TipsTips Belajar

Tips Belajar Bahasa Inggris ala Psikologi

Tidak bisa dipungkiri kalau bahasa asing sangat berpengaruh dan bisa mendukung apapun di hidup kita. Utamanya bahasa inggris, sebagai bahasa internasional dibutuhkan dalam berbagai kondisi.

Di Indonesia sendiri banyak orang-orang yang mulai mencari cara belajar Bahasa Inggris agar gak ketinggalan karena berbagai kegiatan keseharian kita mulai menggunakan Bahasa Inggris, misalnya saja seperti interview kerja, membaca artikel atau konten di instagram yang menggunakan Bahasa Inggris, bahkan melakukan presentasi di perkuliahan.

Baca Juga: Tips Belajar Efektif Dengan Orang Lain

Nah gimana sih caranya belajar bahasa inggris dari sudut pandang psikologi. Kita akan bahas ini dengan teori psikologi yang namanya metakognisi atau bagaimana caranya kamu berpikir tentang pikiran kamu sendiri. Didalam metakognisi ini jika kamu ingin belajar sesuatu hal yang baru dalam hal ini bahasa, ada tiga hal yang harus kamu kuasai.

1. Pahami dulu tujuan kamu mau belajar bahasa inggris ini gunanya buat apa

Setiap orang tentunya mempunyai tujuan yang berbeda-beda, dengan mengetahui tujuan kamu apa maka pembelajaran kamu akan bisa lebih maksimal

2. Pahami juga kemampuan diri kamu saat ini gimana

Maksudnya apakah kamu sedang mulai belajar dari nol atau mungkin sudah ada kemampuan untuk diasah lebih bagus lagi. Ketika kamu sudah kenal kemampuan diri kamu kayak gimana, maka kamu akan tau apa yang perlu kamu tingkatkan untuk menuju level yang lebih tinggi.

3. Kamu perlu tau motivasi yang membuat kamu mau belajar Bahasa Inggris

Motivasi sangat berpengaruh terhadap keberhasilan suatu pembelajaran, karena pembelajaran yang baik didukung oleh motivasi yang kuat. Motivasi tidak hanya dari orang disekitar kita tapi bisa juga dari dalam diri kita dan ini yang lebih baik, karena hal yang membuat kamu semangat belajar itu dari niat dalam diri kamu dan bukan dari tuntutan orang lain.

Nah dari teori metakognisi ini, ada beberapa tips belajar Bahasa Inggris yang worth it banget.

1. Bisa karena biasa

Buat diri jadi familiar dengan bahasa Inggris. Contohnya dari kegiatan sehari-hari aja kita menyetting gadget ke bahasa Inggris. Nonton video apapun dalam bahasa Inggris, entah itu video YouTube atau film. Nonton video atau film tanpa subtitles bahasa Indonesia. Jika perlu, lebih baik pakai closed caption, dan pelajari berbagai aksen bahasa Inggris.

2. Manfaatkan internet untuk belajar bahasa Inggris gratis

Manfaatkan sumber belajar bahasa Inggris di internet, entah itu website atau download ebook tentang belajar bahasa Inggris. Selain itu, kita juga bisa memanfaatkan sosial media kita untuk bejajar bahasa Inggris, seperti YouTube, Twitter, Instagram, dengar podcast luar negeri.

Selanjutnya, akses website bahasa Inggris gratis, seperti learnenglish.british.council.org. Di website ini kalian akan mendapat tema kebutuhan kalian, seperti grammar, english for student, english for teacher, english fir bussiness.

3. Membaca berbagai artikel

Baca artikel juga penting untuk meningkatkan reading comprehension kita. Karena reading comprehension bukan cuma terkait dengan penguasaan bahasa, tetapi juga functional literacy kita. Karena bahkan orang Indonesia sendiri, native speaker ngomong bahasa Indonesia comprehension-nya itu masih zero. Karena mungkin dia tidak membiasakan baca, karena itu dia masih gampang terkena hoax. Oleh karena itu, membaca artikel bahasa Inggris itu penting buat mengasah critical thinking kita.

4. Menulis dalam bahasa Inggris

Selanjutnya biasakan menulis dalam bahasa Inggris untuk melatih membuat struktur kalimat. Dalam bahasa Inggris ada yang namanya input sama output. Inputnya itu adalah kita mendengar, melihat, terus kita membaca. Dan output-nya adalah kita menulis. Dengan menulis bahasa Inggris, kita juga bisa mengasah skill kita dalam building sentence dan itu penting banget cara membuat building sentence yang rapi. Karena kadang saat kita lagi berbicara dengan nulis itu beda. Meskipun itu kita bisa menulis caption foto di Instagram, nulis status di Twitter, menulis di blog, atau nulis diary.

5. Jangan takut bicara bahasa Inggris

Coba ngomong sama diri sendiri pakai bahasa Inggris, minta teman untuk menjadi partner bicara, atau cari orang asing yang bisa diajak bicara bahasa Inggris. what you need to do is speak english everytime.

Sekian tips belajar Bahasa Inggris ala psikologi yang bisa kamu terapkan. Intinya kamu harus rajin juga membaca kamus Bahasa Inggris. Jadi, gak hanya literatur hiburan seperti artikel, novel, atau berita berbahasa Inggris. Kamu juga perlu membaca kamus bahasa Inggris. Cara cepat belajar bahasa inggris otodidak ini untuk menambah vocabulary (kosa kata).

Kalau kamu udah menguasai Bahasa Inggris, kamu juga bisa memperdalam kemampuan bahasa inggrismu dengan mengambil jurusan bahasa inggris di perkuliahan nanti. Semoga informasi ini bermanfaat.

Back to top button
error: