, ada yang mengatakan bahwa kamu cantik. Ya, cukup tuliskan hal itu. Karena gratitude journal ini bisa menjadi pengingat untukmu agar senantiasa bersyukur.

2. Analisis Lingkungan Pergaulanmu

Lakukan analisis pada lingkungan, analisis teman – temanmu. Apakah kamu berada pada lingkungan pertemanan yang toxic atau yang tidak. Atau bahkan sebaliknya, kamu yang sebetulnya toxic. Maka, harus segera bertindak agar kamu bisa berada pada lingkungan yang sehat, berada di sekitar orang yang menghargaimu, menyayangimu dan membuat kamu menghargai keberadaan orang – orang tersebut dalam hidupmu.

3. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Hentikan kebiasaan burukmu dengan membandingkan diri kepada orang lain, karena membandingkan dirimu dengan orang lain hanya membuat kamu berfokus untuk mengejar hal  yang bisa membuat kamu setara dengan orang tersebut. Namun, ada baiknya membandingkan diri dengan orang lain, karena bisa menjadi motivasi bagi kamu, tetapi sisi tidak baiknya ialah dengan kamu yang membandingkan diri terus – menerus dengan orang lain dapat menyebabkan kamu menjadi tidak bersyukur dan melupakan kenikmatan yang sudah kamu miliki.

Semoga Bermanfaat, Arigatou :)

Back to top button
error: