close

Pendaftaran Jalur Mandiri UNPAD 2020: Persyaratan dan Cara Daftarnya

Universitas Padjajaran ( Unpad) membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri dan prestasi  Seleksi Masuk Universitas Padjajaran (SMUP) untuk tahun akademik 2020/2021. Penerimaan mahasiswa baru Unpad di luar jalur seleksi nasional (SNMPTN dan SBMPTN).

Baca Juga: Prediksi Nilai UTBK Untuk Masuk UNPAD

Alur seleksi ini akan dibuka untuk seluruh jenjang pendidikan dari mulai Sarjana hingga Doktoral. Untuk jenjang Sarjana, Unpad melakukan seleksi mahasiswa baru di luar jalur seleksi nasional yaitu jalur Mandiri, Internasional, dan Prestasi.

Baca Juga: Daya Tampung SBMPTN UNPAD

Untuk jenjang Sarjana Terapan, ditawarkan jalur mandiri dan jalur prestasi. Unpad akan menerima mahasiswa pada 62 Program Studi Sarjana, di mana 7 (tujuh) Program Studi di antaranya membuka kelas internasional, serta 14 Program Studi Sarjana Terapan.

Baca Juga: Daya Tampung SNMPTN UNPAD

Daya tampung terbesar di jenjang Sarjana ini adalah Program Studi S1 Hukum. Berbeda dengan tahun lalu, seleksi masuk Unpad kali ini akan menggunakan hasil nilai UTBK yang pelaksanaannya dilakukan bersamaan secara nasional.

Baca Juga: Biaya Kuliah dan Hidup UNPAD

Sementara untuk Sarjana dan Sarjana Terapan Jalur Prestasi, selain nilai UTBK, akan dilakukan pula penelurusan prestasi mahasiswa di bidang penunjang akademik melalui pertimbangan prestasi atau penghargaan yang dibuktikan dengan dokumen surat rekomendasi dari lembaga terkait dan juga bukti prestasi.

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Siswa SMA/MA/SMK lulusan Tahun 2020, 2019 dan 2018.
  3. Pendaftar Jalur Mandiri jenjang Sarjana dan Sarjana Terapan harus mengikuti dan memiliki nilai UTBK 2020 yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT).

Prosedur Pendaftaran

  1. Memeriksa persyaratan umum dan khusus untuk mendaftar ke program studi yang dituju.
  2. Mendaftar dan mengisi data secara online di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login  dengan cara mengsi informasi sebagai berikut:
  3. Nama Lengkap
  4. Nomor Induk Kependudukan (NIK) / No. Passport
  5. Alamat E-Mail
  6. Nomor Ponsel
  7. Mengisikan password yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP.
  8. Data Kewarganegaraan (country of citizenship).
  9. Mengupload dokumen asli sebagai berikut:
  10. Ijazah SMA/MA/SMK
  11. Kartu Peserta UTBK
  12. Pas foto terbaru berwarna dengan latar belakang putih ukuran 3×4 cm
  13. Kartu Tanda Penduduk
  14. Kartu Keluarga

Dokumen yang diunggah dan data yang diisikan peserta akan diverifikasi oleh panitia seleksi. Dokumen yang dinyatakan tidak valid dapat diperbaiki oleh peserta (selama masih dalam masa pengisian data).

  • Membayar biaya pendaftaran ke Bank yang ditunjuk Unpad dengan sebelumnya mencetak nomor tagihan yang diperoleh pada saat pendaftaran online sebesar Rp. 500.000.
  • Mencetak atau menyimpan kartu peserta ujian yang diperoleh setelah melakukan pembayaran di laman https://pendaftaran.unpad.ac.id/login

Kriteria Penilaian

Dalam menentukan mahasiswa yang akan diterima, panitia seleksi akan mempertimbangkan berdasarkan nilai UTBK yang diperoleh peserta.

Baca Juga: Akreditasi Semua Program Studi UNPAD 

Dokumen yang diunggah dan data yang diisikan peserta akan dilakukan verifikasi oleh Panitia Seleksi. Dokumen yang dinyatakan tidak valid dapat diperbaiki oleh peserta (selama masih dalam masa pendaftaran).

Jadwal Penting Seleksi Mandiri UNPAD

  1. Masa isi data dan unggah dokumen persyaratan: 23 Juni – 28 Juli 2020
  2. Finalisasi Pendaftaran online: 23 Juni – 28 Juli 2020
  3. Pengumuman: 3 Agustus 2020

Itulah informasi mengenai Pendaftaran Ujian Mandiri Unpad 2020. Semoga dapat memberi pencerahan untuk kalian semua. Salam sukses. Informasi lebih lanjut terkait dengan Seleksi Mandiri yang ada di Universitas Padjadjaran, Kalian bisa mengunjungi situs resminya di http://smup.unpad.ac.id/

Back to top button

Pemblokir Iklan Terdeteksi

Silakan untuk Menonaktifkan Adblocker ya, agar bisa mengakses semua layanan ini secara gratis!